dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Monday, 21 January 2013

Mari Membuat Kelepon

Orang Indonesia, kalo belom pernah makan kelepon itu gimana ya, agak-agak kurang kece kalo menurut saya mueheuehehe. 

Yep. Kelepon is one of Indonesian traditional snacks. Eh, snacks apa cake ya? Pokoknya makanan deh hehe. Sensasi makan kelepon itu, nyesss. Begitu digigit, duarrr, meledak lah gula merah dalam mulut. Nyam nyamm.

Kalo makannya sih, semua bisa. Kalo bikinnya? Yakin deh, semua juga pasti bisa asalkan mau :D Saya aja yang tak jago masak bisa loh bikinnya hihihi. Nih buktinya.

Home-Made Kelepon
Ingin coba membuat juga? Mudah kok :)

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 250 gr   Tepung Ketan Putih
  • 50   gr    Tepung Beras
  • Gula Merah Secukupnya (diiris tipis/disisir halus utk isian)
  • ½  bt Kelapa (pilih yang tidak terlalu tua)
  • Air secukupnya
  • Garam
  • air daun suji/ pewarna makanan hijau, pink juga boleh kalo mau kleponnya warna pink hehe


Cara Membuat:


  • Siapkan kelapa parut, taburi garam ½ sdt, lalu dikukus sekitar 30mnt- 1jam.
  • Adonan klepon: Tepung Ketan putih, Tepung beras, ½ sdt garam, dicampur menjadi satu. Kemudian   tambahkan (+/- 300 cc) air larutan daun suji/ air yang sudah ditambahkan pewarna  sedikit demi sedikit, uleni sampai adonan tercampur rata dan kalis.
  • Proses membuat klepon: Ambil sedikit adonan, bentuk bentuk bulat lalu pipihkan, isi tengahnya dengan gula merah. Bulatkan. Lakukan hingga adonan habis.
  • Proses merebus dan finishing: Rebus air hingga mendidih, masukan klepon yang telah dibulat-bulat. Tunggu hingga klepon mengambang ke permukaan air. Ini tandanya klepon sudah masak. Angkat, tiriskan. Gulingkan klepon diatas parutan kelapa. Klepon siap disajikan.


Hasilnya sekitar 50-60 kelepon. Klepon ini spesial buat Mas Rudy dan Mas Indra yang udah bikinin saya typography dan vectography butterfly :3 *lirik-lirik member KPK yang lain terutama Pak Zach :p*

Oke deh, selamat membuat kelepon. Dan untuk yang sedang shaum, selamat berbuka puasa dengan menu kelepon :D


199 comments:

  1. enak ni..di sini itu dibilang kueh puteri mandi.
    Paling senang dibuat tu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau disini kue itu gak diperbolehin beredar di pasaran mpok...
      bolehnya di toilet wanita ajaa
      hahaha.... :D

      Delete
    2. @Kak Jue, uwoww, kue sama beda nama ya kak :D

      @mas indra, mana ada puteri mandi di toilet masss.. puteri sih mandinya di kamar mandi pake bathub siang2, sadaaap..

      Delete
    3. kalo putera mandi, baru tuh di laut atau di kubangan juga OK

      Delete
    4. hahah iya tu benaran nama nya puteri mandi...

      Delete
    5. @pak zach, putera siapa pak yg mau mandi di kubangan? :|

      @kak jue, hehehe nama yg elegan untuk sebuah kue ya kak.

      Delete
    6. Lagi bicarain apa sih?

