dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Wednesday, 16 January 2013

1 Pasangan 1 Pohon

Salah satu berita yang muncul di halaman Radio Volare  Pontianak kemarin adalah tentang rencana kerjasama Dinas Kebersihan Pontianak dengan Kementerian Agama. Kerjasama seperti apa ya yang bisa diwujudkan antara 2 Kementerian yang berbeda bidang ini?

Ternyata, pihak Dinas Kebersihan Pontianak berencana untuk menjalankan Go Green melalui pasangan yang akan menikah, yang tentulah mendaftar di Kantor Urusan Agama di daerahnya masing-masing. Jadi, 1 pasangan yang akan menikah, diharuskan menyumbang 1 pohon. Selain untuk penghijauan, pohon tersebut kelak jika telah tumbuh *kalau masih terawat tentunya* bisa dikasi liat juga sama anak-anak mereka. 

Such a brilliant idea ya teman-teman.

Ide ini rupanya sudah dijalankan terlebih dulu oleh Kelurahan Gunung Panjang Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, sejak bulan Mei 2011. Di Medan, Sumatera Utara, program ini juga sudah dicanangkan sejak Februari 2013. Dan Pontianak akan menyusul tahun ini :D

Jadi, buat teman-teman di Pontianak yang tahun ini akan melangsungkan pernikahan, selamat 'menanam' kenang-kenangan untuk anak cucu yaa. Bisa ikut serta dalam penghijauan bumi ini pula. Wah, bahagianyaaa.

Meskipun kita semua sepakat bahwa idealnya 1 orang menanam minimal 1 pohon, namun program kerjasama yang akan dijalankan oleh 2 kementerian ini tentulah ikut serta memperbanyak jumlah pohon yang kian hari kian tua. Yang terpenting berikutnya adalah perawatan dan pemeliharaan pohon yang sudah ditanam. Sayang kan kalo tidak dirawat dengan baik.

Harapan kita bersama, agar program ini berlangsung dengan baik, agar global warming berkurang dari bumi kita, supaya bumi kita semakin hijau, dan makin nyaman untuk ditinggali :D


131 comments:

  1. oke juga tuh mbak,,, klo ga "dipaksa" gitu orang pasti males mikirin apalah go green segala,,

    pohon mbak mana hayoo?? hihihi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ide menarik ini harus didukung. Cuma yang saya belum tau jenis pohon apa saja yang boleh dibawa bagi pasangan yang menikah di kota Pontianak ini? Saya kira perlu juga ya. Tapi dalam pandangan saya sih pohon apa saja ya. Pohon cabe boleh, pohon sengon boleh, pohon apa lagi ya.

      Delete
    2. @tujuh bunga, ho oh, seru abis kan ya :D jaman saya nikah belom ada disuruh nanem pohon mbak :p

      @kang asep, kemarin saya baca, ada beberapa jenis pohon yang dianjurkan.. salah 1nya pohon mahoni..

      Delete
    3. pohon cabe ya Kang? koq edan juga ya kalo penghijauan pake pohon cabe. mendingan pohon terong sekalian.

      Delete
    4. pohon cabe hasilnya dijual, buat membantu perekonomian pasangan yg baru menikah..

      *otakdagang*

      Delete
    5. pohan jati mungkin lebih bagus. harga jualnya juga lumayan mahal..hehehe

      Delete
    6. gimana nih, Mas Kstiawan ngajakin serius sekarang.

      Delete
    7. wah nampaknya ada yg lagi tawar mnawar pohon nich,,,

      saya ikut juga panen cabe ah....

      Delete
    8. Sekarang cabe sekilo harganya berapa ya?

      Delete
    9. @diniehz : Horeeeeeeeeee ada kuku eh kupu kupu di Tipographynya mas Rudy Arra hari ini. Cekidot landing page beliau di -->http://rudyarra.blogspot.com/2013/01/purple-butterfly-typography-hd-wallpaper.html#more

      Pokoke Kupu Kupu kali ini mangcapsssssssssssss

      Delete
    10. lama-lama kupu-kupu jadi ikon KPK menggeser popularitas bubur nih :D

      Delete
    11. Jadi harus bagaimana?

      Delete
    12. HIehiheiie KPK tetap Panci dan Bubur.

      Delete
    13. mantap tuh
      berarti abis nikahan langsung nyanyi cangkul cangkul yang dalam...

