dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Sunday 31 March 2013

Ketika Guru Tahfidz Merayu Istrinya


Ketika guru Tahfidz merayu istrinya ♥

Saat pertama kali berjumpa denganmu, aku bagaikan berjumpa dengan saktah... hanya bisa terpana dengan menahan nafas sebentar...

Aku di matamu mungkin bagaikan nun mati di antara idgham billaghunnah, terlihat, tapi dianggap tak ada...

Aku ungkapkan maksud dan tujuan perasaanku seperti Idzhar, jelas dan terang...

Jika mim mati bertemu ba disebut ikhfa syafawi, maka jika aku bertemu dirimu, itu disebut cinta...

Saturday 30 March 2013

Dialog tentang Jilbab


Situasi: 2 orang wanita sedang mengantri di sebuah klinik.

A: "Mbak, mbaknya kok pake jilbab lebar gitu, islamnya aliran apa?

B: "Islam aja mbak gak pake embel2 aliran segala"

A: "Ah masak sih mbak kan ada biasanya yang aliran berjilbab besar begitu"

B: "Hehe gak kok mbak kita Islam aja tanpa embel2"

A: "Masak sih mbak, gak percaya aku"

B: "Iya mbak beneran. Kalo mbaknya, Islam juga kah?

A: "Iya mbak"

B: "Mbaknya islamnya aliran apa kok gak berjilbab?'

A: .... *mikir gak bisa jawab*

Thursday 28 March 2013

Kosakata Baru


The more years we go on, the more words we will have in our life. Am I rite? Yes, I am :p

Iya kan? Kian hari, kian banyak saja kosakata baru yang akan selalu kita temui dalam kehidupan kita. Baik kosakata yang terdaftar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, maupun kosakata ajaib yang kadang kita buat dan kreasikan sendiri.

Ternyata, ada loh beberapa kata atau istilah yang tak ada padanan katanya dalam suatu bahasa, sehingga kata tersebut kemudian diadopsi dan diadaptasi. Ada yang memilih untuk menggunakan kata tersebut karena lebih mudah dipahami, ada juga yang merasa lebih cocok kalo kata tersebut tidak diterjemahkan.

Wednesday 27 March 2013

A Sweet Reminiscence

Time Flies. It's been 2 years already. And as the time goes by, sometimes I forget that I once had a post-wedding session 3 months after our marriage. Till one day, when I accompanied my husband to his cyber cafe, I found an interesting file named "Wedding" in the cyber cafe PC folder. Voila! It contained lotta lovey dovey pics of us. 

Here are some of them..


Tuesday 26 March 2013

Jika Restu Ortu Tak Didapat

Peringatan: Tulisan ini bakalan panjang banget. Jadi, jika tak ingin membaca, langsung ke kolom komen juga boleh :p

[5 Februari 2011]

Sejak menikah, nyaris tak pernah saya 'berbagi galau' dengan teman-teman di friendlist facebook saya. Pertama, saya berusaha mengazamkan pada diri sendiri agar semaksimal mungkin memanfaatkan akun-akun yang saya miliki di dunia maya untuk berbagi yang baik-baik, yang bisa membuat orang lain ikut bahagia dan terinspirasi. Kedua, galau macam apa yang bisa saya tuliskan di facebook sedangkan suami lebih asik untuk diajak menghilangkan kegalauan. Sahabat-sahabat pun banyak yang mau mendengarkan saya bercerita, baik cerita yang mengandung galau ataupun yang bukan.

Kalau Allah jelas selalu nomor 1. Nothing to compare Him to.

Monday 25 March 2013

Butterfly Effect

Di tulisan saya tentang Penyapu Jalan Dapat Umroh kemarin, ada 1 komen yang menarik hati dan mengingatkan saya pada Istilah-Istilah yang Menggunakan Kupu-Kupu.


"Saya minggu ini lagi baca buku Kang Jamil 'Makelar Rezeki', disana ada dibahas mengenai Butterfly Effect.
Eh disini ternyata di tag dengan Butterfly Effect ........ uidihh terinspirasi banget....."

Begitu bunyi komennya.

Sunday 24 March 2013

Alasan untuk Segera Menikah




“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur (24) : 32).

Saturday 23 March 2013

Untuk Para Pria


Renungan..

..kubiarkan diriku bersikukuh tuk mengejar dunia..

..meski jarak yang harus kutempuh berkilo-kilo jauhnya..
..anehnya... masjid yang nampak dipelupuk mata, tak jua diriku tergerak untuk mendatanginya..

DEMIKIANKAH KITA..??

Khusus Sabtu Ahad

Melihat jumlah postingan di bulan maret yang baru 10, sepertinya mulai hari ini saya akan mengganti kebiasaan libur ngeblog sabtu ahad, dengan memposting sesuatu yang bermanfaat khusus sabtu ahad nih.

