dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Tuesday, 5 March 2013

Goreng, Tumis, Rebus

Beberapa dini hari yang lalu, saya tak bisa tidur, lalu buka tumblr via android. Scrolling beranda, eh, melihat gambar nasi goreng di tumblrnya allaboutindonesia. Dan muncullah pemikiran yang saya tuangkan di akun tumblr saya berikut ini:

Garagara lihat post tumblrnya allaboutindonesia itulah, terlintas di pikiran saya tentang nasi goreng, dan mie goreng.



Siapa ya yang ngasi nama 2 makanan tersebut?

Goreng itu, kalo dalam pikiran saya, adalah proses membuat suatu makanan menjadi crispy, menggunakan minyak yang bisa membuat makanan yang akan diproses menjadi terendam, minimal separohnya lah kalo tak terendam semuanya. Entah kalo ada definisi lain di KBBI ya hehe.

Nah, nasi goreng itu kan dibuatnya tidak digoreng, tapi ditumis, disaute kalo kata orang prancis mah. Pake minyak sedikit, dimasukin bumbu-bumbu, ditambah pelengkap seperti udang/ayam suwir/bakso/sosis, baru deh nasinya masuk. Atau nasinya dulu baru pelengkap, mana aja boleh. Tapi prosesnya bukan proses menggoreng kan kalo kayak gitu?

Bukan, kalo pake definisi menggoreng dari pikiran saya ;p

Tapi agak aneh juga sih kalo disebut nasi tumis :|

Nasi, yang benar-benar nasi lalu digoreng itu, menurut saya adalah kerupuk rengginang. Pun itu nasi yang sudah dijemur. Tapi judulnya tetap nasi. Untuk bisa menikmatinya, nasi yang dijemur tersebut harus digoreng, dan kemudian disebut rengginang, bukan nasi goreng.

Lalu yang kedua, mie goreng. Well, ada beberapa mie yang memang benar-benar melalui proses penggorengan. I once did that. Mie instant direndam air panas, dikasih bawang merah garem dan bawang putih yang sudah dihaluskan, didiamkan, ditiriskan, lalu digoreng. Tapi itu namanya bukan mie goreng.

‘Mie goreng’ yang di iklan-iklan itu prosesnya: direbus/rendam air panas, diamkan sejenak, ditirskan, dikasih bumbu. Lalu disebut mie goreng.

Kenapa tak disebut mie tiris? Jelek ya bunyinya ;p

Yah, demikianlah selintas pikiran saya yang lewat di dini hari ini. Semoga bisa diambil manfaatnya. Dan mari kita menggoreng nasi untuk sarapan pagi nanti, besok, lusa, atau kapan saja.


Apakah hanya saya seorang yang punya pikiran tak penting seperti ini ya?


79 comments:

  1. Replies
    1. Benar juga juga ya. Saya pernah atau sering menggoreng ikan kembung, atau Lele dan matangnya cukup sempurna karena saat saya memggoreng sang Ikan, ikannya "berenang" di kolam minyak di wajah hiehiheieee. Tapi serba salah juga ya mau Goreng pake minyak apa yang sehat ya. Karena nyaris semua merek minyak goreng mengklaim produknya sehat. Biyungggggggg puyenggggggg

      Delete
    2. nah itulah dia kang hahahah

      Delete
  2. halahh, paling nasi gorengnya dimasakin suami aja koq...

    ReplyDelete
    Replies
    1. *memandang pak zach dengan sinis*

      Delete
    2. mas zach pasti ngintip nih waktu pembuatan nasi goreng'nya.. hehehee..

      Delete
    3. bukan hanya ngintip, tapi saya vieo-in

      Delete
    4. pasti sang suami sedang senyum-senyum sendiri karena disebut-sebut oleh bung zachflazz :-)

      Delete
    5. betul betul disebut orang berarti IKLAN, atau Kombis. Itu ada biaya iklannya hiehiehiheiee. Disebut kan iklan juga, hayuuu siapin klepon sama panci heihiehiheiheee

      Delete
    6. saya nyiapin air saja..

