dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Tuesday, 18 December 2012

Catatan Perjalanan: Visit Kalbar 2012 ke Pulau Temajok

Visit Kalbar 2012 adalah salah satu program yang 'diusung' oleh komunitas Bahasa Inggris yang saya ikut: Khatulistiwa English Community, atau disingkat KEy.

Teman-teman ada yang sudah pernah ke Temajok Island alias Pulau Temajok? Yang di Kalbar saja, masih banyak yang belum pernah berkunjung ke sana loh. Maka, saya merasa bahagia sekaligus bangga bisa menjadi salah satu penghuni bumi yang dikasi kesempatan oleh Allah untuk menjejakkan kaki, yang kedua kalinya, di pulau kecil nan indah ini. Apalagi, pergi bersama teman-teman yang tergabung dalam KEy. Double double happy \^.^/

Agenda ini bukan sekedar jalan-jalan ke pantai looh. Kami juga melakukan merangkai agenda ini dengan kegiatan Teaching and Socialization, alias mengajar sembari bersosialisasi dengan penduduk setempat. 

Dari datang sampai dengan pulang, kegiatan ini penuh dengan cerita senang susah sedih bahagia riang gembira yang bercampur jadi satu. Tak sia-sia deh membayar Rp. 90.000 untuk nikmati perjalanan ini. 

Saya ajak bernostalgia lagi dengan perjalanan saya ke Pulau Temajok, mau dong yaa ;)



Sabtu, 23 Juni 2012 

05.00am 
Kami berkumpul di KEy basecamp. Dari situ, kami naik bis menuju Sengkubang, Kabupaten Mempawah untuk singgah ke rumah 'tetua' KEy, Bang Aan. Rencana semula, pukul 08.00 kami sudah ke Pulau Temajok dengan motor boat yang sudah kami sewa. Namun, berhubung pagi itu air laut belum pasang, pantainya masih terlalu dangkal untuk dilewati motor boat, jadi ga bisa deh langsung ke sana.

Maka, agenda pun dirombak. Kegiatan Teaching and Socialization yang awalnya direncanakan untuk besok, dimajukan menjadi pagi itu. Kami pun berkumpul di cottage temannya Bang Aan. Suasana cottage-nya sangat nyaman, dengan pemandangan langsung menghadap ke laut.

Pemandangan dari Cottage

Sesudah ngaso sejenak, saling berkenalan *karena banyak member baru yang belum saya kenal*, dan foto-foto, kami pun mengumpulkan anak-anak di sekitar situ untuk learn, fun, and play. Dan woww. Mereka sangat bersemangat sekali saat diberitaukan bahwa saya dan teman-teman akan mengajarkan Bahasa Inggris, plus akan dikasih hadiah. Hadiahnya tuh yang bikin mereka makin semangat. Yah, namanya juga anak-anak ya :D

KEy Teaching and Socialization

Yang menarik dari sesi mengajar ini adalah di bagian menyemangati anak-anak tersebut. Kami mendapat informasi dari salah seorang anak-anak tersebut bahwa mereka merupakan twibi dan twiboys. Chibi chibi chibiiii, hag hag hag hag =)) Yak, dan kalimat tersebutlah yang menjadi selingan penyemangat di sela-sela pengajaran angka, huruf, dan warna untuk para anak yang aslinya sudah pinter-pinter ini.

The funniest moment of the teaching session was this! Sila saksikan video ini:



Well done. Dengan hati yang riang gembira, kami pun mengajak anak-anak ini untuk lanjut ke sesi berikutnya, yaitu menjawab pertanyaan dari yang sudah dipelajari bersama sebelumnya. Semua anak mendapatkan hadiah, dan wajah mereka sangat sumringah menerima hadiah tersebut :)

Senang dikasih hadiah


12.00pm
Usai Teaching and Socialization, kami kemudian break sholat dan makan siang. Dari pagi kami sudah dapat kabar bahwa kemungkinan besar, motor boat yang kami sewa baru bisa sandar ke seteher (dermaga kecil tempat kapal sandar) sekitar pukul 3 sore. 

3.00pm
Motor boat sudah sandar, kami bersiap-siap. Pukul 3.30pm motor boat meninggalkan dermaga. Sayonara Sengkubang. Sampai jumpa esok sore.

Seteher alias Dermaga Mini

4.00 - 5.00pm
Kami melewati Laut Cina Selatan untuk menuju Pulau Temajok. Sinar mataharinya, awww. Menyengat tapi membikin hangat. Akhirnya, kami pun tiba di tempat tujuan, Temajok Island.

