dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Tuesday, 30 April 2013

Menerima Nasihat dengan Riang Gembira

Postingan ini bakalan bersifat curcol. Dan sepertinya akan panjang. Jadi buat yang mau langsung komen, disilakan langsung ke kolom komen :P


Apakah tulisan di gambar di atas terbaca di layar gadget teman-teman? Jika tidak, maka gambar tersebut berbunyi: "Di antara tanda-tanda benar dalam ukhuwah (persaudaraan) ialah menerima kritikan teman, menutupi aib teman, dan mengampuni kesalahannya - Imam Syafi'i"
Poin pertama adalah teori yang kadangkala suliiiiit untuk diterapkan dalam diri ini. Kritikan, yang dalam hal ini saya definisikan sebagai nasihat agar kualitas kita kian meningkat terutama untuk urusan akhirat, penerimaannya di dunia nyata tidaklah semudah yang kita bayangkan. I mean it, because once I felt it.

Saya ingat, pertengahan tahun 2008, ketika saya menjalani masa KKN bersama beberapa orang sahabat, saya sempat mengalami penurunan kualitas diri. Ah, malu sekaligus sedih rasanya jika ingat masa-masa itu :( Saya yang tadinya rajin dan begitu bersemangat datang ke liqo (kajian pekanan), pelan-pelan mulai jadi malas. Futur. Downgrade.

Satu per satu sahabat-sahabat saya di Gaby Corporation yang saat itu berada dalam 1 area KKN, menasihati saya dengan berbagai cara. Mulai dari diajak ngobrol baik-baik *yang kemudian malah sayanya yang gak mau*, ditelpon sama Sussi yang lokasi KKNnya beda, sampai dengan dinasihati dengan cara yang paling saya tak suka: sindiran. Semuanya mental, membal, saya kalikan nol. Hingga akhirnya saya tak lagi dinasihati para sahabat saya. 

And the time goes by.

Nasihat dari para sahabat saya memang tak ada lagi saya dengarkan waktu itu. Namun saya yakin, mereka mendoakan saya agar kembali semangat berproses menjadi Dini yang lebih baik. Saya yakin di tiap doa rabithoh yang mereka lantunkan pagi dan petang, wajah saya muncul bersamaan dengan lafadz: "...Qodijtama’at ‘alaa mahabbatika waltaqot ‘alaa thoo ‘atika watawahhadat ‘alaa da’watika .... Fa watsiqillahumma rabithataha"

"Berkumpul untuk mencurahkan mahabbah (kecintaan) hanya kepada-Mu, bertemu untuk taat kepada-Mu, bersatu dalam rangka menyeru di (jalan)-Mu, dan berjanji setia untuk membela syari’at-Mu, maka kuatkanlah ikatan pertaliannya ya Allah"


And the du'a went to the place where common people couldn't go. Mungkin berkat doa dari para sahabatlah, Allah bukakan mata saya, sehingga beberapa bulan kemudian saya baru sadar betapa besarnya kasih sayang mereka untuk saya,. Betapa mereka tak mau melihat saya berubah menuju hal-hal yang sebetulnya saya tau betul itu tak baik. 

Maka hingga detik ini, saya saaaangat bahagia dan bersyukur karena dititipi Allah dengan sahabat-sahabat yang tak segan untuk menasihati saya begitu melihat saya berlaku keliru. Bukan sahabat yang segan, takut, atau khawatir saya menjadi marah karena dinasihati. Alhamdulillaah.

Memang demikian kan yang namanya sahabat? Belumlah disebut sahabat mereka yang mengiyakan semua ucapan dan tingkah polah kita, mendiamkan saja bilamana salah. Mereka yang bersedia menegur dengan santun, menasihati dengan etika, memberi tau dengan cinta, seperti yang dilakukan para sahabat saya, that's deserve to be mentioned as best friend.

Karena itulah, berbahagia dan bersukacita-lah ketika Allah titipi kita dengan teman dan sahabat yang MAU menasihati kita, whether or not nasihat itu kelak akan didengar atau diabaikan. Dan bolehlah mulai introspeksi diri ketika degradasi kualitas diri tak lagi menjadi perhatian orang-orang sekitar, dicuekkin, dibiarin saja. Bisa jadi, itu pertanda mereka mulai bosan, atau mungkin saja memang segan mau ngasih tau :)


49 comments:

  1. kalo kritik tempe atau kritik singkong gapalah asal jangan yang pedes...

    apa apa tuh enakan langsung gausah pake sindir menyindir. ga perlu pake tafsir menafsir dan gamblang. kalo ga terima juga lebih gamblang lagi naboknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sohib yang satu ini emang guwa bang-get deh ih...
      #toss, jabat tangan, cium pipi kiri dan kanan, lalu saling lempar senyum

      Delete
    2. lempar lemper enak tuh Kang...:P

      Delete
    3. Itu Kripiiiiiiikkkkk....

      ckckckc

      Delete
    4. sampe binguuung mau bales komennya atu2 wkwkwkwkwk :P

      Delete
  2. pertamax ya? huhh payah, padahal saya penginnya keduax.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan kejadian kayak Mbak Dini di blog saya. saat ngetik belum ada troublemaker, begitu klik tombol publish, tau2 udah ada komen sebelumnya. huhh.

