dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Tuesday, 9 September 2014

Demi Birrul Walidain

Surat pernyataan dengan materai Rp 6000 yang menyatakan bahwa tidak mengajukan pindah/mutasi kerja dengan alasan apapun sebelum bertugas selama minimal 20 (dua puluh) tahun (contoh format terlampir).
Itu salah satu persyaratan yang tertulis di website yang belakangan banyak dikunjungi para pencari kerja. Dan persyaratan di atas berlaku untuk area Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

Mungkin tidak semua orang tau bahwa cita-cita saya bukanlah menjadi Pegawai Negeri Sipil. Tapi kedua orang tua saya sangat ingin saya menjadi PNS. Barangkali karena bapak dan ibu saya sudah merasakan manfaat menjadi PNS, sesuai dengan passion mereka, dan ternyata rezeki yang Allah berikan melalui profesi PNS bisa digunakan untuk membiayai anak-anaknya hingga kuliah dan sudah menikahkan 1 orang anak perempuan yang malah belum juga mau menjadi PNS.

Ditambah lagi membaca persyaratan di atas. Aduh, makin ciut keinginan saya untuk ikut tes.

Tahun sebelumnya, saya escape tidak ikut tes sama sekali dengan alasan akan lanjutkan studi. Bapak saya (allahuyarham, semoga Allah mengampuni bapak dan membahagiakan bapak di alam kubur) waktu itu pasrah saja dengan keputusan saya. Sampai dengan bapak dipanggil Allah, saya masih belum jadi PNS. Dan masih belum juga ada keinginan untuk jadi PNS.

Emang kenapa sih? Sudah pernah saya tuliskan alasannya di blog ini. Saya mengukur diri sendiri. Saya merasa passion saya bukan di sana, sehingga pastilah akan sulit bagi saya untuk menjalani rutinitas morning to evening from monday to saturday just like the civil servants do. Barangkali jika dipaksakan, saya akan menjadi PNS yang sering izin kerja, sering pulang sebelum waktu pulang, sering meliburkan diri di hari kejepit nasional. Bagaimana nanti saya mempertanggungjawabkan hak yang saya dapat dari profesi saya di hadapan Allah? Well, not to mention that I am absolutely gonna be able to be responsible for what I am doing now in hereafter later. At least, I do what I do now with passion.

image

Anyway, demi Birrul Walidain, selagi masih bisa berbakti kepada orangtua, apalagi ibu saya masih ada, sepertinya kesempatan tahun ini akan saya gunakan untuk mencoba. Jika tidak lulus, alhamdulillah, saya sudah mencoba. Jika lulus, alhamdulillah artinya kelak saya sudah memenuhi keinginan ibu bapak saya yang selama saya hidup selalu memenuhi keinginan saya. Persoalan yang tersisa tinggal di diri saya, bagaimana menumbuhkan passion di profesi yang tak ingin saya geluti. Doakan saya ya :)

8 comments:

  1. Kalau nda salah di era taon 2008, format surat perjanjian TIDAK BOLEH Pindah ke lokasi lain adalah minimal 5 (lima) Tahun. Namun belakangan kebijaksanaan ini berubah menjadi minimal 10 Tahun. Mungkin sudah ada perkembangan baru lagi menjadi lebih dari 10 tahun, dan itu belum saya ketahui

    ReplyDelete
  2. pertama: di atas itu gambar gunung sindoro yang diambil dari puncak sikunir. sindoro adalah gunung yang paling saya cintai. tau kenapa?

    ReplyDelete
  3. kedua, saya sama dengan mbak dini. saya pecinta pekerjaan outdoor yang sekarang menjadi PNS yang sering rapat dan mengerjakan nota dinas di dalam ruangan. saya bertahan karena ibu saya sangat berbangga atas pencapaian saya yang bisa lolos senagai PNS.

    ReplyDelete
  4. ketiga, saya doakan mbak dini selalu.

    ReplyDelete
  5. saya do'akan semoga semua berjalan sesuai engan ya diharapkan

    ReplyDelete
  6. memang semua dari diri sendiri ya bu, saya do'akan semua lancar ya bu

    ReplyDelete
  7. semua bukan kita yang menentukan ya bu, saya juga sebetulnya tdk ingin jadi yang seperti sekarang tapi yg diatas segalanya berkehendak lain, saya terima dengan ikhlas dan lapang dada, karna yang maha kuasa lebih mengetahui apa yang terbaik bagi kita

    ReplyDelete

Because sharing is caring