Tiba di Pulau Temajok, berbasah-basahan

5.00 - 6.00pm
Berhubung turun dari motor boat sudah pada basah, maka sebagian KEy members memilih untuk langsung menikmati air laut, mandi dan berenang di antara coral yang menempel di dasar laut. Sebagian lagi memilih foto-foto. Saya mandi sekaligus capturing teman-teman yang lagi mandi hihihi.

Selepas mandi, berbilas, kami shalat. Rencananya, selepas shalat kami akan tilawah bersama. Namun...  menjelang malam, ketika gelap mulai menjalar, kepanikan mulai terjadi karena ternyata pemilik rumah yang telah kami sewa belum muncul di pulau. Lampu tak ada, kunci villa pun tak punya. Huwaduuh. Mana gelap, dingin pula. Syukurlah ada seorang bapak penghuni pantai yang hari itu ada di sana datang membantu mengurus kami agar bisa stay di tempat yang, yaah lumayan lah daripada tidur di pasir hehehe. 

8.30 - 10.00pm
Malam itu, diterangi dengan sebuah lampu emergency dan api unggun, kami membentuk lingkaran, sharing our best experience along joining KEy, delivering our feeling and impression about KEy. What a warm and nice moment we had :')

10.00pm - dawn
Ada yang memilih melanjutkan ngobrol, ada juga yang pilih tidur. Tidak ada yang memilih foto-foto, gelap soalnya hahaha. Tengah malam, hujan deraaaas. Alhamdulillaah, walaupun kedinginan, but sure we were blessed through the rain :)

Ahad, 24 Juni 2012

4.30am
Saya bangun, kemudian membangunkan Yunita (salah seorang siswa saya ketika saya mengajar di MAN 2 yang sekarang sudah jadi member KEy) untuk wudhu. Kami dan beberapa member lain yang sudah bangun kemudian shalat berjama'ah.

6.00 - 10.00am
Hunting foto, berjalan di tepi pantai, naik ke atas batu, panggang sosis, mengumpulkan kerang, melihat beberapa member makan kerang, minum air kelapa, sarapan semangkuk berlima, ah great togetherness.

Pemandangan pagi di Pulau Temajok

Yunita, siswa saya :)

Bersama Yunita. Saya salah kostum ya :p

Adek saya nih. *Konon* fitness di mana saja :))
Sekarang foto ini jadi header twitternya @blogdhz ^^v

Minum air kelapa bersama
Batu bentuk hati hihihi
Pose sendirian aaah

Another Morning View

Morning view from the different point of view ;)

10.00-12.00pm
Kami siap-siap untuk 'mendaki' bukit. Rencananya, kami akan naik motor boat dari pantai pasir putih yang letaknya tak jauh dari Teluk Paku tempat kami stay. Kami pun menempuh perjalanan sekitar 30 menit. Ternyata pemirsah, berhubung air laut di pantai ini masih belum cukup pasang untuk motor boatnya menepi, maka kami dengan senang hati melanjutkan perjalanan ke pantai sebelah. Baiklah, itung-itung seru-seruan advenTOURing juga toh..

Oh iyaa, sebelum lanjutkan perjalanan, kami foto dulu beramai-ramai :)

Peserta KEy Visit Kalbar 2012

12.30 - 14.300pm
Kami melewati sisi pantai lain yang ternyata saaaangat indah. Beriburibu sayang, berhubung segala macam kamera yang saya bawa *padahal cuman bawa 2 kamera, kamera tablet sama camdig :p* sudah kritis semua baterainya, maka gambarnya tak sempat saya abadikan. 

Akhirnya, setelah keringat mengucur, kaki pada pegel-pegel, dilanjutkanlah tantangan berikutnya: nyebur lagi ke laut untuk mencapai motor boat. Laut yang kami lewati sangat banyaaak terumbu karang yang tajam-tajam. Entah berapa banyak kaki KEy members yang luka. Saya aja, nyebur pakai kaus kaki, pakai sandal karet, ga luka sih hehehe. Kaus kakinya yang robek karena tersangkut di karang yang tajam. 

Pemandangan dari puncak Pulau Temajok
Foto lagi boleh dong ;p
Motor boatnya sudah tiba. Saatnya berjalan melintasi lautan.
Berjalan menuju motor boat
Tas harus diangkat supaya bajunya tidak basah

Well done. Usai sudah perjalanan yang memorable dan menyenangkan ini. Teman-teman ingin ke sana juga?

