dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Sunday, 24 March 2013

Alasan untuk Segera Menikah




“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur (24) : 32).



"Dan seorang suami yang memegangi jemari istrinya (dengan penuh kasih sayang) maka berjatuhanlah dosa-dosa dari jemari keduanya." (HR. Abu Sa'id)


A successful marriage requires falling in love many times, always with the same person. (Germaine Greer)


Abdullah Ibnu Mas’ud Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda pada kami: “Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu.” (Muttafaq Alaihi)


Sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa diberi Allah seorang istri yang sholihah, sesungguhnya telah ditolong separoh agamanya. Dan hendaklah bertaqwa kepada Allah separoh lainnya.” (HR. Baihaqi).


Anas Ibnu Malik Radliyallaahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan kami berkeluarga dan sangat melarang kami membujang. Beliau bersabda: “Nikahilah perempuan yang subur dan penyayang, sebab dengan jumlahmu yang banyak aku akan berbangga di hadapan para Nabi pada hari kiamat.” (HR.Ahmad)


“Tiga golongan yang berhak ditolong oleh Allah : a. Orang yang berjihad / berperang di jalan Allah. b. Budak yang menebus dirinya dari tuannya. c. Pemuda / i yang menikah karena mau menjauhkan dirinya dari yang haram.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Hakim)

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bila mendoakan seseorang yang nikah, beliau bersabda: “Semoga Allah memberkahimu dan menetapkan berkah atasmu, serta mengumpulkan engkau berdua dalam kebaikan.” (Riwayat Ahmad dan Imam Empat. Hadits shahih menurut Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)

Nyomot dari Wedding Blog. Waktu itu dipost dalam rangka memotivasi diri agar semakin yakin dengan langkah dan pilihan yang telah kami pilih :)

Jadi, untuk yang belum menikah, semoga kian mantap untuk segera menikah, biar tenang karena sudah halal, gituu. Jika belum tau akan menikah dengan siapa, mudah-mudahan Allah segerakan jodohnya. Sedangkan untuk yang sudah menikah, semoga ayat, hadits, dan kutipan di atas menambah harmonis kehidupan rumah tangga ^^


100 comments:

  1. kebetulan udah nikah, yah buat refresh diri dan memurnikan niat akan tujuan menikah yah, jazakillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya PERTAMAX berhasil diraih dengan gemilang oleh Mas MMuro'i El-Barezy alahmak susah benar menyebutnya hiheiheiheiheiheiee

      Delete
    2. yeaaay hidup bang muroiiii

      Delete
  2. berhubung masih kuliah , menikahnya di pending dulu..hahaa
    dan juga nih masih belum tau dengan siapa, doain y mbak biar dpt jdoh yg sholehah :D
    Amiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jadi ingat rekan saya , adik tingkat, yang sudah memutuskan MENIKAH saat berstatus sebaga Mahasiswa/mahasiswi. Menikah MUDA juga baik loh karena kelak anak anak yang dilahirkannya akan tampak sama MUDA dengan ibundanya.

      Jangan heran kalau ada di Mall Mall Anak dan Ibu yang terlihat sama sama muda. DIkiranya ADIK dan KAKAK, ternyata itu adalah Anak dan Mamahnya. Nah fenomena apa ini? Menikah MUDA juga ada baiknya

      Delete
    2. sama kang, teman saya juga ada yg sama2 berstatus mahasiswa, sudah menikah :D

      fenomena yg keren banget kang..

      Delete
  3. aaahhhh..... Mbak Diniiii.....
    mbak dini bikin aku jadi kepengeennnn, cuman harus aku tunda dulu karena aku belum punya pekerjaan tetap.
    hikss.. hiksss....

    tapi biarkan aku menikmati masa indah pacaranku dengan dirinya dulu yaah...
    hehehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sengaja, biar yg belum makin ingin :p

      Delete
    2. @A.Y.Indrayana : Karena belum punya pekerjaan tetap? Ini menarik juga hieieiehiheiee. Konon rezeki itu ada saja muncul dari sumber yang tidak terduga jika sudah menikah.

      Rezeki itu ada saja datangnya jika sudah bestatus Suami Istri. Sudah banyak buktinya, dan Miss Syahdini sudah mengalami banyaknya rezeki yang mengalir dari sumber yang tidak terduga setelah beliau menikah.

      Jangan takut menjadi MISKIN hanya karena Menikah. Allah SWT Maha Luas Rezekinya. Insya Allah dengan MENIKAH , pintu rezeki di langit akan dibuka selebar lebarnya oleh ALlah SWT

      Delete
    3. tuh mas indra, denger kata kang aseeep

      Delete
  4. eehhh, mbak...
    saya ketigax apa keempatx yak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keberapa aja boleeeeh hihihi

      Delete
  5. Berhubung bocil masih sekolah dan belum nemuin yang soleh jadi nikahnya di pending dulu umi sampe ada yang ngelamar. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga dapat yg sholih yah acil ^^

      Delete
    2. Konon dalam hadis yang saya baca. Entah ini hadis lemah atau apa. Ada 3 hal yang harus DISEGERAKAN , yakni 1). Jika Sudah datang waktu Sholat, 2). Jika Mayat yang meninggal, sudah harus segera dikuburkan, dan 3) Ketika ada pemuda yang melamar. Benarkah hadis ini kuat? Atau Lemah?