      Delete
    14. wkwkwk cangkul cangkul cangkul yang dalan wkwk romantis banget hhe

      Delete
    15. kalo logo KPK ada kupu2nya minta yg pake batik yak :p *jeling pak zach

      bukaan, bukan abis nikah nanemnya muehuehuehe.. sebelum nikah ditanem, gitu..

      iya kang, saya udah mampir ke typographynya mas rudy yg baik hati :">

      *kebingungan bales komen*

      Delete
  2. idenya gokil tuh abis tuh, saya dukung aja dah semoga sukses dan bisa terealisasi idenya

    ReplyDelete
  3. wah kalau di kalimantan tanahnya masih sangat luas, jadi menanam pohon menjadi kegiatan yg menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kalo orang tanahabang atau orang pasar senen menikah disuruh nanem pohon mahoni, apa nggak dikepruki tetangganya coba?

      Delete
    2. @tabuhgong, begitulah bang :)

      @pak zach, wkwkwk lahannya udah sempit, makin sempit, makin banjir *sigh*

      Delete
    3. ngebayangin aja di pasar baru tiba2 ada pohon mahoni atau beringin makjegagik dateng. apa nggak ngedab-edabi.

      Delete
    4. atau di kawasan Mangga Dua atau di sekitaran Glodok...
      Rawamangun aja gak sampe seluas itu lahannya...

      Delete
    5. Ngomongin soal Rawamangun saya jadi ingat waktu sering mampir ke rumah bibi/paman saya di Rawamangun. Masih SD atau SMP lah waktu itu. Maunnya makan bakso terus, Hiheihiehiehiehiheiee

      Delete
    6. mal2 yg kira2 menyebabkan jalan macet dan banjir sehingga air jd tidak terserap, kita robohin aja yuk

      *frontal*

      Delete
    7. nanemnya pohon duit
      ga bakalan ada yang komplen

      Delete
    8. nah! betul itu huahaha

      Delete
  4. Masya'Allah, ide yang akan mengukir kenangan bagi mereka yang di satukan oleh cinta atas nama Allah Azza Wa Jalla.

    ReplyDelete
  5. mending pohon buah-buahan sebenarnya kalo buat penghijauan. bisa buat nahan erosi, sekaligus bisa diambil buahnya.
    kalo pohon mahoni, paling-paling kayunya aja buat dibikin gitar.
    lha kalo pohon beringin? pohon sebesar gajah tumpuk begitu tapi buahnya sebesar kelereng kecil. horor pula.



    ReplyDelete
    Replies
    1. gud idea tu pak.. nanem pohon duren asik kali ya..

      Delete
    2. apalagi pohon anggur.

      Delete
    3. anggur kolesom cap orang tua

      Delete
    4. Kolom ini mulai menyimpang kermana-mana. Kabur ah!

      Delete
    5. saya benerin lagi.

      jadi begini, program satu pasangan satu pohon itu..
      ehh, apa yaa.. lupa artikelnya tadi..
      jadi pasangan orang sama pohon itu.. halahh mikir jadinya.
      kabur aja juga dah..

      Delete
    6. Saya jaga di ujung gang sambil bawa klepon sepiring. Kalaw bang zachflazz keluar dari mulut gang langsung saya kasihkan klepon ini

      Delete
    7. *menanam pohon di kolom ini*

      Delete
    8. pohon mahoni itu cepet tumbuh dan daunnya rimbun. ga bakalan ada yang nyambitin pake batu apa naik naik ke dahannya. cocok buat di tepi jalan...

      Delete
    9. iya bang, itu salah 1 pohon yg dianjurkan sama dinas kebersihan dan pertamanan :)

      Delete
  6. ide yang bagus dengan adanya 1 pasang 1 pohon.
    kalau ada seribu pasang orang nikah, berarti ada seribu pohon.. dapet dua jempol dari saya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jempol kaki atau jempol bukan kaki

      Delete
    2. @mas kstiawan, hehehe makin hijau kalbarku :D

      @pak zach, *sodor kelingking*

      @mas rudy, jempol siapa?

      @kang asep, jempol digoyaaang

      Delete
  7. oke sekitar 5 - 6 tahun lagi isma bakalan nanam satu pohon :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emang niat go green mah nanem dari sekarang
      satu pohon saja nunggu 5 tahun lagi..?