      Delete
    7. ngomongin kubangan :|

      Delete
    8. Iehieehiehihe wah telat sih. Soale baru kelar edit artikel untuk lomba kontes blog bertema air. Hiehiehiee. Wah wah saya sudah duga ini Klepon Bang Zachflazz akhirnya hadir di sini hiehiheihiee. Wowwww miss Syahdini sudah pasang widget (Banner/logo) KPK hiheiheie. Mangcapssssssssssssss

      Delete
    9. Yang saya tau untruk eh untuk nama kue adanya "Puteri Malu" hiehiheiee

      Delete
    10. waaah kang asep fill the day with kontes haha.. iya kang, kemaren ade yg suruh pasang :p

      itu bukan nama tanaman kah kang puteri malu? xixi

      Delete
  2. kelepon kesukaanku..sekarang ga tahu entah kemana tuh kelepon, mending buat sendiri yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempatku msh banyak mas,..ntar tak kirim sak grobak2'e yaa :p

      Delete
    2. @bang muroi, yoi bang, jangan minta bikinin istri terus ya :p

      @kak ci, udah kayak kang asep aja makan kelepon sampe segerobak mbak :p

      Delete
    3. kalo di Jakarta, di Pasar senen, sisa pasar subuh masih banyak

      Delete
    4. nah, ini ahlinya belanja kelepon nih.

      Delete
    5. Pasti Mas Zach belanjanya sambil julur-julur lidah tuh! :p

      Delete
    6. mas rudy aja komen sambil julur2 lidah tuh :p *ikut julurin*

      Delete
    7. ko' senengane melet...

      Delete
    8. Perlu ada terobosan rasa. Penciptaan rasa baru Klepon yang layak dicoba. Klepon isi ayam. Klepon isi nanas. Atau klepon isi pare. Klepon Isi jagung. Klepon isi kopi. Klepon isi madu. Apa aja deh diversifikasi.

      Soal bentuk klepon juga tidak harus bulat. Bentuk Lonjong kaya terong juga boleh. Klepon dalam tablet, pasta , klepon mentega , klepon kemasan sachet, dan juga klepon bubuk. Nah itu ide bisnis baru

      Delete
    9. @mas stiawan, hahaha.. :p *melet lagi

      @kang asep, brilliant idea! berarti bikin keleponnya harus pake cetakan biar bisa bentuk lain.. agak susye soalnya adonannya kan lembut.. diisi pare, paiiiit..

      klepon bubuk, haduh x_x

      Delete
  3. klepon memang asyik disantap saat hangat-hangatnya, dan sering juga pada saat acara muda-mudi di tempat saya, klepon di isi cabe rawit secara acak...jadi pas ada sial dan mendapatkan langsung dech mukanya meringis menahan pedas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, kalo masih hangat, beuuh sadap betul.. waduh, klepon isi cabe? baru dengar saya mas yanto hahaha

      Delete
    2. klepon isi tongkol lebih enak

      Delete
    3. yassalam kayak mana lagi itu

      Delete
    4. Kelepon isi kupon...

      #spektakuler

      Delete
    5. hadiahnya Tiket Pesawat Jakarta - Kutub Utara pulang pergi

      Delete
  4. waaah..kemaren2 aku nyari resep bikin klepon,eh mbak nulis resep klepon..hehehhee...makasih ya mbak resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hieieie pahadal eh padahal saya berharap artikel klepon ini dbuat khusus oleh Bang Zachflazz. Tapi sudah diwakili oleh miss Syahdini tentang klepon.

      Untruk eh untuk urusan yang satu ini, Miss Syahdini lebih "klepon" dari bang Zachflazz. Hiheiheehiheieiheiheie

      Delete
    2. huahahaha.. pas liat draft hp, eh ada nyimpan resep klepon dan pernah buat.. ya sudah, di publish deh..

      Delete
  5. sy prnh bikin klepon, tp warnany ga ijo, ada merah, kuning, biru, dll. jadilah rainbow kelepon, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ijo...
      kalo meletus tar hatiku sangat kacaw...

      Delete
    2. sisanya pegang erat2 :D

      Delete
    3. @kak sun, iyaya sekarang pewarna lengkaaap warnanya.. dulu nyari yg biru mah susah..

      @mas raw, hatsah :p

      @mbak ci, jgn kelewat erat tar bocor kak keleponnya *padahal megang balon*

      Delete
    4. yang ungu metamorfosis jadi kupu

      Delete
    5. NAH! Tumben bener pak mendefinisikan ungu :p

      Delete
    6. Akh Mas Zach, kenapa gak bilang metamorfosis dari Terong?

