dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Tuesday, 5 September 2017

Cara Membuat dan Memanfaatkan Blog untuk Tugas Bahasa Inggris

Hello my blog readers, especially the students of Universitas Tanjungpura Academic Year 2017/2018. 

Dalam rangka mengurangi penggunaan kertas untuk mengumpulkan tugas terstruktur, maka Miss Dini mendayagunakan media Blog/Weblog sebagai wadah untuk para mahasiswa mengumpulkan tugas mata kuliah Bahasa Inggris. Selain mendukung gerakan Go Green, memposting tugas ke blog pribadi juga efektif bagi para mahasiswa agar dapat saling berbagi ide, mengekspresikan opini, serta memperkaya perspektif mengenai topik-topik yang telah ditentukan

Selain itu, Weblog juga bermanfaat sebagai online portfolio yang bersifat jangka panjang (asalkan halaman atau postingan blog tidak dihapus), sehingga tulisan-tulisan yang berisi ide, ilmu, maupun opini mahasiswa dapat tersimpan dengan baik dan dibaca oleh para warganet. Bukan tidak mungkin, tulisan-tulisan kita dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi untuk banyak orang.

Sayangnya, tidak semua mahasiswa mengetahui apa itu Weblog, dan bagaimana cara membuat blog pribadi. Untuk itu, berikut ini beberapa langkah sederhana membuat dan memanfaatkan blog untuk keperluan memposting tugas mata kuliah Bahasa Inggris.

Sebelum mulai membuat blog, harap diingat bahwa alamat blog sebaiknya tidak berganti-ganti dengan alasan apapun. Untuk itu, seluruh mahasiswa harus bertanggung jawab dengan blog masing-masing, mulai dari alamat url blog, password, dan isi postingan. Perubahan alamat blog akan menghambat proses penerbitan nilai yang bersangkutan di SIAKAD Untan.



Tentukan Platform

Pertama, tentukan terlebih dahulu platform blog yang akan digunakan. Untuk tugas Bahasa Inggris, disarankan menggunakan Blogspot atau WordPress. Platform yang paling direkomendasikan adalah Blogspot, karena mudah digunakan, gratis, dan cocok untuk pemula.

Langkah Membuat Blog
  • Kunjungi www.blogger.com, lalu klik "Create Your Blog" untuk membuat blog baru.

  • Masukkan alamat gmail. Jika belum memiliki alamat gmail, buat akun gmail terlebih dahulu dengan mengunjungi gmail.com.
  • Pilih profil mana yang akan digunakan. Terdapat 2 pilihan: profil Google+ atau profil Blogger biasa. Disarankan untuk memilih profil Google+, dengan terlebih dahulu mengisi data yang diperlukan.
  • Setelah profil berhasil dibuat, pilih Lanjutkan ke Blogger.
  • Untuk membuat blog baru, pilih tombol BUAT BLOG BARU yang terletak di samping kanan. Lebih jelasnya, anda bisa melihat gambar dibawah ini.
  • Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut:

Nomor 1 : Isi dengan judul blog, misal: Blognya Miss Dini, Jurnal Tugas Bahasa Inggris, dll.

Nomor 2 : Isi dengan alamat url, misal dinihaitizulfany.blogspot.com. Jika ada tanda centang disampingnya, berarti alamat blog tersebut tersedia. Kirimkan alamat url blog ke koordinator kelas masing-masing.
Nomor 3 : Pilih template sesuai selera masing-masing.
  • Terakhir, pilih Buat blog!. Blog siap untuk diisi dengan tugas-tugas writing.

Membuat Postingan, Memasukkan Gambar, Video, dan Hyperlink

Pada dasarnya, membuat postingan baru pada halaman Blogspot mirip seperti ketika menulis pada halaman Ms Word. Berikut beberapa menu yang akan digunakan ketika membuat postingan untuk tugas mata kuliah Bahasa Inggris:
  • Untuk membuat postingan baru, pilih tombol "Entri Baru" atau "New post" yang terdapat pada bagian kiri atas. 
  • Untuk memasukkan sumber dari halaman sebuah website, pilih "Link". 
  • Untuk memasukkan gambar, pilih icon "insert image" atau "masukkan gambar" yang terletak pada toolbars (di sebelah tombol Link)
  • Untuk memasukkan video, pilih icon "insert a video" atau "masukkan video" yang terletak pada toolbars.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan toolbars di bawah ini:



TIPS TAMBAHAN

Kendala yang cukup sering dihadapi oleh para mahasiswa dalam mengerjakan tugas melalui blog antara lain seringnya bergonta ganti alamat blog karena lupa password dan alamat email, postingan yang hilang atau tidak tersimpan.

Untuk itu, jika anda adalah tipikal mahasiswa yang pelupa, setelah blog dibuat, CATAT dan simpan username dan password blog masing-masing pada smartphone, buku catatan kuliah, halaman belakang DHK, bila perlu, tempelkan pada dinding kamar anda. Sekali lagi, harap diingat, TIDAK DIIZINKAN untuk mengganti alamat url blog yang telah dikumpulkan pada koordinator kelas masing-masing. Penggantian alamat url blog dengan alasan apapun akan berakibat KOSONGNYA nilai TUGAS TERSTRUKTUR pada daftar nilai anda di SIAKAD Untan.

Selamat mengerjakan tugas Bahasa Inggris dengan pengalaman baru! 

Good luck and have fun with English!


1 comment:

Because sharing is caring