      Delete
    3. shohih kang, ada saya kutip juga itu di atas :D

      Delete
    4. Horeeeeeeeee Jingkrak guling guling nyebur ke kolam ikan.

      Delete
  6. Dengan menikah perjuangan hidup akan terasa lebih lengkap.Hidup terasa semakin sempurna, karena adanya kasih sayang. Memberi dan menerima. Menikah termasuk ibadah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang bilang "Sendirian juga enak", Oh ya betul tidak apa, Setiap oranG berhak untuk hidupnya sendiri. Sendiri atau berdua karena Menikah tentu ada SUKA dan DUKA nya. Pengalaman saya menikah sampai dikaruniai oleh sepasang putra putri ini, MENIKAH lebih banyak enaknya. Hiehieiheiheiheiee.

      Mau tau? ada deeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeehhh

      Delete
    2. nikah itu: 1% enak.. sisanya? enak bangeeeet wkwkwk

      Delete
    3. Bwakakakakakakakkakaaaaaaaaaaaaaa

      Delete
  7. oooo jadi gara gara tulisan ini m'ba dinikainya? jadi intinya ngga cinta cinta banget awalnya(baca: ragu)gituh y?

    #cling...menghilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. tangkap pake botol nih yang baru ngecling, bikin komen nggak tanggung jawab banget

      Delete
    2. Nah nah terus botolnya hanyutin ke selokan nih.

      Delete
    3. botol yang kanyut diambil oleh m'ba dini...

      Delete
    4. woooiiii *sundut 1-1*

      kang hadi, xixixi yakin dooong.. diposting kan biar makin yakin dan mantap kang, ternyata pilihan saya tepaaat \^.^/

      pak zach + bang uzay, botolnya tak lempar ke laut lagi..

      Delete
  8. Replies
    1. hmmm yee keeeh guuuus *sambil jeling sinis*

      Delete
  9. sy blum mau nikah kk dini, soalnya ga tau mau nikah ama sypa. Hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kpk banyak pemuda hebat loh

      Delete
    2. Waaaah bang zach masa masih mau mencalonkan diri sih bang.

      Delete
    3. mas rudy, mana mas rudy..

      Delete
    4. Kayak dalam cerita film berjudul "serendipity" yang dibintangi John Cussack itu kalau nda salah. Sudah nonton filmnya? Kita tidak pernah tau dengan siapa kelak kita akan berjodoh

      Delete
    5. oh ya? belom nonton saya kang.

      Delete
    6. Sama. Saya juga belon.
      La itu saya tau dari cerita sinopsisnya aja kok

      *kaburrrrrrrrr

      Delete
  10. Allah masih menyebunyikan siapa lelaki itu eh, hehe..
    smoga dengan waktu yang masih belum tertebak untuk ttep istiqomah dan menjadi lebih baik dan Alloh sudah menggariskan seblum kita terlahir di dunia maslah jodoh, rezeki, dan kematian.
    Allohu Akbar, semoga di segerakan.

    ReplyDelete
  11. alasanku nikah dulu apa ya..?
    kayaknya sih lebih dominan unsur kebeletnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebelet mau manjat ya mas Rawins?
      Manjat Tower beda ya sama manjat yang dirumah

      Delete
  12. bang aci terlihat mantap dalam alasan. cap jempol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah berarti saya harus belajar dari bang aci ya?

      Delete
    2. bang aci nomor dua setelah peringkat pertama, saya.

      Delete
    3. heh, peringkat pertama dari manaaa...

      gak kok bang uzay, bang aci tetep peringkat pertama ^^

      Delete
    4. Bang Uzay nggak terima juga, karena Bang Uzay berpendapat dialah peringkat pertama, saya kedua, dan Bang Aci ketigaaa...puluh.

      Delete
    5. saya yang keberapa donkkkkkkkkkkkk

      Delete
    6. *siram2in tepung terigu*

      Delete
  13. hmm :), kalau dianya belum datang, lagi otw kali ya. Husnuzhan aja deh sama Allah. Ini waktu yang tepat untuk memperbaiki kekurangan diri dan senantiasa mengupgrade kualitas diri. semoga semakin sakinah, mawaddah, wa rahmah ya buat kak dini and bang aci

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoih we, kan jodoh ndak bakalan ketukar ^^

      aamiin ya rabb, makasih dewe :)

      Delete
  14. postingan ini juga tadi ada di Trans 7 di acara mozaik islam...

    Menikahlah, setelah itu kamu akan merasakan perbedaannya :D





    @salam kenal dari saya di http://faridwajdi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tadi dikasih tau temen juga di twitter.. padahal ini postingan sejak desember 2008 hehe..

      iyuuup ^^

      Delete
  15. hehe.. sedang berjuang, (`_`)9

    ReplyDelete
  16. aah.....jadi pengin nikah



    eh udah ding..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah Kang Pacul ini potret yang berlawanan sama Bang Aci.
      jadi belum level buat dibandingkan dengan Bang Aci, apalagi saya.
      wkwkwkw..