      Delete
    7. sekali sebut kena pajak limaribu :p

      Delete
    8. limaribu us daler wkwkwk

      Delete
    9. Bang Aciii..., lagi bikin nasgor yaa? bagii donk..

      Delete
    10. bang aci suaminya ya ^_^ .

      Delete
  3. walaaahh.. pas lagi laper2'nya di hidangin dengan Nasi Goreng kayak gini,, jadi makin laper deh.. :D

    ReplyDelete
  4. wuih mantap enak kelihatannya sob.yami banget..

    ReplyDelete
  5. saiia sukanya.. telornya mateng full :( gpp kan?!?!? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ampuun ngebales komennya dibikin doremi. huhu belum muncul Mbak

      Delete
  6. kalau sayur tumis kan masaknya tidak harus diubek-ubek diobok-obok serta diobrak-abrik apakah hingga kering atau hanya setengah kering seperti masak nasi goreng..makanya namanya tetap nasi goreng...gituloh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa mas, pokoknya namanya harus nasi tumis

      *ngotot* =)))

      Delete
  7. Hihihiii...sumpah menggelitik deh tulisan Mbak Din kali ini. Aku juga suka mempunyai pikiran seperti itu, dan dulu aku pernah membahas tentang salaman hihi.

    Dan yang bikin nggak kuat adalah...Rengginang dan Mie Tiris nya itu lhoooo...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan, jangan2 kita jo..... *sinyal ilang*

      xixixi rengginang itu enak loh. saya suka saya suka.

      Delete
    2. coba tanya mang ruddy
      kalo pake bahasa sunda, dia pasti ga bakalan mau makan nasi goreng..

      Delete
    3. nah iya, apa mas artinya :D

      Delete
  8. Pusing dengan istilah dan proses, ah yang penting hasil akhirnya saja deh dan lebih penting lagi perut bisa kenyang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha sip deeh.. apalah arti sebuah nama cocok diterapkan di sini :D

      Delete
  9. Mie goreng dalam paradigma kita adalah mie yang digoreng dan di oseng oseng dengan menggunakan minyak goreng. Namun dalam tayangan iklan beberapa produk Mie Instant adalah memisahkan mie yang sudah direbus, lalu ditiriskan. Dibuang atau dipisahkan airnya, lalu diaduk aduk dengan bumbu bumbu yang sudah tersedia di kemasan mie instant tersebut.

    Loginya memang ini Mie Tiris. BEnar sekali miss Syahdini menyebutnya. Tapi pihak produk Mie Instant tidak mau tau, mereka jelas menyebutnya "Mie Goreng". Karena secara output atau hasilnya memamg Mie Goreng bentuk jadinya. *bingung khan? Sama saya aja bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa lagi saya, tambah bingung.

      Delete
    2. yang penting halal :D .

      Delete
    3. iya ah kang asep, muter2.. makan mie aja yuk..

      *duduk ngelingker bareng bli + miztia*

      Delete
    4. kita kasih nama: mi goreng paradigma

      Delete
    5. jelas siapa dulu. father of the year.
      Bapak tahun ini. Bang Zachflazzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

      Delete
  10. kalau urang sunda goreng malah artinya jelek ya, nasi dikasih kecap dan temannya-temannya aja mbak din haha tapi jadi panjang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa kak artinya? hihi..

      iya, trus ditambah telor ceplok, dimakan pas lagi laper, weeh sedaaap

      Delete
  11. Hahahaha saya juga gitu kk dini :D,. sempat kepikiran, kenapa mie instan itu disebutnya mi goreng, padahal kan proses dimasaknya direbus. :D

    ReplyDelete
  12. goreng tumis rebus. kurang satu lagi mbak. kukus yang lebum..xixixi

    nyam..nyam..nyam..

    ReplyDelete
  13. goreng, tumis, rebus. ada satu lagi mbak, kukus..hehehe

    ReplyDelete
  14. hahaha ini sih ceritanya ketika nasi goreng dan mie goreng dibahas menjadi sangat detail :D suka deh! hal sederhana yang bisa jadi cerita

    ReplyDelete
  15. waha ada telornya n lengkapn sayur .. masakannya mana mbak :D


    jadi pengen masak nasgor nehh *emang bisa?!* .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudaaah kok kakaak bikinnya :D bisa bisa.