Sesuatu yang bermanfaat nya saya underline, dengan maksud bahwa, sesuatu itu bisa bersumber dari mana saja. Bisa dari notes facebook, dari blog tetangga sebelah, dari milis, dari broadcast message, dari mana aja boleh. 

Kupuccino 

Friday 22 March 2013

Penyapu Jalan Dapat Umroh

Penampakan Akun Instagram @diniehz

Kemarin saya menitip komen curcol di akun instagram salah seorang mahasiswi saya semasa di Poltekkes Gizi Pontianak, Mudrica Rusfiani, yang belum lama ini kembali dari umroh. Dalam Bahasa Melayu mixing beginilah percakapan kami di instagram:

Thursday 21 March 2013

Laporan Keuangan KPK Peduli

Inilah pengejawantahan rencana yang muncul dari komen-komen OOT (Out of Topic) antar blogger lintas pulau: Rekening Amal KPK, yang kemudian kami namai dengan KPK Peduli. Hasilnya, kepedulian KPK Troops yang digunakan untuk membantu sesama, Insya Allah :)

Awalnya saya ingin menunggu awal bulan untuk tulis tentang laporan keuangan ini. Tapi berhubung kemarin saya baru saja kelar urus ATM dan SMS Banking untuk Rekening KPK Peduli, jadi sekalian aja deh diceritakan beserta ngasih laporan ini ^^

Banner Keren

Nah, jadi ceritanya, dalam rangka memudahkan proses pantauan transfer yang masuk via KPK Peduli ini, saya hendak bikin ATM dan daftar SMS Banking. Maka, Selasa kemarin, dalam waktu kurang dari 1 jam, Alhamdulillaah ATM + SMS Banking BRI dengan nomor rekening 2081-01-001656-53-5 atas nama Dini Haiti Zulfany sudah di tangan. 

Tuesday 19 March 2013

Pontianak Kota Khatulistiwa

Kembali ke Pontianak itu sekarang sudah menjadi hal berharga untuk saya. Kalau setahun yang lalu saya memanfaatkan momen pernikahan Linda dengan wisata kuliner yang ada di Kota Pontianak, giliran pernikahan Fika saya gunakan waktu selagi di Pontianak untuk berkunjung ke Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument.

Pagi di garis khatulistiwa

Friday 15 March 2013

Barokallahulakuma, Fika dan Andi

Alhamdulillaah, hari ini, Jumat 15 Maret 2013, salah seorang sahabat saya, Fika Ayu Rizqia telah sah menjadi istri. Artinya, kini sudah 3 Gaby Corp members yang statusnya istri : Saya, Linda, Fika :D


Setahun lalu, yang resmi menjadi istri adalah Linda Budiarsih. Pernah saya tuliskan juga prosesi akad nikahnya looh tahun lalu ^^

Wednesday 13 March 2013

12 Tahun Bahaya JIL

Setahun lalu saya pernah menyatakan sikap tentang dukungan saya untuk gerakan #IndonesiaTanpaJIL. Gerakan yang berawal dari twitter ini, biidznillah, kini berusia 1 tahun. 



Saya sering ditanyai oleh beberapa rekan yang masih asing dengan istilah "JIL". Apa sih JIL itu? Mereka menamai diri mereka sebagai Jaringan Islam Liberal. Islam, tapi liberal. 

Simply, saya mendefinisikan JIL sebagai segerombol orang-orang yang mengaku Islam, tapi malah menghina dan merusak Islam dari dalam. Jeleknya, yang pertama, mereka membawa-bawa nama Islam. Dalam buku Islam Liberal 101 yang ditulis oleh Akmal Sjafril, penggunaan "Islam" dalam JIL ini semata karena mereka sendiri tak pede kalo tak membawa-bawa Islam. Singkatnya, bagaimana mau 'mengajak' orang-orang kalo yang ngajak bukan pemeluk Islam. Begitu.

Tuesday 12 March 2013

Home is Where Your Husband is


Postingan ini bersifat curhat. Sudahlah curhat, panjang pula. Masih mau baca? Ya udah, lanjut kalo gitu :p


Beberapa bulan yang lalu, saya sempat curhat pada beberapa orang sahabat, menyampaikan keinginan saya untuk kembali menetap di Pontianak.

Alasan apa yang saya tidak punya untuk menetap di Pontianak? Nyaris semua cita-cita saya ada di sana. Semua sahabat terbaik saya ada di sana. Bahkan orang tua saya pun di sana. 

