dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Tuesday, 25 December 2012

Tali Toga


Pheww, udah 2 hari koneksi internet rumah mengalami gangguan niih. Apa lagi ikutan cuti bersama akhir tahun ya? Huhuhu.

Koneksi macet, berpengaruh pada aktivitas saya di dunia maya, terutama buat posting Warta 3 ke webnya Radio Volare. Buat ngeblog sih masih bisa lah ya via mobile blogging kayak sekarang ini. Buat blogwalking? Susye jugaa pemirsa u,u Lebih asyik dan lancar kalo blogwalking pake laptop dengan koneksi internet yang mendukung.

Oke deh, demikian curcol pengantar postingan hari ini :p

Hari ini mau bagi-bagi informasi yang saya dapat dari kaskus aja boleh yes. Tentang alasan di balik tali toga yang disampirkan ke kanan saat mahasiswa yang telah lulus kuliah diwisuda. Yuk, cekidot yuuuk..

Teman-teman yang telah lulus kuliah tentu akan mengikuti upacara wisuda. Pakai jubah item + toga. Toga merupakan simbol yang menyatakan bahwa mahasiswa telah lulus dan siap untuk terjun ke masyarakat. 

Di acara wisuda itu, kamu semua akan dipanggil satu persatu ke depan oleh
sang rektor dan disampirkan tali toga kamu dari kiri ke kanan. 

Nah buat sebagian dari kamu mungkin bingung, apa sih arti tali toga yang disampirkan dari kiri ke kanan itu bukan ? 

Maksud dari simbolik tersebut adalah selama kamu menjadi mahasiswa, bagian otak yang dipakai mahasiswa itu kebanyakan adalah otak kiri, yang menggambarkan kemampuan hafalan. 
Nah, dengan dipindahkannya tali toga dari kiri ke kanan itu dimaksudkan, agar setelah lulus para sarjana lebih banyak menggunakan otak kanan daripada otak kiri, dimana otak kanan ini berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas, dan inovasi seseorang.

Karena ketika kita terjun ke dunia usaha atau karir, para lulusan akan lebih banyak menghadapai persoalan atau kasus yang sangat dinamis atau di luar konteks dari yang telah dipelajari selama di kuliah.

Begitu ceritanya teman-teman.. ^^

65 comments:

  1. hooo seperti itu mam hhe :D
    keren bisa transper" hhe :D
    pingin cepet" selesai
    *jia padahal baru semester 1 xixii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi aamiin semoga cepat selesai :D

      Delete
  2. Baru tau -__-
    Maklum, masih SMA :DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. tak lama lagi akan melewati masa2 kuliah :)

      Delete
    2. saya yang udah lama lulus aja baru tau koq. makanya saya pikir nih kurang kerjaan banget pake ada tali segala. kenapa nggak rantai ya biar kesannya kuat kan.

      Delete
    3. Ayo pak, jadi pelopor bikin kampus dengan toga berantai :D

      Delete
  3. tapi miss, yun udah kebanyakan pke otak kanan daripada kiri..Nah loh, gimana tu miss?wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ntar di balik kali aj mbak :P hihi

      Delete
    2. @yunita, request jak nanti same pak rektor yun, minta dipindahkan dari kanan ke kiri hahaha..

      @fikri, nah iye itu.. ikutlah yunita tu fikri xixi

      Delete
    3. ha maksudnya mam ?
      *Innocent face

      Delete
    4. hahaha, ikut pake otak kanan maksudnye..

      Delete
  4. oh gitu ya jadi dipindahin ke kanan. lebih kreatif kalo udah lulus :D

    ReplyDelete
  5. Makasih kawan atas infonya..salam sehat..!!

    ReplyDelete
  6. Arsanti BudiartiDecember 25, 2012

    Berarti kalo lulusan D3 tetap pake otak kiri la Din...soalna mereka kan tali na ga dipindah....Hoho ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yekeh? xixixi..

      filosofi yang keliru ye berarti.. padahal yang ndak kuliah pun, bise juga kok pake otak kanan ^^

      Delete
  7. Oh justru saya baru tahu jika itu artinya, ternyata ada maknanya. Tapi saya belum pernah di toga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, at least, itulah yg jadi harapan para pengambil keputusan utk para lulusab kampusnya :)

      Delete
  8. wah seperti itu yah alasanya kenapa talinya mudik dari kiri ke kanan ,, hikhik .. :D^bulan agustus mau daftar kuliah ah ,,, ^_^ hehe trims infonya nih ,, hehe

    ReplyDelete
  9. waaaah...pengen cepet wisudaaa....biar cepet kerja..sama cepet nikah...heheheheeeee

    ReplyDelete
  10. Dulu pernah dijelasin dosen tentang makna tali toga yang disampirkan dr kiri ke kanan xD
    Persis kayak gitu penjelasannya..

