dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Monday, 13 May 2013

Bahan Pertimbangan

[image courtesy: copy blogger]


Al-Isra'a : 36
"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya."

Al-Buruj : 10
"Orang yang memfitnah orang mukmim, kemudian tidak bertaubat, bagi mereka azab jahanam dan neraka yang membakar."

An-Nur : 19
"Orang yang ingin agar (berita) perbuatan yang keji itu tersiar dikalangan orang-orang beriman, bagi mereka azab yang pedih di dunia dan akhirat. Allah mengetahuinya, sedang kamu tidak mengetahui."


Al-Qalam (68) : 11
"Yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur fitnah"

Al-Hujuran: 6
"Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”.

An Nur: 11
“Sesungguhnya orang-orang yang membawa ifki* adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira berita bohong itu buruk bagi kamu, bahkan ia adalah baik bagi kamu.Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya, dan barangsiapa diantara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu, baginya adzab yang besar”. [An Nur : 11].

*Ifki maksudnya berita bohong. Dan ini merupakan kebohongan paling jelek.

----------------------------------------------------------------

Bismillaah. Semoga beberapa Firman Allah di atas dapat menjadi referensi dan pertimbangan bagi kita yang gemar menulis, agar tak sembarangan menulis *kecuali kalo emang kebiasaannya begitu sih, susah jugak ya mamen*, bagi para pembawa berita, blogger, termasuk pembaca berita, penikmat media, untuk memaksimalkan fungsi otak, agar sekarang tak hanya menjadi korban media, namun juga supaya kelak di yaumil hisab tidak mendapat cap sebagai pembawa dan penikmat fitnah. Hihh ngeriiii ~

Na'udzubillah, tsumma na'udzubillahimindzalik.


Nb: Sebetulnya saya ingiiin sekali cc-in tulisan ini ke seseorang. Oh, 2 orang mungkin. Tapi mending tak usah disebutkan deh. Kecian :p. Tapi yaaah, kalo udah benci siih *walopun ngakunya nggak *ehh :p, susah juga siiik* 



28 comments:

  1. Ini ada hubungannye same yang sering muncul di tv, miss ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalok mau dihubungkan boleeeh nu.

      Delete
    2. kayaknye iyelah ni. soalnye kan agik panas-panasnye ni.

      Delete
    3. tapi bagaimanapun, setiap individu kan punya penilaian yang beragam atas isu yang ada, mbak....

      maaf mbak bukannya kontra... tapi ayat" diatas emang bener banget..

      Delete
    4. Yoih mas indra, dan tiap tanggapan/penilaian/pendapat bebasss ditulis dan diutarakan di mana saja meskipun tak bebas dari risikonya, baik di dunia maupun di akhirat kelak, as stated in Al-Isra'a : 36 "Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya."

      :)

      Delete
  2. semoga kita semua tidak termasuk dari golongan pembawa fitnah, naudzubillah....

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas share artikelnya dan pencerahannya. Semoga kita tidak termasuk golongan sebagai pembawa fitnah.

    Salam.

    ReplyDelete
  4. semoga kita semua terhindar dari hal-hal buruk seperti tersebut di atas...amin

    ReplyDelete
  5. emang susah yah?? :D
    itu maksutnya tulisannya gimna yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau nulis latin disini emang nggak bisa Mbak

      Delete
    2. mbak Tia lucu juga yaa.... :D

      Delete
  6. Memiliki kabar betul dan sahih tapi itu menyangkut AIB seseorang juga gimana ya. Susah juga ya jadinya. Ujung ujungnya bisa jadi gibah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak sekedar ghibah Kang, tapi fitnah. itu yang mengerikan.

      Delete
    2. urusan ini jadi sangat sensitif jika tidak dibawa dengan hati-hati....

      Delete
  7. semuanya menyangkut fitnah dan berita bohong ya, pantas saja guru saya pernah mengajarkan bahwa meng-gibah itu ibarat memakan bangkai saudara sendiri.

    kunjungi balik ya,
    oldsunday.blogspot.com ^^

    ReplyDelete
  8. semoga ita menjadi oranng yg lebih baik <3 dan tidak ada kemusrikan didunia ini

    ReplyDelete
  9. perilaku zhalim dan fitnah yang dilakukan secara sistematis, apa nggak jadi adzab nantinya? semoga Allah melindungi orang2 yang benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wamakaru wa makarallaah wallaahu khairul maakirin.

      Delete
  10. hehe iya jangan di cc ah kasian,
    yang penting kan kita sudah ingatkan . selebihnya menjadi tanggung jawab masing" ..

    amin moga kita semua dijauhkan dari sifat buruk itu ..
    memanfaatkan pemberian ilahi untuk sesuatu yang lebih berarti .

    ReplyDelete
  11. hmm...
    haii mbak diniiii.... apa kabar????

    *say hi biar ketutupan identitas takut 2 orang diatas adalah aku* :p

    ReplyDelete
  12. saya masih belum ngeh nih.. otak lagi kacau.

    kenapa Reply komenya nggak bisa di klik ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kang KS emang khusus Replynya ngga bisa diklik, komentar replynya sering oot seh...hehehe

      #wuiih bali jadi contoh soal Tunisia pilkada nya euy

      Delete
  13. mudah-mudahan apa yang saya tulis tak mengandung fitnah, terima kasih pencerahnnya mba.

    ReplyDelete
  14. terus..nasib saya gimana kalau begini coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau coba yang pake keju, strawberry atau pake sambal :-)

      Delete
  15. terimakasih ya..sudah diingatkan dalam kebaikan :-)

    ReplyDelete

Because sharing is caring