      Delete
    7. yang ungu ini ulet Mas, lebih biang dari terong

      Delete
    8. Mas Rawins, itu pasti klepon warna hijau ya yang meletus

      Delete
    9. aku gak dipanggil ya..?

      Delete
  6. kue yang akan terasa lebih mantap kalo dibuatkan orang lain daripada buat sendiri (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget deh sama mas dewanggo....ehehehehe

      Delete
    2. @dewangga, eaaaak dasar lelakiii

      @moti, sama aja hihi

      Delete
    3. Klepon yang muantafsss dan uenak adalah klepon gratis hiehiheiehiee

      Delete
  7. Wawww nice recipe nich.. Kelepon..salah 1 jajanan pasar yg kusuka! Aku copas ya? Copas di kertas..mau praktek. ƗƗϱ•ƗƗϱ•ƗƗϱ

    Kemarin aku buat soto sokaraja lho mbak:

    http://inarakhmawati.blogspot.com/2013/01/soto-sokaraja-sajian-soto-khas-banyumas.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. disilakeun kak Ina ^^

      oh yaa? asiiik makan sotoo.

      Delete
  8. Aku sukaaa Kelepon... tapi kalo suruh bikin, males ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. una telepon juga diembat...

      Delete
    2. @una, ah una kayak cowok aja :p

      @mas raw, saya juga embat mas kalo telepon *ehh

      Delete
    3. emang ada telepon terbuat dari klepon?

      Delete
    4. *hela nafas panjang banget*

      Delete
    5. Gak papa, ketimbang kaya cewek lebi serem :p

      Delete
    6. Huwakakak bener juga ;p

      Delete
    7. una kan kaya sondesip...

      Delete
  9. wah. mau nyicip mau nyicip~

    masih ada sisanya ga? #plak

    salam kenal. salam sahabat BE. ^^

    ReplyDelete
  10. Klepon ini salah satu jajan pasar kesukaan saya

    ReplyDelete
  11. saya bisa mbak buatnya, kue favorit nih, kalo beli di luar udah agak susah nemunya, cuma ada di pasar tradisional...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kereeen, ini baru cowok mantap :D

      Delete
  12. baca postingan ini, tiba" bikin perut saya laparrr..hehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo lapar makan, jgn cuma diliatin :D

      Delete
    2. @rara, ayo dibikin ra :D

      @mbak ci, nah solusi yg sangat solutif muehuehe

      Delete
  13. mbak...kalo ditempatku klepon ini biasa disebut buah melake... hehehe...
    enak nihh mbak..apa lagi kalo yang bikin mama ku... jd kangenn... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. woww, love to know that Rita :D

      iya ta, enak banget, apalagi kalo lagi laper hehe.. ayo ta, dicoba bikin keleponnya :)

      Delete
    2. iyya mbak...pernah bantu2 bikin sihh mbak...hehehe...
      kalo aku pulkam..mama selalu bikinin ini buat aku mbak...

      Delete
    3. kyaa, nice moment ya iitu pasti ^^

      Delete
  14. asli baru tadi pagi saiia nyoba satu di rumah... tapi buru2 harus lalngsung berangkat :) heheheheh

    ReplyDelete
  15. mas rudy sama mas indra nggak mau klepon tuh, katanya dikasihkan ke saya, muehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. ocha bisa aja

      Delete
    2. tapi nggak bisa bikinnya

      Delete
    3. Kleponnya dibawa sama Ocha semua?. Ya sudah, aku bawa pulang Ocha aja deh!