      Delete
    2. hehe itu maksudnya 5 - 6 tahun lagi mau nikah, curhat terselubung :D

      Delete
  8. wah itu ide bagus..
    semoga semua daerah di indonesia bisa kayak gitu..
    walaupun cuman 1 pohon, tapi itu sangat bermanfaat bagi kepentingan umat atau manusia di masa depan...
    semoga rencana seperti itu bisa terelisasi di seluruh daerah indonesia.. amin :)

    ReplyDelete
  9. setuju, jadikan bumi kita nyaman untuk kita, anak kita dan cucu-cicit kita kelak :D hhehe.

    kunjungan awal nih mbak. follow #216 sukses, ditunggu folbacknya yaa :) salam kenal.

    ReplyDelete
  10. wihihihihi mam yang masih lajang bole ikutan enda mam?
    ato harus mesti cepat" nih mam hhe :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah loh hahaha.. boleh ki.. kalo mo cepat boleh gak :)))

      Delete
  11. setuju .... satu pasangan satu pohon.. yang jomblo? jangan nanya ke saya soal ini *ehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk.. segera cari jati dirimu azim :p

      Delete
    2. Iya, mahal tuh pohon jati.

      *dibahas*

      Delete
  12. Hehe, ide kreatif..
    Makin banyak orang menikah makin banyak jg pohon yg ditanam,

    ReplyDelete
  13. keren ya satu psangan 1 pohon,,, tp klw lebih juga bagus,,,
    namun klw yg nikah sedikit nanti sedikit juga pohonnya, klw bisa bikin program pndukung,,
    yaiitu segera menikah jadi banyak yg mnikah bnayak yg memberikan pohon,,, hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang, orang nikah insya Allah ada terus tiap tahun hehehe..

      yoi, buruaan pada nikah hehe

      Delete
    2. biar cepet hijau, kayaknya harus nikah berkali kali yah..?

      Delete
    3. bener bgt bang Rawins,,
      klw bisa setahun beberapa kali nikah jdx smakin bnyak pohon yg dsumbangkan,,,

      Delete
    4. Sebulan minimal 30 pasanglah. Asal orgnya beda2 aja ya hihi.

      Delete
  14. Program yang sangat bagus dan sangat menyenangkan tentunya, karena setiap pasangan yang akan menikah dapat berpartisipasi dalam menghijaukan bumi. Satu langkah kecil akan berpengaruh besar untuk bumi kita ini. Semoga anak cucu kita kelak dapat menikmatinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mas rudy, anak cucu kita? anak cucu saya sama suami dong.. :p

      @pak zach, jadi keren ya pak mas rudy kalo serius gitu :')

      Delete
    2. ada gosip baru nih..?

      Delete
    3. nggak adaaa *tepojidat*

      Delete
  15. Kalo perlu ketika anaknya lahir harus nyumbang satu pohon, soalnya sama yang dilakuin nenek saya waktu saya lahir. yang ditanam pohon kelapa. Jadi pas saya besar saya bandingin pohon kelapa itu sama sepupu saya yang kelahirannya cuma beda beberapa hari. dan kami ukur. ternyata pohon kelapa yang ditanam dikelahiran saya lebih tinggi dari sepupu saya. kenyataanya emang saya lebih tinggi dari sepupu saya. Ini tidak penting sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wowww, serius gus? keren sekali.. ih bikin tulisannye lah gus.. sekalian gambar pohon kelapanye yes.. penting ini, pentiiing..

      Delete
  16. wuaaahhh semoga dijakarta juga ada program ini, gubernur pontianak suruh bbm jokowi dong.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang jokowi punya bb? wew :P

      Delete
    2. @mbak diana, tapi ini bukan program pemprov mbak, ini program pemkot.. ntar tak suruh kepala dinasnya aja yg yg bbm jokowi hahaha

      @bang stumon, minimal timsesnya punya lah bang :p

      Delete
  17. Wah, itu kebijakan daerah yang sangat bermanfaat ya sob. Perlu dicontoh untuk semua daerah tuh :)

    ReplyDelete
  18. Amin ... semoga behasil kedepannya :D
    biar juga hutan kalimantan gak punah ya :D

    ReplyDelete
  19. wiiii.. bener bener ide bagus. namanya orang mau nikah, apa aja di jalanin dah. Jangan kan nanem satu pohon, seribu juga ayuh.. tapi bener efeknya, nanti ke anak cucu, buat kenang kenagan

    ReplyDelete
  20. Selamat pagi, salam silaturahmi ^^

    ReplyDelete
  21. Mantep banget tuh idenya....

