dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Friday, 30 March 2018

Pengen Nabung Buat Liburan, Awali Dengan Hemat Listrik di Rumah Yuk

sumber:healthvalues.org

Semakin lama tagihan listrik makin bengkak dan bikin kamu nggak bisa nabung buat beli tiket pesawat dan hotel di Traveloka.com untuk liburan nanti? Eits, jangan salahkan PLN dulu atas kenaikan harga tarif dasar listrik ini. Karena kenaikannya tentu bukan tanpa alasan. Dan kamu sebenarnya tetap bisa menghemat listrik biar jatah tabungan liburanmu nggak kekuras.

Bagaimana caranya? Coba ikuti tips menghemat listrik berikut ini:

Cabut peralatan listrik yang sudah tidak dipakai, termasuk charger!

sumber: Markus Spiske - freeforcommercialuse.net

Dari sekian banyak peralatan listrik yang ada di rumah, coba hitung berapa yang kabelnya setiap hari menancap di colokan saklar? Kadang nih, alasannya adalah karena lupa mencabut atau memang disengaja karena sering dipakai seperti charger ponsel.

Padahal nih, kabel yang terus menancap di saklar itu menyedot listrik secara tidak langsung. Meski tidak sedang kamu gunakan, listriknya tetap mengalir dan akhirnya sia-sia bukan?

Karena itu, selalu lepas peralatan listrik dari saklar begitu selesai digunakan, termasuk charger ponsel kamu. Selain bisa menghemat biaya, kamu juga menjaga biar barang-barang elektronik jadi lebih awet dipakai.

Ganti lampu dengan yang hemat energi

sumber: pexels.com

Barang elektronik lain yang tanpa sadar sudah banyak menyedot energi listrik selain kabel yang selalu dicolok adalah lampu. Walaupun token listriknya masih baru beli di Traveloka, pulsanya akan cepat habis jika lampu terus menyala. Menyenangkan memang kalau rumah kita terang benderang seperti minimarket, jadi lebih ceria rasanya. Tapi pemakaian lampu dengan watt besar, tentu menyedot energi yang besar juga. 

Jangan sedih dulu, kamu nggak perlu membuat rumah kamu jadi redup seperti café romantis biar bisa hemat listrik. Cukup ganti saja bohlamnya dengan lampu hemat listrik seperti LED. Memang sih, harga belinya lebih mahal dibandingkan dengan lampu biasa. Namun ke depannya, tagihan listrik kamu bisa berkurang banyak karena lampu jenis ini. Jadi lebih hemat kan?

Pakai rice cooker, rebus dulu airnya

Setiap hari memasak nasi di rice cooker? Biar pemakaian listriknya nggak besar, rebus dulu airnya sampai mendidih, baru kemudian masak nasinya di rice cooker. Dengan air panas, tenaga listrik yang diperlukan rice cooker buat memasak jadi jauh berkurang.

Nyalakan listrik seperlunya saja

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di malam hari. Tapi tidak perlu juga semua lampu menyala di malam hari, gunakan yang perlu saja. Selain itu sebaiknya nyalakan AC seperlunya saja, matikan ketika kamu keluar rumah. Matikan barang-barang elektronik yang sedang tidak dipergunakan dan lepas kabelnya dari steker. Dan jangan lupa matikan alat elektronik ketika kamu tidur, termasuk televisi.

Ganti dengan listrik sistem token pulsa

sumber: news.okezone.com/Arif Julianto

Selain melakukan penghematan dengan cara-cara di atas, tips lain buat menekan pengeluaran listrik adalah dengan mengganti meteran dengan sistem token pulsa. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan sistem token ini.

Keuntungan pertama adalah kamu tidak perlu membayar abonemen bulanan. Jumlahnya cukup lumayan loh, bisa ditabung buat liburan nanti.

Keuntungan kedua adalah kamu bisa lebih sadar dengan energi yang digunakan. Karena jumlah daya yang terpakai nampak jelas, dan kamu pun nggak perlu bingung sudah pakai apa saja selama satu bulan sehingga terkena tagihan yang banyak.

Cara beli token listrik pun mudah. Kamu bisa membelinya secara online di Traveloka.com dengan jumlah nominal sesuai yang diperlukan. Pembayaran pembelian token listrik di Traveloka.com pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan internet banking atau transfer antar ATM.

Dengan adanya token listrik di Traveloka.com, kamu juga nggak perlu khawatir kalau kehabisan pulsa listrik di malam hari. Langsung saja buka aplikasi Traveloka.com, beli token di sana, bayar dan listrik di rumah pun kembali menyala.

Kalau biaya listrik bisa ditekan, sisa uangnya bisa dipakai buat beli tiket liburan, yakhaan? Hemat listrik yuk…

1 comment:

  1. Wah, untuk yang terakhir itu sebisanya ga mau ganti. Sayang banget Kak, nanti pake voucher malah pemakaiannya susah kontrolnya. Belum lagi kehabisan pulsa di tengah malam, horor dah. :-D

    ReplyDelete

Because sharing is caring