      Delete
  16. Kangkung goreng enak kakak..

    ReplyDelete
  17. Kalau nasi goreng yah jelas enak dimasak menggunakan minyak makan,kalau nasi tumis baru dengar disini nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya saya buat nasi goreng pake mentega..

      Delete
  18. mane gak miss..
    udah namenye dari dulu nasi goreng, kalo di ganti pasti aneh lah, hahaha..

    ha'a, baru tepikir ngape pulak namenye nasi goreng same nasi goreng
    ade tuh miss, mie yang benar2 di goreng, tapi di goreng same telor namenye jadi "omelete mie" bukan "mie goreng" :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha itulah..

      nah kan, aneh kan xixixi

      Delete
  19. jadi lapar lihat gambar nasi gorengnya mbak... :D
    ya aneh kalo diganti jadi nasi tumis sih mbak..
    apa lagi mie tiris... -_-

    ReplyDelete
  20. hahahaa...jadi inget sama bapak yang masak mi goreng pake minyak. minyak dipanasin, terus mi gorengnya dicemplungin, terus telpon ibu'loh, kok minya gosong?'-______-"

    ReplyDelete
  21. Oke, kalo gitu Nasi Basi itu seharusnya dikasi nama Nasi Korban PHP.

    ReplyDelete
  22. wua, ngeliat gambarnya jadi laper nih..
    hmm, tapi bener juga ya kak.. itu nasi kan di tumis.. kok di namain nasi goreng sih? siapa ya penemunya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..

      itulah, saya juga lagi nyari nih hihi

      Delete
  23. hahahah....baru kpikiran gue...
    bner jg mie instan yg namanya mie goreng itu gak di goreng tp direbus...ck..ck..ck...

    ReplyDelete
  24. haha, sampe sgitunya ya mikirin begituan. Yang gue tau, mi goreng paling enak tuh Indomie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren kan, yg kayak gini aja bisa jadi postingan :D

      iya, indomie mang enyaaak

      Delete
  25. haha, sampe dibahas yg begitunya say. udah langsung dimakan ajadeeh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga kepikiran kan mau jadiin tema ini sebagai postingan :D

      Delete
  26. *ngiler* *laparrrrrrrrr....* DINIIIIIIII TANGGUNNNGG JAWAAAAABBBBB!!!!! Harus Traktirrrrrrr Makaaannnn... huhuhuhu.. :'(

    ReplyDelete
  27. GUE MINTA SATU !!! DI PAKETIN PAKE JNE......
    LAPER GUE *kibas rambut*

    ReplyDelete
  28. aaaa masa iya nasi tumis dan mie tiris kak? lucu dengernya hihihihi

    ReplyDelete
  29. ƗƗaƗƗaƗƗa "̮ ƗƗaƗƗaƗƗa "̮
    Sampe segitunya mikirnya, tapi bener juga sih ..

    Mie goreng harusnya disebutnya mie rebus tiris :D

    ReplyDelete
  30. Saya juga sempat berpikir demikian (@,@)/

    Tapi, namanya saja sudah dari sononya ...

    Kalau kendaran naik motor malah nyebutnya naik honda, Padahal tak semua merak itu Honda kan ???.

    Hm ... okelah mulai sekarang NasGor jadi NasMis, MiGor jadi MiRis #eh hehe ... XD

    ReplyDelete
  31. yah,, setuju skali sma mb dini..
    Aku jg sering kpikiran kyak gitu..
    Tpi kayaknya emang dri sononya deh kyak gitu./. Klo ga salah org inggris blng mie goreng jg
    " fried noodle" kan??

    ReplyDelete
  32. yah apapun namanya yang penting enak, halal, dan mengenyangkan kakaaaaaaaak :D

    ReplyDelete
  33. iya tuh, terkadang nama tidak sesuai dengan kondisi

    bangun tidur, masa udah bangu kok dikatain tidur

    ReplyDelete

Because sharing is caring