    ReplyDelete
  22. Keren banget deh idenya.. tapi di Bogor udah kebanyakan pohon... terus di depok musim pernikahan.. jadi gak kebayang nanti banyaknya pohon disekeliling saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. gpp, biar ga banjir kalo hujan deras :)

      Delete
  23. Andai di Jakarta bisa diterapkan seperti itu....
    Pasti akan banyak pasangan yang mau menikah,, hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pegimana dengan ente bang?

      Delete
    2. @mas Indra, hehehe ga diterapkan aja banyak yg mau.

      @pak zach, nah monggo dijawab mas hihi

      Delete
    3. apa malah pada ga mau nikah
      gada tempat nanemnya...

      Delete
  24. kalo saya boleh usul, mending 1 pohon yang di tanam itu di kasih nama orang yang menanamnya, agar pohon itu benar-benar di jaga, masak nanam saja tapi tidak di jaga kehidupannya

    ReplyDelete
  25. kalo program ini mampu berjalan dgn baik, pasti bumi kita gak jadi panas deh! btul, gak? :)

    ReplyDelete
  26. ayoo.. tanam pohon !!
    Dan ciptakan negeri kita ini sebagai paru-paru dunia :D #guengomongapaya?

    ReplyDelete
  27. kereeeeen, jadinya pohon itu kaya pohon cinta orang yg nikah... :) hihihi

    ReplyDelete
  28. wah boleh juga tuh idenya, salut deh. sampe mentri agama ikut memperhatikan lingkungan.

    ReplyDelete
  29. wah...
    ide yang keren dan bagus bnget...
    so...klo mau nikah sedia in dulu 1 pohon.
    dan bias buat kenangan yaA untuk anak2 ntar...
    wiiihhhh kereennnn...
    itu pohon bapak dulu nak',,pas nikah sama ibu mu...cinta kami selalu bersemi kayak pohon itu...#klo msih hidup pohonnya,
    ciyeeee....ciyeeeee......
    hihihihihihihi...

    menanamnya diman tuch ?
    apa di suatu tempat yang telah di sedia in atau depan rumah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha seru kan ya jadinya :D

      di tempat yg ditunjuk sama dinas kebersihan dan pertamanan kak :)

      Delete
  30. satu pasangan satu pohon.. bagus banget, tapi harus bener-bener di rawat juga pohonnya... kayak pasangan itu merawat cinta mereka :D
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi.. setuju sekali kakak :D

      Delete
  31. buat jaga lingkungan nggak cuma menanam pohon mbak,tapi juga harus jaga kesuburan tanah dan menjaga keseimbangan udara

    ReplyDelete
  32. ahh mau buat yg kayak gitu juga ahh,, di tempat gue,, nanti gue usulin setiap pasangan yg mau nikah harus buang sampah di sungai,, biar anak2nya bisa ngeliat suatu hari nanti banjir dimana2,, dan orang tuanya bilang,, "ini hasil dari cinta kami nak... Lanjutkan ya... " :D

    ReplyDelete
  33. wah keren sekali dipontianak sampek ada progam gitu, hmmm terus yg poligami harus nyediain banyak pohom tuh hehehe, apalagi saya gak bayangin ntar di pontianak ada acara nikah masal, bisa kuwalahan tuh panitia beli pohon hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu tuuuh, kepikiran banget yg kyk gitu =))))

      Delete
  34. Kerrenn juga idenya ya, smoga smkin bnyak manusia dimuka bumi ini yg sdar akan lingkungan, hhmmm kasian juga yg gak nikah2 ya, apa jomblo ttap bleh nyumbang phon?? Ckckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe boleh dong kak iva. Supaya pohonnya makin banyak :D

      Delete
  35. waaaah ... bagus juga tuh .. merawat pohon sm dengan merawat cinta ... ;) tapi kalo gak dirawat yaa pohonnya bakalan mati ... sama aja kaya cinta #ehh kok malah curcol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiih. Gpp, curcol di sini gratiss hahaha.

      Delete
  36. mungkin lebih baik lagi bukan cuma event akan menikah aja yang diwajibkan menyumbang satu pohon,

    gimana kalo kelahiran seorang anak juga diharuskan menyumbang pohon,
    ulang tahun seseorang juga di tandai dengan menanam pohon,

    terus buat PNS yang gajian, harus menanam satu pohon, hehe
    gimana-gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Mantap kali idenya. Yuk, asalkan abis ditanam pada mau ikutan ngerawat aja :)

      Delete
  37. ini ide yang brilian mbak, semoga benar-benar terealisasi dan bisa menular ke daerah se-Indonesia :)

    ReplyDelete

Because sharing is caring