      Delete
  16. Kue di Makassar disebut "Kanre Jawa", (mungkin) namanya didaerah kami "Onde-onde", nama daerahnya.

    hehe, ku juga bisa buat kue itu kak! maklumlah aku orang yang menjaga dan melestarikan tradisi.
    tradisi belajar : melatih mental, amal sholeh dan nalar
    tradisi budaya : kekeluargaan, saling mengingatkan, menyapa, siri' na pacce
    tradisi adat : kue-kue tradisional khas daerah (cita rasa), pakaian dll.
    termasuk etika bergaul, tapi ku juga cenderung bergeser oleh wabah multikulturalisme.

    aku Follow blognya yah kak! oke banget soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. woww, I am so amazed! ternyata ada banyak versi nama ya dari kue ini hehehe..

      muantap mas harisss, lanjutkan!

      hehe, oke, thanks a lot to follow :)

      Delete
  17. eya... kelepon itu yang dalemannya bisa nyeplosin gula itu kan.. tadi malem dikasih kelepon, tapi karena saya baik hati dan tidak sombong, keleponnya tak kasihin semut aja *kekenyangan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoih zim.. ckckck baikhati sekali kamu zim.. semoga ntar di akhirat semutnya jadi salah 1 penolong kamu ya zim..

      Delete
    2. Aminn... Semoga saja yang habis nulis n buat kelepon ngirimin keleponnya ke alamat saya

      Delete
    3. *brb antar kelepon*

      oh, nyangkut di kurirnya zim :(

      Delete
    4. dipancong kurir pasti kuenya

      Delete
  18. ahahahaha
    mb
    just read

    yang buat orang lain aja
    I sih maunyaa eating2

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini kopsus, kita makan klepon pake kopi susu :D

      Delete
  19. jangankan kelepon
    keleleppun aku pernah kok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak heran mas raw, gak heraaaan..

      Delete
    2. emang ada yang nanya?

      Delete
    3. *tambahi kunang2 biar terang*

      Delete
    4. kemudian hati yang bicara...

      Delete
    5. *krik krik

      lalu ke KUA

      Delete
  20. kelepon I love you.......
    Makanan yang penuh sensasi....
    Mau nyoba buat sendiri pake resepnya mbak dini......

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiiiik.. nti klo dah jadi posting di blog ya bek..

      Delete
  21. Kalau orang daerah kami bilang,..
    Ini namanya onde onde,..
    Hhe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooh, kalo onde-onde di sini yg isinya kacang sama diselimutin wijen mas :D

      Delete
  22. aku save ah resepnya..
    ngak papa kan? :)
    klepon ini kue kesukaanku..
    pernah waktu itu ngebuat, tapi gagal..
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh bangeeet sayang.. ini dipost supaya pada bikin hehehe..

      waaah, semoga coba2 yg kali ini sakseis yah gin :D

      Delete
  23. Mbak Dini nomor keleponnya brp? *Ehh :D hehehe

    Makan kelepon itu mmg sensasinya beuhh, pas digigit gula merahnya langsung meluber ke mana-mana *yang jelas masih dalam area mulut mbak :D hahaha

    Jangan lupa keleponnya dikirim ke tempat saya ya Mbak Dini, hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahahaha :p

      bangeeet, itulah serunya makan kelepon. Siniii, kita makan kelepon bareng2 :D

      Delete
    2. Sepiring berdua sama aku dong!

      Delete
    3. modus part 2 detected!

      Delete
    4. @Mbak Dini : huhuhu jauh Mbak :( :D.. Klo Mas Rudy mah bukan modus part 2 lagi, tapi usaha part 4 :D hahaha

      @Mas Rudy : Iya mas, tapi masnya piringnya aja ya, kleponnya buat saya semuanya :D :P xixi

      Delete
    5. Semua blogger lajang dimodusinnn sama dia :)))

      Delete
  24. koq ga ungu yaa warna kleponnya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, ga kepikiran mbak ci mau diwarnain ungu.. nanti deh kalo bikin lagi dikasih warna ungu :D

      Delete
  25. aaaakkkkk........... aaaaaakkkkkkk...........


    aaaakkkkk........... aaaaaakkkkkkk...........


    bentar bentar mbak, minum aer dulu..



    aaaakkkkk........... aaaaaakkkkkkk...........


    aaaakkkkk........... aaaaaakkkkkkk...........




    makasiiiihhhh mbak diniiiiiiii..................
    aaaakkkkk........... aaaaaakkkkkkk...........
    *kegirangan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. #nodorin es teh manis anget

      Delete
    2. *nambahin es teh manis angetnya dengan pisang goreng rebus.*

      Delete
    3. jus ulet. sebelum jadi kupu.

