dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Saturday, 23 March 2013

Untuk Para Pria


Renungan..

..kubiarkan diriku bersikukuh tuk mengejar dunia..

..meski jarak yang harus kutempuh berkilo-kilo jauhnya..
..anehnya... masjid yang nampak dipelupuk mata, tak jua diriku tergerak untuk mendatanginya..

DEMIKIANKAH KITA..??



Rasulullah Shallallahu'ala­ihi wasallam bersabda:

مَنْ رَاحَ إِلَى مَسْجِدِ الْجَمَاعَةِ فَخَطْوَةٌ تَمْحُو سَيِّئَةً وَخَطْوَةٌ تُكْتَبُ لَهُ حَسَنَةٌ ذَاهِبًاوَرَاجِ­عًا

Barangsiapa berangkat ke masjid, maka satu langkah menghapus satu keburukan, dan satu langkah ditulis satu kebaikan, di saat pergi dan pulang.

[HR. Ahmad, no: 6599, 10/103, dari Abdulloh bin Amr bin Al-Ash, dishohihkan syaikh Ahmad Syakir]

Sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam,

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

"Barangsiapa yang bersuci dari rumahnya kemudian berjalan ke salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) untuk menunaikan salah satu dari kewajiban-kewaj­iban yang Allah wajibkan, maka kedua langkahnya salah satunya akan menghapus dosa dan langkah yang lainnya akan mengangkat derajatnya." [HR. Muslim 1553]


Dari artikel 'Adab Shalat Berjamaah di Masjid — Muslim.Or.Id'


46 comments:

  1. minggir dulu soalnya cewe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok, ke pinggir ke pinggir..

      Delete
  2. bagi laki2 wajib ke masjid, bahkan nabi suruh bakar rumah yg laki2nya ga kemesjid...
    tapi kadang ada saja hal yg bikin mlas..begitu lah setan menggoda...
    harus belajar istiqomah

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneer.. masjid dibangun untuk diramaikan.. :)

      Delete
    2. diramaikan + dimakmurkan hehe

      Delete
    3. benar mbak, dimulai dari para pemuda lebih bagus :D

      Delete
  3. jauh...
    bisa sejam perjalanan pake mobil dari sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh...berarti harus bikin mesjid tuh sekitaran situh om

      Delete
    2. yang jauh kan masjid, mang...
      kalo mushola sih deket banget.. :D

      Delete
    3. hehehe.. kalo mas rawin sama kang hadi mah sholat nya jamaah teruuus ^^

      Delete
  4. tuh para cowok muslim. renungkaaannn..
    ^^

    ReplyDelete
  5. kalau dlm kitab uqudul lijain, wanita lbh baik solat di dalam rumah..

    ulama fiqh menspesifikkan kembali, kalau wanita cantik hukumnya makruh ke masjid utk mnghindari fitnah

    TAPI..

    kembali lg pd kaidah "innamal a'malu binniyat", maka siapapun yg memiliki niat ahsan utk menghidupkan masjid maka itu lbh baik baginya drpd hrs solat di rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yak setuju banget mbk uswah ..

      Delete
    2. uswah, yoih, makanya dikasih judul untuk para pria ^^

      Delete
  6. wah saya persis tuh,saya memang jarang sholat di masjid sob,namun untuk sholat lima waktu saya melakukannya.

    ReplyDelete
  7. eee yo emboh,, masih susah jamaah di masjid

    ReplyDelete
  8. hayo hayooo seberapa jauh? Hehehe

    ReplyDelete
  9. gak ada masjid di sini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari suaka politik dong

      Delete
    2. weh, di mana tuh kang pacul?

      pak zach, iya, buat proposal trus ajuin ke aleg2 di DPRD.

      Delete
  10. ngejleeb -_-
    kena kritik nih saya -_-

    ReplyDelete
  11. request buat yang perempuan dunk ka dini hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kalo yg cewek sholatnya di rumah, lebih baik lagi di kamar we.. tapi kalo mau sholat di masjid juga ndapapa :)

      Delete
  12. asyiiik.

    nggak berat koq, selama niat itu ada.
    cuma untuk kasus kang rawin dan kang pacul, emang susah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pak, agree aja rajin ke masjid yak..

      Delete
  13. saya masih taraf lumayan euy...tingkatin ah.

    tengkyu ceu, pencerahannya bikin hati paknyesss deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pertama kalinya dipanggil ceu :p

      iya kang, sama2 yes..

      Delete
  14. makasih bnyak sobat untuk pencerahannya

    ReplyDelete
  15. nggak deket juga nggak jahu. jaraknya sedang-sedang saja..

    ReplyDelete
  16. para pria memang harus merenungkan....

    ReplyDelete
  17. Makanya dari dulu saya mencoba untuk berjamaah ke masjid khususnya maghrib dan subuh. Selain olahraga kaki plus dapat pahala juga.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah, masih nggak nyasar hatinya kalau untuk condong ke masjid :)

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah, kadang emang lebih berat dari pada datang ke tempat lain, sering malah saya itu mutar2 di sekitaran masjid, batin saya pingin ke masjid, tapi malas saya berpikir lain, seakan terjadi perang dalam batin, akhirnya muter muter, tapi alhamdulillah, dimenangkan oleh rindu ke masjid

    ReplyDelete
  20. Buat pria thok ya... Kabuuurrr...

    ReplyDelete

Because sharing is caring