Dari perjalanan saya ke Pulau Temajok ini, teman-teman bisa membuat estimasi rincian biaya sekaligus prosedur menuju Pulau Temajok, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.


Rute menuju Pulau Temajok adalah sebagai berikut:

Berangkat dari Pontianak - Sengkubang, kendaraan bisa dititip di rumah masyarakat penduduk setempat - Naik motor boat menuju Pulau Temajok. Ada 2 opsi wisata yang bisa teman-teman pertimbangkan:

OPSI 1: Wisata tanpa menginap


Kendaraan
Jika teman-teman memilih berangkat dari Pontianak dengan menggunakan bis umum, pilihlah bis menuju Sambas untuk kemudian singgah di Sengkubang. Biaya bis per orang Rp. 15.000

Jika teman-teman memilih untuk mengendarai sepeda motor, berarti yang harus disiapkan adalah ongkos bensinnya. Pontianak - Sengkubang dengan bensin motor full Insya Allah cukup lah untuk pulang pergi :)

Jika teman-teman memilih untuk sewa mobil atau bawa mobil pribadi, berarti tinggal disiapkan dana untuk sewa mobil dan ongkos bensin. Sewa mobil untuk sehari sekitar Rp. 300.000 - Rp. 400.000. Ongkos bensin hitung sendiri ya ;)

Sewa motor boat
  • Untuk motor boat ukuran kecil, dikenakan biaya Rp. 300.000 diantar dan dijemput ke pulau.
  • Untuk motor boat dengan ukuran yang lebih besar, dikenakan biaya Rp. 600.000 diantar dan dijemput ke pulau.


Oh iya, jangan lupa persiapkan baju ganti untuk pulang karena ada kemungkinan teman-teman akan nyebur ke laut untuk mencapai pantai Temajok.

Konsumsi
Berhubung di Pulau Temajok susah mendapati orang yang jualan, maka bilamana teman-teman tidak ingin kelaparan di pantai, persiapkanlah bekal makanan. Silakan memilih menu makanan sendiri deh ya  untuk dibawa hehehe. 

TOTAL BIAYA Pontianak - Temajok - Pontianak (per orang) tanpa menginap sekitar Rp. 400.000. 

Biaya segitu kalau teman-teman benar-benar pergi sendiri loh ya. Kalau perginya beramai-ramai, akumulasi biayanya bisa dibagi dengan jumlah peserta tur :)

OPSI 2: Wisata Homestay


Ongkos kendaraan dan sewa motor boat sama dengan ongkos di OPSI 1. Yang nambah adalah biaya konsumsi dan penginapan.

Penginapan
Biaya sewa villa/penginapan antara Rp. 300.000 - Rp. 500.000, sudah termasuk listrik, air, kamar mandi + toilet, dan peralatan dapur (kompor + gasnya, westafel cuci piring, alat makan). Villa/penginapannya bisa digunakan untuk 1 rombongan, sekitar 10 - 15 orang, dengan konsekuensi, ada yang bersedia tidur di lantai ^^v

Kalau mau irit tanpa sewa penginapan/villa, bisa juga sih tiduran di bangku yang ada di pantai. Tapi, disarankan untuk amat sangat berhati-hati karena situasi Pulau Temajok yang berada di tengah lautan luas ini cukup creepy juga kalo malem. Gelap gurita soalnya hehehe.

Tour Guide
Jika teman-teman ingin menjelajah tiap sisi pantai pulau ini, disarankan untuk menyewa jasa tour guide kalau tak ingin tersesat. Sewa tour guide saya gak tau juga sih berapa karena selama 2 kali ke sana, yang jadi tour guide temen sendiri. Tapi sebagai estimasi, boleh lah disiapkan sekitar Rp. 100.000 - Rp. 200.000 :)

TOTAL BIAYA Pontianak - Temajok - Pontianak homestay sekitar Rp. 700.000 - Rp. 1.000.000.