      Delete
    2. Apa lagi saya. Makan Bubur Ayam aja belapotan. Mau nyaingin Bang ACI. Mendingan saya nyebur ke laut hiehiheiheihee

      Delete
    3. bukannya cowok itu gak suka ya kalo dibanding2in? *bijak*

      Delete
    4. Hayoo siapa di sini yang aseli COWOK?

      Delete
  17. Jadi refrensi juga ini mbak bagi yang belum menikah :)

    ReplyDelete
  18. Betul gan, cz nikah itu bukti keseriusan CINTA... klo belum nikah (pacaran), maka masih bs disebut dengan PHP... :D

    btw, salam kenal ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihhihi iya deh :p

      salam kenal jugaaa

      Delete
    2. PHP itu yang diajarkan waktu SMP ya. Yang buku depannya gambar Burung Garuda kan ya

      Delete
  19. betul,yang merasa sudah mapan,mantap akan keputusan untukbertanggung jawab.silahkan menikahlah ya sob,dari pada pacaran banyak maksiatnya,mending nikah saja.ayo nikah di KUA

    ReplyDelete
    Replies
    1. yooo dengerin nih kata mas zigzoor ^^

      Delete
  20. nunggu Michael Buble versi Sholeh mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe teteuup ya dita.

      Delete
    2. ini mba DheeT-A temen MIZZA nya Miss Syahdini kah? hieieheiheiee kalau benar keren lah saya. Saya masih ingat artikel MIZZA (mamam Pizza) nya miss Syahdini dulu bangedsssssssssss

      Delete
    3. waaah kang asep masih inget istilah mizza xixixi..

      tapi ini dita yg laen kang.. dita yg temen saya udah punya anak :D

      Delete
    4. tetoooooooooooot anda salah

      Delete
  21. hihihi :D
    keren mam..
    tapi kapan ya mam hehe :D
    mikir sekolah aja dulu fikri mam hehe sekalian kalau ketemu dijalan yang bisa bikin merasa tenteram, dan dijadikan-Nya di antaranya rasa kasih dan sayang.. hhe kan plus+plus

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalo udah akan segera, bekabar yeee fikri hihihi

      Delete
    2. hhhe :D
      iya insyaallah nnti diantar lewat pos mam hhe :D

      Delete
  22. Menyegerakan MENIKAH tidak sama dengan TERGESA GESA Menikah. Ini memang persoalan yang sensitif untuk kaum Akhwat. Berbagai tulisan di media lain, baik internet, media blog dan juga situs sudah banyak di bahas persoalan MENIKAH khusunya bagi kaum wanita atau Akhwat. Banyak yang "tidak terima" dikatakan "tidak laku" dan atau dikatakan "terlalu selektif".

    Setiap orang baik PRIA dan WANITA punya alasan sendiri mengapa BELUM MENIKAH, menunda Menikah atau tidak mau Menikah lagi bagi yang sudah bestattus DUDA atau Janda. Apa pun alasan mereka adalah HAK mereka sendiri, yang resiko dan konsekuensinya ditanggung oleh mereka sendiri.

    Satu hal yang pasti, TIDAK ADA YANG SEMPURNA di atas dunia ini. Mengajukan syarat dan kriteria untuk menjadi pasangan seumur hidup (MENIKAH) juga baik namanya juga ikhtiar. Namun jangan sampai karena KRITERIA itu akhirnya tidak juga segera menikah. Sedangkan Usia dan UMUR semakin bergerak maju, dan waktu sangat berharga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoih kang.. ada yang nulis: Akhwat itu butuh kepastian, sedangkan ikhwan perlu kesiapan hehehe..

      sangat bijak sekali komentar kang asep.. semoga para muda mudi yang membaca ini makin terinspirasi dan makin dimudahkan Allah untuk segera menikah. aamiin.

      Delete
  23. Bagi yang sudah punya calon, sudah tidak ada alasan lagi untuk menunda neh.... Sungguh, betapa indahnya menikah itu!

    ReplyDelete
  24. Waa, sy suka postingan kyk gini.
    manas-manasin anak muda banget.
    ayoo yg sudah siap jgn ditunda-tunda lagiiii!! *eh
    (komen menggebu-gebu)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. ayooo segerakaaan :D

      Delete
  25. nunggu nyelesaiin kuliah dulu dong....

    silahkan yg udah mantep mau nikah, nikah duluan, entar kalo acara pengantinan jgn lupa makan2nya *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nti kalo dah kelar kuliah, langsung nikah yaa..

      Delete
  26. masih nunggu jodoh, kalo niat sih pengennya pas dapet kerja langsung lamar. eh tapi ada gak ya yang mau???

    sekarang dah mau lulus nguli. hihi

    ReplyDelete

Because sharing is caring