      Delete
    2. idiihh... nggak papa mas nggak usah malu :P

      Delete
    3. kang agus belum boleh ng'ledekin kang zach, yang boleh ng'ledekin itu cuman saya doang....
      #hahaha...hihihi...lililiii...heiheihei..sambil goyang itik

      Delete
    4. wkwkwk ngikut kang cilembu ah...

      Delete
    5. mending goyang bebek....

      Delete
    6. pertamax, kedua emang kenapa? ada hadiahnya? :)

      Delete
    7. wkwkwk pertamax yang gagal......tragis!

      Delete
    8. *ikutan komennya mas pacul aaaah :P

      @mbak ria: suka2 aja mbak, jadi berasa keren gitu hihihi

      Delete
  3. sebenernya saya malu baca artikel ini teh da...kenapa hayoo..?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa aja Kang. biasanya juga malu-maluin..wkwkwkwk

      *ngumpet dulu clung....

      Delete
    2. hahahah..... bener juga Mas Ks

      Delete
    3. iiiih kenapa maluuuu

      Delete
  4. apa lagi bersamaan dengan artikel ini posting, dirumah tokoh KPK yang lain (baca:kang zach) ada artikel yang bikin saya ngga nahan buat ng'ledekin sampe gondoken...jadi maaf ya m'ba kalau artikelnya sementara ngga berlaku buat saya hari ini, cuman hari ini doang ko'...besok besok insyaallah akan tak terapin...kalau sempet....
    #cling...pindah ke rumah kang zach

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikuutttttt.....

      *clung...

      Delete
    2. ih kang hadi sensitipan iiih.. suapin ubi nih!

      Delete
  5. hehehe , kritik itu membangun asalkan jangan yang bersifat mojokin atau nyelaa ..

    ReplyDelete
  6. sementara hadir dulu menyapa...hehehehe

    ReplyDelete
  7. Kalo orang yang suka nyindir kata mamah dedeh itu tandanya munafik.. kalo saya pribadi lebih suka yang to the point. Dan itu terbukti memang saya lebih baik langsung saja :D tapi orang kan berbeda-beda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nggak beda berarti kembar donk..hehehe

      Delete
    2. @mbak ria, woooow :O sama mbak, saya sempat seneng banget nyindir2... tapi berhubung saya gak suka disindir, lalu ngapain saya nyindir2.. munafik pula kata mamah dedeh u,u cuman ya itu, bener.. biasanya kita menulis bukan untuk menyindir, eeeh dianggap nyindir sama orang laen :(

      @bli stiawan, buat saya aja anak kembar.

      Delete
  8. owh iya kalo ria, biasanya kalo lagi males liqo' .. mama ria yang nanyain.. Kenapa? terus nasehatin, atau kakak sepupu aku. Padahal dia gak liqo', kakak sepupu aku yang lurusin kalo ada pemikiran aku yang salah, mama aku juga. maklum, karena sebelum liqo' aku gimana mereka juga tahu ya.. just share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ceritanya begitu, sekarang mau gimana lagi coba?!

      Delete
    2. gimana coba lagi...

      Delete
    3. mbak ria: sama mbak, ibu saya juga biasanya nanyain hehe.. enak ya mbak, dikelilingi keluarga2 yang care :)

      @kang hadi + bli, kalo gitu, ngopi aja gimana?

      Delete
  9. Sebenarnya itu salah satu fungsi seorang sahabat, dapat mengingatkan dikala kita khilaf. Mungkin hal serupa pernah saya alami juga, tiba-tiba seorang sahabat kirim pesan di FB yang isinya menurut saya nyentil saya banget. Tapi sekali direnungkan ternyata apa yang dipesankannya tersebut benar adanya, saya merasa dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir mengalami perubahan sikap. Alhamdulillah atas masukan "nyentil" dari sahabat saya tersebut dapat membuat saya mengintrospeksi diri. Thanks for share... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. muantaap bang dwi.. benar bang dwi, kita kelewat sering besar kepala untuk nerima nasehat dari orang lain sih ya :)

      Delete
  10. Replies
    1. boleh kak.. semuanya ada di pontianak hehehhe

      Delete
  11. harus manut klw dinasehati, apalgi kita bersalah. bener toh?

    ReplyDelete
  12. sahabat sejati memang demikian, selalu mengingatkan akan kebaikan, bukannya malah mengajak melakukan hal2 yang bersifat negatif :-)

    ReplyDelete
  13. Horeee... saya senang dengan artikelnya... saya mungkin sering menasehati... jadi sempat minder komen di blog temen... bukannya mo cari masalah tapi perkaranya terlihat jelas salah.. jadi dengan sangat terpaksa, saya nasehati...

    ReplyDelete

Because sharing is caring