dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Monday, 10 June 2013

We and Our Curiosity


Memang ada beberapa rasa ingin tau yang bisa langsung terjawab ketika kita ingin mendapatkan jawabannya langsung saat itu juga. Dan umumnya kita maunya sih begitu. Terlebih jika menyangkut pribadi. Bilamana kita saaangat ingin tau, ngebet betul mencari-cari jawabannya, sampai-sampai jika tidak berhati-hati, bisa menggelincirkan diri sendiri akibat terburu-buru menggapai jawabannya.
Pun ada yang oleh Allah, jawabannya ditahan dulu beberapa jenak, hingga bisa-bisa kita nyaris lupa bahwa kita menyimpan keingintahuan itu. Ketika tiba masanya, terjawablah rasa ingin tau tersebut, dan dengan sangat puas kita berkata: "Oooh gitu toh ternyata". Sambil manggut-manggut *tanpa berkata trilili lililililiii ~ :p*


Hikmah yang tersimpan dari adanya rentang waktu terjawabnya rasa ingin tau itu pastilah jauh lebih banyak, indah, menarik, dan barangkali membahagiakan diri jika boleh dibandingkan dengan saat keingintahuan kita langsung terjawab waktu itu.

Ribet ya? Biarin dah ah :p

Saya seriiing mengalami ini. Cukup banyak pertanyaan yang, misalnya, ketika saya masih lajang dulu menjadi tanda tanya besar, lalu baru terjawab setelah saya menikah. Hikmahnya memang indah. Sangat luar biasa indah.

Bahkan ada beberapa pertanyaan yang jika saja saat itu langsung saya dapatkan jawabannya, bisa mengancam keharmonisan persahabatan dan ukhuwah :) Ketika kemudian saya tau jawabannya, cukuplah ambil pelajarannya. Kalo kata anak gaul masa kini: "Oke, cukup tau aja" ;p

Mengapa saya katakan kita bisa saja 'menggelincirkan diri sendiri' kalau terlalu ngebet mencari tau sesuatu yang belum masanya kita dapat jawabannya? Misal nih ya, misal. Bisa saja, bilamana kita tau terlalu awal, malah membuat kita jadi gampang berprasangka, shu'udzon sana sini. Kalau shu'udzonnya disimpan sendirian sih yaa urusan pribadi. Yang kesian itu kan saat shu'udzon menyeret kita pada ghibah. Apalagi fitnah. Bahaya mameeen. Ibarat mau melempar orang lain dengan lumpur, sasaran belum tentu kena, lah tangan kita udah pasti kotor. Gitu.

Hikmah lainnya, kini saya semakin bersyukur atas keputusan Allah yang membiarkan beragam ingintau saya terjawab seiring waktu. Maka kita harus lebih terampil mengendalikan diri untuk tak memaksakan agar HARUS segera tau jawaban atas keingintahuan yang sebetulnya tidak begitu urgent untuk terungkap saat itu juga.

Don't worry. Curiosity will be revealed as the time goes by. Trust me :)







3 comments:

  1. curiosity.. lagi di mars.

    ReplyDelete
  2. apa kabar mbak..? lama tak nongol nih, sibuk terus ya..:D

    ReplyDelete
  3. waw bermanfaat pisan yeuh, menambah wawasan sekali artikelnya, semoga semua yang kita pilih menjadi satu jalan yang lebih baik.

    ReplyDelete

Because sharing is caring