dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Monday, 5 November 2012

KEy Smart Travelling Day 3 Part 2

Oke, mari melanjutkan cerita perjalanan bersama KEy dalam program KEy Smart Traveling 2012.

(Masih) Ahad, 21 Oktober 2012

Ms. Xithee Ami selesai membawa kami berkeliling sembari menjelaskan the history behind the interesting stuffs of the museum. Giliran saya dan para peserta menerima tantangan dari Ms. Xithee untuk gantian menjelaskan kembali apa-apa yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kami dibagi menjadi 2 tim, dan masing-masing anggota dalam tiap tim akan kebagian untuk menjelaskan sejarah di 1 negara yang melintasi jalur sutera. Saya kebagian menjelaskan di stand Sri Lanka. Let's dooo...

Aaaak!
Adik saya, Odi
2 of 4 statues

How careless I am melupakan nama-nama tokoh yang hari itu saya jelasin. Yang saya ingat hanya 3 nama: Ibnu Batuta, Marco Polo, dan Cheng Ho. Yang paling saya ingat adalah bagian Marco Polo, sang penemu spaghetti. Jadi spaghetti ini berawal dari pengalaman Marco Polo yang melakukan perjalanan ke China, kemudian suatu hari dia dipenjara. Di dalam penjara, dia dikasih makan mie. And it tasted really good in his tongue!

Pulang dari China, di Italia, negara asalnya, Marco Polo mencoba untuk membuat mie sendiri. Ternyata mie yang dibuatnya malah berbeda dari mie yang pernah dicobanya semasa di penjara. Saya melabeli mie-nya Marco Polo ini sebagai The Failed Noodle named Spaghetti, karena mie yang dibuat lurus, ga keriting *ini saya nambah-nambahin* wkwkwk.

Kemudian ada juga gem atau batu permata yang dipercaya oleh masyarakat Sri Lanka sebagai The tears of The God, alias air mata dewa. Mengapa dewa mengeluarkan air mata? Katanya sih karena konon di sebuah negeri, telah terjadi perang saudara, dan mereka tak juga berdamai sehingga menyebabkan sang dewa menjadi sedih, dan berlinanglah air matanya. Begitu.

Well done. Setelah semua peserta kebagian menjelaskan, kami diajak Ms. Xithee menyaksikan cuplikan cerita singkat tentang perdagangan di jalur sutera.

Film 1: pake Bahasa China, subtitle English
Film 2: pake Bahasa Inggris, subtitle China.

Setelah itu, perjalanan menyusuri MEMA kami lanjutkan ke Typhoon Theater. Di sini seru banget, setelah kami diajak menyaksikan cuplikan film, kemudian dijelaskan tentang negara beserta 1 per 1 barang yang terlibat dalam perdagangan di jalur sutera, di Typhoon Theater inilah puncak dari kisahnya. Berhubung filmnya 4 dimensi, maka segala guncangan, tiupan angin, sapuan ombak, sampai dengan air yang masuk ke perahu berasa nyata di panca indera kami. Sayang sekali, kami tidak diperkenankan untuk ambil gambar di ruangan ini. Tapi sebagai gambaran, saya pinjem deh fotonya dari Electrosonic.

The end of the film
Saya duduk di baris ke 3, di tengah
Puas sudah menyaksikan film di Typhoon Theater, di luar Ms. Xithee sudah menyambut kami untuk lanjut menjelaskan tentang barang-barang asli yang tenggelam di beberapa tempat dalam perdagangan di jalur sutera. Peta wilayah tempat perdagangan jalur sutera tersebut dibuat juga di lantai.

Sambas, Kalimantan Barat juga dilewati loh
Well then. Perjalanan kami di MEMA, Museum Experiental Maritime and Aquarium Singapore, sampai di sini dulu. Cerita kami di Chinatown dan Merlion, dilanjutkan di postingan berikutnya yaa. See yaa..

20 comments:

  1. jadi beneran itu di atas sejarahnya spageti, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, kecuali yg judulnya the failed noodle, itu sayanya yg nambahin hehehe

      Delete
    2. jadinya heran saja kalo para penyuka spageti katanya anti makan mi. nah.

      Delete
    3. different tongue different taste pak.. kalo kata kang asep, selera mah ga bisa diperdebatkan.. mungkin pikir mereka penyuka spageti yg anti mie, mending makan bubur daripada makan mie *lohh :p

      Delete
  2. Apa kalau fettucini ngikutin kwetiau juga ya... :D

    ReplyDelete
  3. nyimak aja, kayanya seru banget (kaya film hehe..)

    ReplyDelete
  4. Marco polo nya kreatif juga ya ? :D, nonton film 4 D, woww keren sekali pastinya.

    ReplyDelete
  5. Numpang baca aja,bingung mau koment apa.X_X

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibaca atau nggak nih? hahaha.

      Delete
  6. met sore mbk.. trmksih mbk infonnya.. tkut mbk klu liat gmbr ad orng bwah pdang hehehe.

    ReplyDelete
  7. Wah sempat juga narsis gambar yg di atas itu ya..

    ReplyDelete
  8. bukan jalan2 biasa ye, benar2 smart travelling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh ji. Pasti makin serrru kalo kw ikut ji.

      Delete

Because sharing is caring