    ReplyDelete
  11. oh gitu yah mbak *manggut2*
    kalo orang yang makek otak tengah ada ngak mbak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah, saya pernah dengar tentang otak tengah, itu katanya *lupa kata siapa hihi* berkaitan dgn metafisika. Entahlah benar atau tidak. Ntar kita googling aja yuk ^^

      Delete
  12. yg simple ko jd ribet ya.., pake dibantu dipindahin segala heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, waktu gladi resik buat wisuda, saya dan teman2 malah iseng, saling mindahin tali toga 1 sama lain hahaha.

      Delete
  13. Oo gt, bru tw gw, hehe
    krain biar pndah kekanan n jadi manusia yg lbh baik gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Including itu juga mungkin va alesannya :)

      Delete
  14. hehe.. gitu ya? wah saya baru tau dari Mbak Dini ini. keren banget pengetahuannya. tapi logis dan filsafati sekali ya? sip lah, jadi tau, sayah.

    btw kenapa talinya nggak dua aja sekalian ya Mbak, biar aspek kognitif dan penalaran seimbang, syukur-syukur talinya banyak, kan menjustifikasi generasi yang bisa ngapain aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama pak, saya aja barutau pas tadi browsing kaskus hihi.

      Again, ayo pak zach, jadi pelopor buat bikin toga yg kyk gitu. Minimal buka kelas TPA atau sekolah musik mungkin pak? Ntar lulusannya dikasih toga bertali banyak, atau toga berantai hihi.

      Delete
    2. Kalaw sudahh ngomongin otak kiri dan kanan jadi inget telepati aja hiehiehiee. Secara ada syaraf sensorik dan motorik yang bisa dipake untuk menerapkan Telepati. Gini gini saya pernah jajal telepati, dan hasilnya cukup lumayan. Jurus beneran daripada jurus Kodok mati menahan nafsu

      Delete
    3. wah, pantesan saya serasa terhipnotis kalo baca sms Kang Asep. begitu dapet sms, saya langsung aja ngunjungin blognya Kang Asep.

      Delete
    4. Oooh. Telepati via sms ya. Emang manjurrrr hihihi.

      Delete
  15. oalah... mangut2 gue bacanya.. gitu to ternyata... *mangut2 lagi* tapi kalo awalnya udh sering pake otak kanan drpd kiri gimana ya kak?._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bagus wi, artinya dia bukan mahasiswa kebanyakan :D

      tali toganya tetep ikut aturan kampus, biar kompak sama yg lain hihi ^^v

      Delete
  16. baru tau gua kalo tali toga ada artinya kek gitu... yg jadi pertanyaan bagi gua sendiri, selama ini gua seringnya pake otak yg sebelah mana yak #questionOfLife

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting otaknya dipake :-D

      Delete
  17. Owh ternyata ada maksudnya yah, wah ilmu banget buat saya nih,trimakasih yah..

    ReplyDelete
  18. oh gitu, baru ngerti.. kemaren pas wisudaan kupikir hanya simbol aja .. nice post nih mbak Dini :)

    ReplyDelete
  19. btw, kenapa harus pake tali hayo? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake besi nanti berat :-P

      Delete
  20. ciyus nih?
    nggak buung? :p

    ReplyDelete
  21. Replies
    1. Hehe. Sip deh. Jadi sama2 tau sekarang :)

      Delete
  22. wahh...
    baru tau nieh gue....
    kalo tu tali punya makna.....
    pas waktu gue lulus ntar ga ad talinya gmana tuch...
    mungkin kepala gue kalie yaA yang di pndahin sama rektornya..
    ahahahahaahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. kasian dong rektornya hahaa

      Delete
  23. hahahaha gua keseringan ikut teater otak kanan gua lebih menonjol ternyata efeknya gak baik, saat gua ujian mata kuliah di teknik mekanika fludia gua cuma bisa dapat B hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti anda termasuk kategori yang bukan mahasiswa kebanyakan bang :)

      Delete
    2. hahahaha yang baik itu kanan dan kiri OK kayak pilem haha

      Delete
    3. yoiii.. tak banyak tuh yg bisa kanan kiri ok xixi

      Delete
  24. Waaah ternyata ada artinya toh, pasti memang ada sih seperti halnya membuat logo pun pasti ada makna dari tiap lekukan bahkan titik titiknya :) nggak sembarangan, itulah manusia dengan kreatifitas dan inovasinya. segitu manusia, nah apalagi yang memberi otak kita ya pasti DIA juga punya tujuan-tujuan maha dahsyat dari seluruh ciptaannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. top markotop! tepat sekali bang :)

      Delete
  25. ganti theme lagi ya? manizz kek aku *dijitak ga yaa?? :P

    terus kalo toga itu sendiri sejak kapan adanya di dunia maupun di Indonesia de' Dince *naekin alis

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihhi iya, manis kan, iya iya kayak mbak nufa.. *selepet*

      gak tau saya mbaaak.. yuk, kita gugling aja yuk hihihi

      Delete

Because sharing is caring