Maka saya pun mengajukan diri kepada suami agar diizinkan untuk pindah ke Pontianak. Suami saya awalnya berat untuk mengizinkan mengingat masih banyak amanah yang dititipkan di Sekadau. Terutama amanah dakwah. 

Tak segampang itu saya menyerah. Saya terus membujuk suami saya sampai bisa. Saya ajukan alternatif, agar yang pindah hanya saya, supaya saya bisa bekerja di Pontianak, sembari menabung untuk melanjutkan beberapa cita-cita saya. Toh di Pontianak saya juga sudah punya tempat tinggal. Tak harus menumpang dengan orang tua. Membayangkan akan hidup terpisah jarak Pontianak - Sekadau saja suami saya sudah resah gelisah, apalagi menjalaninya. Maka saya masih belum dapat izin juga.

Friday 8 March 2013

Rekening Amal KPK

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Pertama-tama, saya merasa terharu diberikan amanah ini. Berdasarkan hasil kesepakatan bersama teman-teman KPK, dengan ini Rekening Amal KPK diluncurkan.


Lah, kok gambar panci? :p

Ini nomor rekeningnya:

BRI KCP Sekadau
2081-01-001656-53-5
a/n Dini Haiti Zulfany

Thursday 7 March 2013

Bendahara KPK

[via Harian Jogja]

Entah di postingan siapa dan kapan rencana untuk buka rekening amal diluncurkan oleh teman-teman KPK (Kumpulan Pencinta Kupukupu, ehh Komunitas Penghancur Kolom komentar blog), tau-tau suatu hari, di salah 1 postnya pak Zach, muncul aja nama saya yang diajukan untuk menjadi pemegang rekening. Aih aiih, kapan kesepakatan tersebut dibuat? Kata Mas Rudy, dan beberapa awak KPK lainnya, disepakati waktu saya umroh. *kemudian tepok jidat*

Dan barusan, ada e-mail masuk, ternyata komen dari Kang Hadi Cilembu ke post kemaren, komen berbunyi: "m'ba kita nunggu berita soal rekening KPK, kita sepakat m'ba dini yang pegang dan buka rekeningnya (BRI saja biar murah u/buka tabungan awalnya), lebih rincinya m'ba hub. kang zach, beliau nanti yang menjelaskan dari A s/d Z nya...enaknya by phone."

Entah ini kebetulan atau bukan, sejak Oktober 2012 lalu, saya sudah membuka rekening BRI di Sekadau. Niat awalnya sih buat ditransfer kalo honor mengajar saya di Universitas Terbuka masuk, tapi rupanya malah ga kepake karena honor langsung diserahkan ke tutor. Walhasil, rekening BRI saya pun mengganggur sampai sekarang.

Baiklah. Saya menanti partisipasi teman-teman (baik yang KPK atau bukan), untuk memberi masukan terkait rencana rekening amal ini. Saya pribadi, Insya Allah setuju-setuju aja jika teman-teman sudah sepakat untuk mengamanahi saya yang memegang rekeningnya :)

Kepada Pak Zach, jelasinnya di kolom komen aja boleh ga pak? Selain sayanya malu, kalo telpon2an :p, juga supaya teman-teman yang lain juga paham A s/d Z yang akan dijelaskan, gitu. Atau via e-mail juga boleh pak :)

Tembusan:
KPK Troops
Kang Arez Casev
Kang Asep Haryono
Kang Cilembu Thea
Mas A. Y. Indrayana
Mas Budi Purnomo
Mas Budy Sinichi
Mas Eko "Rawins"
Bli Kstiawan
Mas Reo Adam
Mbak Ay Sagira
Mbak Cii Yuniaty
Mbak Ririe Khayan
dan member lain yang tak bisa disebutkan satu per satu.


Melihatmu Membuat Air Mata Menetes

Saya menulis postingan ini sembari menitikkan air mata :'(

*lap air mata*

Ingin sekali melanjutkan travel note, which means saya harus mengingat lagi perjalanan selama umroh, membuka file foto perjalanan kami. Sisi melankolis saya pun langsung menyeruak keluar. Rindu tertahan-tahan, pengen kembali ke haramain hiks hiks.

Suatu hari kami akan ke sana lagi, Insya Allah

Tuesday 5 March 2013

Goreng, Tumis, Rebus

Beberapa dini hari yang lalu, saya tak bisa tidur, lalu buka tumblr via android. Scrolling beranda, eh, melihat gambar nasi goreng di tumblrnya allaboutindonesia. Dan muncullah pemikiran yang saya tuangkan di akun tumblr saya berikut ini:

Garagara lihat post tumblrnya allaboutindonesia itulah, terlintas di pikiran saya tentang nasi goreng, dan mie goreng.



Siapa ya yang ngasi nama 2 makanan tersebut?