Sama seperti OPSI pertama, kalau perginya beramai-ramai, akumulasi biayanya bisa ditekan dengan cara dibagi dengan jumlah peserta tur lainnya. Ketika saya dan KEy fellas tur, ada 19 orang peserta, dan dikenakan biaya Rp. 90.000/orang untuk wisata homestay. Murah kan? :)

Sudah akhir tahun juga nih. Boleh lah menjadikan Pulau Temajok sebagai salah satu opsi untuk habiskan liburan bersama keluarga atau teman-teman. Selamat berlibuuuur ^^v




Happy Second Anniversary, Popcorn's of Arie Ramadhaani.
Walaupun yang lagi anniversary adalah blognya, tapi ngedoain orangnya boleh dong yaa? Hihi.
Didoain semoga bisa segera jadi hafidz juz 'amma, dan kalo udah hafal juz 'amma, 
dapat beasiswa Erasmus Mundus supaya bisa raih Master Degree of Community Nutritionist :)
Oh, nikahnya juga jangan lupa ya kk armae :p

88 comments:

  1. Replies
    1. wah saingan ane nih.
      awas ya kalo sampek menang.
      pokoknya makan makan!!
      :p

      Delete
    2. wkwkwkwk

      ke sini yah bang rivai :p

      Delete
    3. kalo saya bukan saingan, jangan kuatir, haha...

      Delete
    4. Padahal saingan berat euuuy kalo cerita mendaki gunungnya diikutin giveawsy >.<

      Delete
    5. kalaw urusan mendaki mah mas Rawins jagonya. Latihan terus manjat Tower aja gape , apalagi manjat yang bukan Tower. Hhiehieiee. Maju terus di ajang kompetisinya ya Miss Syahdini. Dalam penerawangan saya sih menang

      Delete
    6. awas ntar keseterum manjat2 tower..

      aamiin.. kalo gak menang saya nagih bubur ya sama kang asep ;p

      Delete
    7. Saya banyak catatan perjalanan namun kayannya tidak ada yang bertema Nature atau alam seperti artikel miss Syahdini nan keren ini. Hmmm kebanyakan sih Wisata Kuliner, Budaya, dan MICE (Meeting, Incentive, Convention,and Exibition).

      Hiehieie Bubur Ayam siap aja tinggal pesen hiehiehiee. Bubur Ayam depan Gajah Mada uenak tenan. Makyus. Seporsi cuma 7 ribu udah pake emping dan suiran ayam goreng hiehiehiee. Eala jadi laper

      Delete
    8. ntar nungguin pak zach bikin giveaway catatan perjalanan dinas aja kang, dijamin menang.. hadiahnya bubur :p

      Delete
  2. Wihihihi kak Dini ternyata endut yak. Eh Mempawah? Kenal Bang Loyenk Rap dong kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hadiiiii, bukan endut, itu subur :p

      eh tadi kenapa komennya masuk spam ya? apa karena bilang saya ndut? xixixi.

      Belom pernah dengar di.. Itu ke Mempawah numpang lewat aja :)

      Delete
  3. wah, kereeeeeeeeen banget nih !!
    jadi pingin banget ke situ, menang nih insyaAlloooh...sampai sedetail detailnya juga ceritanya..:)
    salam kenal, bila berkenan ditunggu BW nya dan follownya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. asiik dah ada 2 yg bilang menang :p

      okesip deh..

      Delete
  4. waw keren ikut kuis yak semoga menang ini post keren sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, udah 3 yang 'nyuruh' menang :p

      *apaaan coba hihi

      Delete
    2. iya ciyus bakal deh pokoknya haha

      Delete
    3. hmmm amin , ya Allah semoga postingan ini menang

      Delete
  5. MAsya Allah Mbak, barusan dari blog bang Zach cerita naik gunung, sekarang ke sini main pantai aaaaaaaaa jadi pengen jalan-jalan #eh...

    Panjang bener ini postingan, rupanya untuk lomba toh... Sip sip sukses, sudah tidak diragukan lagi kalau mbak dini cerita soal jalan-jalan, aseli bikin kepengen jadi bagian di sana #ups...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah yuk ke sini, nanti saya minta traktir deeeh sama bang uzay *loh kok :p

      eits eits, 'jadi bagian di sana' ini #kode banget nih *uhuk*

      Delete
  6. Asik bisa berwisata, lumayan merogok ongkos kocek ya ? Tapi bisa terpuaskan dengan pemandangan alam yang begitu indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sendirian, muahal jadinya bang.. coba pergi bareng sama pak zach nanti, biar bisa nebeng hihi

      Delete
  7. saya pilih yang nggak nginep deh. 400 ribu ya per orang. saya pertimbangkan sebagai masukan, kalo suatu saat saya Insya Allah ke Pontianak, saya coba jajagi ke temajok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip pak.. jangan lupa hubungi Kang Asep biar bisa pergi bareng :D

      Delete
    2. oh kalo Kang Asep wajib hukumnya diajak. juru wisata yang tak kenal lelah, beliau. belum lagi buburnya kita perlukan sekali.

