dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Tuesday, 15 January 2013

Kopi Pancong, Lirik dan Arti

Jika melakukan perjalanan dari Sekadau ke Pontianak atau sebaliknya, saya dan suami lebih sering memilih Travel SAF. Selain karena dekat dari rumah, kalo pake travel ini, 10x berangkat, gratis 1 tiket hehehehe. 

Di dalam Kijang Innova milik Travel SAF-lah saya seringkali mendengar beragam jenis lagu yang belum pernah saya dengar. Salah satunya lagu asli Pontianak, dinyanyikan oleh orang Pontianak bernama Abe, diciptakan oleh orang Pontianak bernama Pak Zairin Achmad, tapi baru saya dengar dalam travel dari Sekadau huahaha. Padahal lagu ini sering diputerin di TVRI Kalbar. Orang Pontianak macam apa saya x_x

But it's better late than never lah ya. 

Ketika pertama mendengarkan lagu ini, spontaneously I love this song! Entah karena sayanya yang memang orang Melayu kelahiran Pontianak, atau karena lagu ini yang enak didengar dengan lirik yang oke dokeh. Bisa juga sih ^^v. Emang gimana sih lagunya? Yuk dicekidot.


Buat yang lagi online via hp atau tak sempat buffering, saya kasih liriknya nih:


Cong cong cong kopi pancong, Tak beduet kopinye pancong
Cong cong cong kopi pancong, Mau iret kopi dipancong
Kalo mao bang ke sungai raye, singgah lah dulu di kampung bangke
Minum kopi bang same susunye, ditambah pisang goreng dan bingke

*Cong cong cong kopi pancong, Tak beduet kopi dipancong
Cong cong cong kopi pancong, Mau iret kopi dipancong
Naeklah sampan bawa keladi, sampan nye bucor banyak ae’ nye..
Janganlah labe janganlah gengsi kalaulah memang kite tak punye

**Cong cong cong kopi pancong, Tak beduet kopi pancong
Cong cong cong kopi pancong, Mau iret kopinye pancong
Dari seberang pegi ke kote, jangan lah lupa ngajak bang dola
Biarlah orang ngomongkan kite, kakti die lah pek  kakti die lah
kakti die lah pek  kakti die lah

(Balik ke * dan **)

Apakah agak roaming dengan liriknya? Wekekekek. Itulah Bahasa Melayu Pontianak yang meletop-letop.  Oh iya, kopi pancong itu artinya kopi yang disajikan setengah gelas. Dipancung gitu maksudnya hihi. Jadi kalo diartikan, kira-kira kayak gini nih arti liriknya:

Cong cong cong kopi setengah, tak ada uang kopi setengah (maksudnya setengah gelas)
Cong cong cong kopi setengah, mau irit kopi setengah
Kalau ingin (kopinya) ke sungai raya, mampir dulu ke kampung bangka
Minum kopi dan susu, ditambah pisang goreng dan bingka

Naiklah sampan bawa keladi, sampannya bocor banyak airnya
Jangan sombong janganlah gengsi kalaulah memang kita tak punya

Dari seberang pergi ke kota, jangan lupa mengajak bang dola (gak tau juga deh siapa bang dola ini hihi)
Biarlah orang ngomongin kita, biarin aja lah men, biarin ajaaa

Huahahaha, suka bener deh saya sama liriknya :p

Well well. Ini hanya satu dari lagu-lagu khas Melayu Pontianak yang saya tau. Masih banyak lagu bernuansa melayu yang saya tak tau, tapi jelas tak kalah menariknya dengan lagu ini. Mudah-mudahan lagu seperti ini bisa memperkenalkan Kota Pontianak kepada khalayak ramai :)

Bagaimana dengan teman-teman? Tentu ada dong ya lagu khas di daerahnya masing-masing :)


79 comments:

  1. logatnya mirip dengan teman saya yang asli ketapang, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketapang Kalbar juga, 1 pulau :D

      Delete
    2. Hiehiehie saya dengar dan menonton video lagu ini beberapa kali. Kadang ditayangkan di TV lokal di Kalimantan Barat seperti Ruai TV, Khatulistiwa TV dan PonTV. Liriknya yang jenaka, dan expresi vokalisnya yang renyah juga jenaka menjadikan lagu ini semakian menarik untuk didengar dan dilihat.

      Delete
    3. nah, yang mau joget udah dateng

      Delete
    4. Sebentar, memang disini boleh OOT ya?