      Delete
  26. terkahir makan kue ini taun lalu deh... jadi pingin -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin yip.. bikin beneran, jgn yg fiksi :p

      Delete
  27. Wiw ..miss let's make it .. :D ..
    *drooling .. :D ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, let's make it in next KEy program :D

      Delete
  28. kalo gigit keleponnya setengah,, isinya bisa muncrat kemana-mana.. berhati-hatilah.. wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa makannya jg perlu pake celemek...hihihi

      Delete
    2. hahaha.. perlu mbak kalo yg makannya kang asep sih :p

      Delete
  29. enaknya klepon..jarang saya dapatkan di Semarang kalau daerah asal cilacap banyak nih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada bahan2nya, tinggal bikin mas ferry :D

      Delete
  30. bener gak sih kalo klepon di jakarta itu namanya onde-onde ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, berhubung saya bukan orang jekardah jadi saya ga tau hehe

      Delete
  31. wong mas rudy sama mas indra nggak suka klepon koq dipaksa dikasih klepon sih? sementara yang jelas-jelas anggota klepon mania, dicuekin. tegaa.. tegaa... manas-manasin.. manas-manasin.. gitu..

    kan jadinya saya jadi nafsu banget pengin klepon kan sekarang.
    terus gimana coba? beneran ntar malem saya mau gerilya di toko kue deh. biarin juga nggak dikasih disini, mau nyari sendiri. weeekk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari klepon edisi limited pak...*kakean tutul klopo ndak krawiten...hiii...ono ceng utik2...hiiii...*mlipir :D

      Delete
    2. @pak zach, mas indranya kegirangan gitu kok ya dipaksa.. muehuehue selamat hunting kelepon limited edition

      @mbak ci, edisi limited itu yg diameternya raksasa ya mbak?

      Delete
    3. Klepon Limited Edition?, pasti ada gambar MAS zACH NYA DISANA!

      Delete
  32. wah teringan masa kecil saya sobat.. dulu waktu saya ke jawa, saya selalu di buatin klepon sama nenek saya,, dan sampai sekarang saya nggak bisa nglupain hal indah itu..

    makasih nih sob sudah mengingatkan atau membuat saya kangen sama klepon,,hmmm top markotop marolocodot hahahahaha

    ReplyDelete
  33. tau nggak kak, pertama kali aku nyobain kelepon kan, pas ada even Pekan Olahraga di sekolha. di sana ada yang jual kelepon gitu.. eh, sayangnya belum pernah makan lagi masa semenjak itu...
    jadi ini postnya bagus banget buat tuntunan eksperimen aku nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, siip deh aini kalo begitu. selamat bereksperimen :D

      Delete
  34. itu namanya klepon ya.. saya baru ingatm didalamnya gula jawa kan :D
    .

    ReplyDelete
  35. klo di daerah sulawesi tengah namanya onde-onde

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwoow.. di sini onde2 bulet tapi isinya gula merah :)

      Delete
  36. nyam..nyam... sekali gigit, langsung lumer tuh gula jawa di dalemnya, hmmm

    ReplyDelete
  37. mgkn di Makassar disebut onde-onde, unik jg dsana dkasi nama telepon heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, udah 3 orang yg bilang ini namanya onde2.. kelepon akh kelepooon pake k *garuk2 dahi*

      Delete
    2. mbak dini, terima kodrat kalo di sana memang namanya onde-onde. kalo di betawi ondel-ondel

      Delete
    3. haahh telepon =__________= .

      Delete
    4. @pak zach, iya pak.. saya udah ridho kalo kelepon itu di makassar onde2 pak.. bukan kupu2 :|

      @tia, halooo

      Delete
  38. sila dinikmati. sambil seserup teh hangat menikmati genangan air di depan rumah makin sahdu

    ReplyDelete
  39. aaaaaaak...ohok ohok ohok...

    aaaaaaak...ohok ohok ohok...