      Delete
    3. Bekal bubur dari ptk aja nanti pak. Disana ga sempat masak bubur soalnya.

      Delete
    4. Hheheheieieie Bubur Ayam sudah siap menanti di kota Pontianak tercinta. Saya siap jadi guidenya dan menunjukkan Pontianak seutuhnya iheiheiheiheiheiee

      Delete
    5. Kebetulan aja pulau Temajok belum pernah satu kalipun saya singgahi, jadi bang Zachflazz bisa jadi rekan trip saya nanti. Urusan guide ke Pulau Temajok nanti kita cari sama sama hiehiheiheiehiee. Siapa ya yang mau jadi guide ke Temajok?

      Delete
    6. saya udah jelas ga bisa jadi guide..

      kalo sama pak zach ga perlu bawa guide kang.. ilmunya tajem tuh, udah terlatih sama pengalaman2 ekstrim. apalagi kalo cuma pulau temjok kan hihi..

      atau coba ajak mas rawins.. kan di temajok ada gunung yg bisa didaki juga :)

      Delete
    7. Hiehihee betul sekali miss Syahdini. Urusan manjat memanjat mah itu kita serahkan saja sama Mas Rawins juragan Panci yang sudah berkibar namanya diseantero blogging di seluruh apa ya. Di seluruh KPK aja deh hiehiehiehiheiee.

      Tapi aseli asyik banget menikmati rangkaian cerita dibalut dengan foto foto yang indah sangat mewakili Pulau TEmajo yang memancarkan keindahan, keaselian dan kesejukannya. Jangan jangan Miss Syahdini ini bisa jadi DUTA WISATA Pulau Temajok neh. Huaaa bayarannya pasti banyak NOL nya

      Delete
    8. nol semua pak? aaak tidaaak..

      Delete
  8. wah, itu toh mbak Diniez, hehehe.. Mayan 'seksi' jg badannya ya.. ahaha Peace.. Eniwei, itu masi ada kemungkinan kecebur juga pas naik boat, yang gak bisa berenang gimana, untung pake pelampung ya mbak :)

    semoga menang mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heh itu bawaan bajubjadi keliatan gede *gak terima dituduh seksi wkwk*

      Dangkal kok airnya, klo ga bisa berenang biasanya pucet hihi.

      Aammiin makasih ya :)

      Delete
  9. waduh..
    enak banget tuh ya ?
    mau dong nanti ikut diajak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan ikut rombongan pak zach :D

      Delete
  10. Yah sambil menyelam minum air lah,jalan-jalan tapi ada nilai edukasinya, sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, memang begitu maksud kami bang :) makasih ya. Sukses juga bang.

      Delete
  11. gara-gara lihat fotonya, jadi pingin ke kalimantan juga

    ReplyDelete
  12. Terimakasih sudah berpartisipasi dalam Giveaway Popcorn's 2nd Anniversary, mbak Dini,.. Sudah saya catat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak mae, terima kasih sudah mengajak saya ikut giveaway ini :)

      Delete
  13. Lucky you, Kakak belum pernah ke Temajok, ever.

    Pengen banget sih akhir tahun menghabiskan waktu di area pantai gitu, tapi biasanya ramai ya (bercermin dari pengalaman).

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus mau 'merepotkan diri' kak untuk ke Temajok hehe..

      iya kak, akhir tahun ke awal tahun, weeh pasar udah kayak pasar malam saking ramainya..

      Delete
  14. wew, kerennn ya, hmmm referensi banget neh ... hehehhee ... hmmm ... siapin plan ah ... :D

    Semoga menang ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bang stumon, gabung sama pak zach biar lebih fun n bisa diceritain bareng2 di blog masing2 :D

      Delete
  15. Wah Keren mas..ikut menyimak
    kunjungan baliknya di tunggu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas? kayaknya ini gak nyimak banget deh..

      Delete
    2. hahahhaha ... dikira ada kumisnya kali mba, sama tu komen ... hihihii

      Delete
    3. tolong dia dikasih pelajaran bang, pelajaran membaca :p

      Delete
  16. Waaah, bisa buat tempat liburan nih ,
    ini yang lomba kan ?
    semoga menang ya , mbak :)

    salam kenal .