      Delete
    5. Joget ala Gangnam Style ya

      Delete
    6. @Kang Asep, yoih banget kang..

      @pak zach, ayo pindah ke kolom KPK :p

      @mas Rudy, buat temen2 KPK apa siiih yg gak boleeeeh... *kibas2 jilbab*

      Delete
  2. hihihihi ... lucu ya liriknya cong, eh mba :p

    bagi dong kopinya cong ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woiiii *sambit*

      Ke sini, tar tak traktir kopi pancong 2 gelasss.

      Delete
    2. bikin GA kek, Mbak Dini. hadiahnya kopi pancong. saya bakal ikut dan maksa buat jadi juaranya.

      Delete
    3. kalaw saya yang jurinya pasti saya menangin Bang Zachflazz jadi juara 1. Wanni piro?

      Delete
    4. @pak zach, weh leh, nice idea tu pak hadiahnya hohoho

      @kang asep, sip.. tolong dimenangkan pak zach supaya junior2nya berkesempatan menang

      ...padahal GAnya belom ada ._.

      Delete
    5. neh orang ya, kalo gak jitak, nyambit ... ngeriiii ... #laporkomnasham :P

      Delete
    6. wkwkwkwkwkwk

      *sodorin kopi* :p

      Delete
  3. saya kumpulin barisan KPK buat joged Mbak. ngibing yuuk... Kang Asep paling depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip. Janji deh gak dilemparin mercon.

      Delete
    2. *menunggu kang Asep sama mas Raw*

      Delete
    3. teroris banget nih sekarang Mbak Dini.
      saya diancam mercon mulu

      Delete
    4. Mbak Dinie jadi Teroris dihatiku aja, biar gak dikomplen Mas Zach.

      Delete
    5. Wah wah sudah maen di HATI segala eh. Ck ck ck kayaknya saya yang bawa mercon. Tapi mercon lagi habis di jual. Ya udah saya bawas GAS 3 kilo aja. SIni saya mau sundut. Tutup Kuping yak.

      "BLEGGGERRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR"

      Delete
    6. @mas Indra, mas rawnya belom muncul

      @pak zach, di lapak sendiri gak bakal lempar2 mercon pak :p

      @mas rudy, pak zach, tolong pak, ada yg mulai ngegombal

      @kang asep, dilarang membuat keributan di blog perempuan lemah lembut kayak saya kang :p

      Delete
  4. ada mirip sama bahasa melayu Sumatera tempat saya ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, beberapa bahasa melayu di daerah2 di Indonesia emang mirip :D

      Delete
    2. bETUL sekali miss Syahdini. Bahasa BALI aja ada yang mirip bahasa Jawa.

      Ken Ken Kabare = Bali
      Piye Kabare = Bahasa Jawa

      Delete
    3. oh ya? oh I love Indonesia moreee and moreee..

      Delete
  5. hampir salah baca tadi, kirain kopi pocong #sempat mikir sejenak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahaha iya klo ga teliti bisa salah baca deh.

      Delete
  6. ooh ya ampun...
    aku kira kue pancong, mbak :D


    salah satu band indie di Pontianak yah???
    marimari anggota KPK.... kita berdendaaannggg. Aseeekkkkk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda, hihihi.. tapi kalo dimakan sama kopi pancong sih enak mas..

      err, bukan band indie deh kayaknya.. ga pake nama band soalnya.. yeay, selamat berdendanggg dan berpanciii..

      *eh itu dandang yak.

      Delete
    2. VOC jaman Belandeeeeeeeeee

      Delete
  7. Kukira td kue sejenis doko2 kata org sulawesi.Hahahaha cong cong ada pocooong #lari

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana bisa pocong lari bang, pocong kan loncat :p

      Delete
  8. hahhaha lagi paket hemat tuh, kopi aja sampe di setengah gelasin :P

    wouwoo baru tau kalo orang melayu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi setengah gelas tapi nongkrongnya setengah hari huahaha..

      Delete
    2. apalagi kalo ada free wifi plus free colokan ahihi

      Delete
    3. ga balik kalo ga diusir..

      Delete
  9. km orang pontianak yg durhaka...
    #peace

    ReplyDelete
  10. cong.. cong.. kiraiin pocong.. wehehehe

    ReplyDelete
  11. Mudah mudahan Pontianak benr2 jdi kota yg BERSINAR.. Aamiin ..