    #minum

    aaaaaaak...ohok ohok ohok...

    aaaaaaak...ohok ohok ohok...

    #makan

    aaaaaaak...ohok ohok ohok...

    aaaaaaak...ohok ohok ohok...

    #bobo'

    aaaaaaak....g'dubrak

    #amnesia

    aku dimana?, kamu siapa?

    #uyel-uyel Klepon



    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa kalian begitu kreatif menggambar tapi tidak kreatif berekspresi? *elap keringet*

      dan kenapa makanan diuyel2? ._.

      Delete
    2. itu namanya mabok klepon
      ngeri kan?

      Delete
  40. Hehe.. katanya kelepon juga bisa nyembuhin bisul..
    Ntar tak praktekin resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah? baru denger saya hahaha.. oke silakan.

      Delete
    2. kalo dicampur salep kali?

      Delete
  41. wah namanya dipontianak Klepon juga ya? di Jawa namanya juga klepon ygdan di jawa timur yang paling terkenal dari probolinggo

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? awww jadi pengen cobain klepon probolinggo deh..

      Delete
  42. Mbak, delivery ke rumah 1 porsii dong,,
    Udah lama banget nih kga makan yang beginian .. -_-

    Buat sendiri ?
    Huwaaaaaaaaaaheeeeeemm .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixixi, iya deh dianterin, via e-mail ya :p

      Delete
  43. ya ampun mbak tau aja deh kalo saya suka klepon hehe.
    mau coba ah buat sendiri, biar jadi calon **** yang baik hahahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaaaak, ISTRI, tuh saya tulisin :p

      Delete
  44. besok aku bikin kelepon ah hehehe

    makasih ya resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ookee.. selamat bereksperimen ^^

      Delete
  45. subhanallah kangeennn =) inget tetangga sebelah jualan ini, ngeliat cara masaknya n wanginya hmmm pls follow n tq for komen

    www.indogeria.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. pollbek juga yo..

      http://blog.nakusan.com

      Delete
    2. @raini, sudah di folbek.. ^^

      @mas stiawan, udah :p

      Delete
  46. kurang lengkap kalau gak ada cenil. coba ada cenilnya, pasti makyusss...

    ReplyDelete
  47. mbak, kok kelepon nya g bisa di ambil ya *ngilap iler*

    follow ane ya mbak ^_^

    http://omebob.blogspot.com/

    ReplyDelete
  48. beeeeh, bagi-bagilah kak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat sorang lah nu, minta buatkan die tu :p

      Delete
  49. Mantep nih kleponya
    ternyata buat klepon tidak sulit-sulit amat ya

    ReplyDelete
  50. mauuuuu, aaaa aku suka banget kelepon tapi ga pinter masak huuhuu :'(

    ReplyDelete
  51. ooo...itu dipanggil kelepon ya? kalau di malaysia kih ini dipanggil onde-onde..tapi KY kurang gemar kuih ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak di Makassar ya kak hehe.. coba maen ke Pontianak kak, siapa tau jadi gemar rase kue ni :D

      Delete
  52. Whahaha klepon ternyata onde-onde :)) di Makassar disebutnya gitu ^^ paling sering dibuat kalau ada syukuran: rumah baru, akikah, sunatan, dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya beda, kegunaannya yg sama hehehe

      Delete
  53. kelepon apa klepon mbak? kalo di tempatku namanya klepon:D hehehe
    aku pernah makan klepon tapi nggigitnya "agak" alay, jadilah muncrat deh isinya -_- hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggigit agak alay tu yang kaia gimana y?

      Delete
  54. biarlah bidadariku azh yang bikin kleponnya, saya bantu makannya.

    jangan lupa polbelnya...:o)

    ReplyDelete
  55. klepon tuh yang kalau digigit moncrot itu yah

    ReplyDelete
  56. ini penting untuk di praktekkan...
    Makasih Resepnya...

    ReplyDelete
  57. wah..saya juga suka makanan ini. Sekarang di alun2 kotaq tiap malam hari pasti banyak yang jualan klepon.

    ReplyDelete

Because sharing is caring