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, salam kenal juga :)

      Delete
  17. buset ceritanya lengkap banget -___-
    paling ngebayangin yg jalan pinggir pantai ,panggang sosis aaaaaaa rame2 gt asik :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk, bikin barengan members blogger energy :D

      Delete
  18. Ngomong2 gue orang Mempawah loh :D
    Baru satu tahun lebih gue idup disini. Tapi selama satu tahun gue belum pernah berkunjung ke pulau Temajo -__- Ternyata indah yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh yaa? aiiih orang mempawah macam apa kamu belom pernah ke Temajok :p

      coba nanti ke sana, nikmati indahnya pulau sendiri :)

      Delete
  19. Ini ikut kuis ya kak? Semoga menang yaa :)
    Bacanya jadi pengen cepet2 liburan T___T pemandangannya keren :) apalagi batu bentuk hatinya itu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. aamiin, makasih kk :)

      batu bentuk hati rusak itu hihii

      Delete
  20. Subhanallah banget view nya :O
    *tbt galau, pingin ke temajok*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikut rombongan kang asep same pak zach :D

      Delete
  21. aku belum pernah menginjak pulau kalimantan, mbak ...

    mungkin nunggu dibayarin sama Kang Asep dulu kali yaah..
    hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok atuh kang asep, ini ada yang minta bayarin hihihi

      Delete
    2. hahaha.
      tuh kan bener dugaanku .... Mbak Dini nulis komen dengan mata terpejam.
      hahaha :D

      masih subuh udah rajin blogging yaa.. wehehehe :D

      Delete
    3. huwakakak =)) gak, yg sekarang nyambil melek kok hihi..

      karena tidurnya awal, jadi bangunnya awal, bisa lanjut blogwalking yang kemarin sore deh ^^

      Delete
  22. huaaaa.... lautnya ding, bagus bagus bagus... baru tau kalo seteher itu semacam dermaga *ehh atau emang dermaga ya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, bagus benerr.. saya aja baru tau kemaren dulu itu tempat dikasi nama seteher sama orang2 hihihi

      Delete
    2. kalo seteher itu dermaga, kalo seher itu bagian dari kendaraan bermotor *nyambung.g.ya*

      Delete
    3. Hahaha. Seher bukan yg Harry Potter itu ya? *ehh

      Delete
  23. mbak..itu kapal besar muat berapa orang? yg kecil berapa orang?
    Pemandangannya very 'biutipul' hehe..sekilas mirip Belitung ya? Ga jauh kan dari pontianak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg gede muat sekitar 25-30an orang mbak.. yang kecil 10-15an lah.. iya mirip banget mbak popi, bedanya, belitung lebih terawat.. temajok, yaaah gitu deh hihi.. kalo dari Pontianak sekitar 2-3 jam mbak :)

      Delete
  24. Bahkan kata Temajok aja gak pernah dengar aku, hihihi!
    Semoga menang ya mbak!
    Bagus deh, batu batu gitu pantainya~

    ReplyDelete
  25. wah keren tuh..... kpan" mau juga kesana. tapi kpan ya????

    ReplyDelete
  26. 90rb? aaak maauu, kenapa aku ga diajak?? :D

    ciee ikutan GA, mudah2an menang ya dinceeee *winkwink

    ReplyDelete
    Replies
    1. gih, ikutan rombongannya pak zach ;)

      aamiin, ma'aci ya kakak..

      Delete
  27. Huaaa seru tuh kak -,- jadi kepingin liburan u,u
    Semoga menang ya kak :D kalo menang traktiran *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, liburan yuk :D

      hehe aamiin, makasih Nina :)

      Delete
  28. Wah, artikelnya akhirnya terpilih menjadi juara 2 nih. Top markotop deh, Alhamdulillah salah seorang blogger Pontianak bisa menunjukkan taringnya dalam sebuah kontes menulis. Tetap semangat yach... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillaah bang ;) always cemunguud..

      Delete
  29. boleh minta contact person pemilik villa/penginapan di pulau temajo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mbak, saya gak punya :( yang ngurusi dari tim survey kami..

      Delete
  30. boleh minta contact person pemilik villa/penginapan di pulau temajo?

    ReplyDelete
  31. bisa, tapi harus ekstra hati-hati karena karangnya lumayan tajam.

    ReplyDelete

Because sharing is caring