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Olvia Mimin Trisnawati : Wah namanya ada kata "trisna" nya yang dalam Bahasa Jawa itu artinya "cinta" atau Trisno. Hiehiehiheee. Mantaf sudah mampir di blognya Miss Syahdini. One of my another fave blogs instead of Mba Una :)))

      Delete
    2. @olivia, yoih :)

      @kang asep, kalo nama saya ga ada unsur jawanya ya kang hehehe.. wowww, I am flyiiing :)))

      Delete
  13. mbak dini,
    pengen banget dah denger lagunya... :(
    sayang koneksi kantor gak memungkinkan video-videoan
    x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalo dah bagus koneksinya balik sini lagi ka :D

      Delete
  14. wah, kok jadi kayak melayu medan mbak,, haha
    lagunya semanagt , lucu, n inspiratif juag, wheheh

    salam kenal ya mbak, salam blogger, mari bersilaturahmi

    berhasil jadi member ke 215 nih, kalo berkenan folbek ya mbak, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, medan sama pontianak emang mirip2 logatnya :D

      hihihi seru ya lagunya..

      salam kenal juga sabda, makasih sudah follow :)

      Delete
  15. Menurutku liriknya lucu, tapi mempunyai arti yang baik. hihi...

    Banyak lagu yang berasal dari daerah asalku yaitu Tatar Sunda yang aku suka Mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, that's why I love this song..

      weh, kalo lagu sunda itu yg mendayu2 kan ya, yang kalo didenger suejuk tenan, serasa lagi di sawah hehe

      Delete
  16. oh si mbak dini ini ternyata orang pontianak ya, haha sering ke malaysia donk? hohoho, wah teman2 saya ada mbak disana di kampus, STAIN pontianak, anak2 komunitas teater komsan, pernah kita event bareng dan gitu bahasa mereka di atas panggung pakek bahasa melayu, saya sepeti berada di luar negeri gtw blas bahasanya haha...

    wah cong, pancong setengah ternyata kalo pocong, berati po-setengah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana bisa sering bang, ntar kasian Kalbar kalo terlalu lama ditinggal saya :p

      oh yaaaa? wow sempit ya dunia ini ihihi. Iya, kalo orang luar kalimantan, especially jawa dan sekitarnya, begitu pertama kali denger kami ngomong melayu pontianak, dikirain lagi ngomong malaysia. Padahal emang begitulah bahasa melayu kami hehe.

      wkwkwk boleh juga po separoh :p

      Delete
  17. cong cong, kirain lagi mambuly bencong ternyata ehh ternyata ..

    ReplyDelete
  18. gue juga baru tau lagu itu, rada aneh emang bahasanya pas diartiin ke bahasa indonesia baru ngerti, ternyata itu maksudnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. semoga menambah khazanah berbahasa..

      Delete
  19. kereeen !! udah suka sama lagu yang tidak biasanya ..
    jaman sekarang sih kebanyakan boyband, girlband

    mulai belajar suka sama lagu pontianak lainnya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoih.. langsung ngebayangin boyband berbahasa melayu deh saya hahaha

      Delete
  20. bahasa melayu yaa lagunya... :)
    lumayan ngerti karna saya jg orang melayu...
    lagu daerah sini ya lancang kuning & soleram..
    tapi khusus Inhil...lagunya "Pantai Solop"
    yg dinyanyikan Gubernur Riau, Pak Rusli Zainal... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, riau sama pontianak bahasanya emang mirip :D *toss dulu

      Delete
  21. dah nkah ya? kirain masih sendiri...

    *salah fokus*

    ReplyDelete
  22. amin, semoga pontianak membooming.. :)

    ReplyDelete
  23. gue syok pertama ada coong cooong , kirain bencong -____-wkwk

    ReplyDelete
  24. hahaha diatas gue ada traaumatis dengan bencong tuh... gue gak ngerti nih :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi.. jangan2 kamu....... *ah, sudahlah :p

      Delete
  25. hahaha gue gakak ini kagak tau artinya pas liat pidionya, eh baru tau setelah baca penerjemahnya

    ReplyDelete
  26. Ini lagu paling ngetop tahun kemaren kak, saking pengen keliatan gaul aku langsung buka youtube, langsung hapal ! :D

    ReplyDelete
  27. temen sekamar saya orang pontianak loooh

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh yaa? waaah salam kenal ya buat temen sekamarnya :)

      Delete
  28. pertame dengar di kafe di ketapang...
    asik lagunye ne...

    ReplyDelete
  29. pertame dengar di kafe di ketapang..
    asik lagu ne..

    ReplyDelete

Because sharing is caring