dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Tuesday, 27 November 2012

Cara Menghitung Skor TOEFL (Paper Based)

Udah luamaaaa banget saya tidak menyengajakan diri mengerjakan soal-soal Bahasa Inggris. Baca dan buat soal juga paling-paling ketika akan mengajar. 

Maka, dalam rangka menjaga dan menambah ilmu saya dalam bidang Bahasa Inggris, saya pun mengerjakan soal TOEFL yang saya dapatkan dari internet.

Nah, saat selesai mengerjakan, saya bingung bagaimana nih bisa tau skor saya. Googling lah saya dengan keyword: Cara Menghitung Skor TOEFL, dan langsung deh didirect ke blognya Aditia Rifai

Jadi, cara menghitung skor TOEFL adalah sebagai berikut:


  • Sehabis mengerjakan soal-soal latihan toefl, hitung jumlah jawaban yang benar. Kemudian convert nilai tersebut dengan tabel di bawah ini



Misal jumlah jawaban saya yang benar untuk masing-masing sesi adalah 30, 28 dan 43. Maka nilai yang terkonversi adalah 51, 52 dan 58.

  • Jumlahkan ketiga nilai konversi tersebut. Misal: 51 + 52 + 58 = 161
  • Bagi jumlah tersebut dengan 3. Misal: 161 : 3 = 53.7
  • Kalikan dengan 10. Misal: 53.7 x 10 = 537

Jadi, nilai keseluruhan untuk contoh ini adalah 537.

Begitu caranya.

Btw, 537 ini skor TOEFL suami saya waktu iseng nemenin saya ikutan tes TOEFL beberapa pekan lalu. Skor saya? Aaah mau tau aja :p

45 comments:

  1. wah pertamax nich...
    bingung dengan penghitungannya, mslhnya blm pernah mengikuti ujian tofl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah selamat atas PERTAMAX nya hiehiheiehiee. Sayas udah jarang bisa PERTAMAX di blog miss Syahdini ini hiehiehiehiehiehiheiee

      Delete
    2. Mbak Iis, selamat :D hehe.. coba ikut mbak sesekali, buat ngetes bahasa inggris aja :)

      Delete
    3. @Kang Asep, coba terus kang :D

      Delete
  2. yang menarik nilai suaminy mba, kalo suaminya ja sebesar itu niilainya, apalagi mba Dini, pasti lebih besar tuh:}

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Test Of English as Foreign Language

      Delete
    2. nah, thank you kang sudah menjawabkan

      Delete
    3. Baru mau saya tanyain malah dah ada jawabannya hehehe...

      Delete
    4. Keren kan kang asep.

      Delete
    5. Ih saya jadi malu padahal sudah pake celana

      Delete
  4. Wah informasi menarik nih, enak juga ya kalaw sudah ada tabel gini. Jadinya mudah sekali menghitungnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kang.. jadi kepengen latian ngerjain soal terus :D

      Delete
  5. ohh gitu ya cara ngitungnya. jadi tauu

    ReplyDelete
  6. hue..
    tupel q masih 443 :(
    hua..

    kapan bisa 500 :(

    nggak ada triknya pa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tRiknya sering2 latian aja. Lama2 bakal paham konsep soalnya :D

      Delete
  7. masih gak ngerti :(


    Btw TOEFL itu hanya didapat oleh lembaga pengajaran kursus saja atau darimana sih mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari lembaga yang menyelenggarakan tes dek indra. Pusatnya di amerika, nama lembaganya ets alias educational testing service *kalo gak salah ingat hehe.

      Nah, di tiap negara, dan tiap kota, ada lembaga masing2 yg hasil toeflnya bisa dipake utk apply kerja, scholarship, dll. Gitu :)

      Delete
    2. tapi kalau dari lembaga kursus macam EF, terus apa gituu, gimana tuh mbak?


      Mbak Syahdini belum tiduurrr ???? :p

      Delete
    3. English First yak? Kayaknya mereka ada deh. Coba ntar ditanyain sama resepsionisnya yes.

      Udaaah, ni bales komen nyambil tidur(an) :p

      Delete
    4. iya ... pengen dapet toefl buat ngelamar kerja ..
      setahu mbak Syahdini, harus darimana aku mendapatkannya??


      Wuihh hebaattt, bales komen sambil mata terpejam :p

      Delete
    5. Tinggalnya di kota apa dulu nih? Kalo di Pontianak, bisa ikutan tes di UPT Bahasa Untan. Biasanya, lembaga bahasa di kampus bisa tuh. Coba aja ntar ditanya ke Universitas yg ada si kotanya mas Indra. Okesip? Siiip.

      *lanjut merem*

      Delete
    6. ooh begituh tooh ...


      *sudah merem lagi sannah...cuman lihat komentar yang singkat ini* :D

      Delete
  8. waduw,, gk berani ikut dah,, saya tidak bisa bahasa inggris

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe salah jawab gak disetrap kok bang :p

      Delete
  9. aah aku mau merger aah sama misua, kan kalo ngerjainnya bareng nilai toeflnya jadi guedee :))

    ReplyDelete
  10. aw aw aw tambah semangat belajar english

    ReplyDelete
  11. rumit juga hitungannya, knp ga pakai skor 0-100 he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh.. itulah seninya toefl

      Delete
    2. Adela Siska AnggrainiDecember 03, 2012

      Sekarang kan TOEFL skornya udah 0-120 kan ya Mba? Setau saya sih, TOEFL yang skornya 500an itu sudah dihapuskan oleh ETS. Nah, di Indonesia cuma ada TOEFL iBT yang skornya 0-120. Dari tahun 2005 kok mba.

      Delete
  12. yang paling susah itu grammanya nih,, haduuh

    udah ikutan liebster award belum, aku tag blognya ya,


    http://afrizalr.blogspot.com/2012/11/bismillah.html

    ReplyDelete
  13. sangat bermanfaat sekali terimakasih

    ReplyDelete
  14. arti tanda - (strip) untuk sesi ke 2 itu skor berapa ya mbak?
    0 atau ada nilainya?

    mohon penjelasannya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kosong, rezza. Karena sesi ke 2 untuk PBT, soalnya hanya sampai 40 :)

      Delete
  15. boleh nanya link tes toeflnya gak?

    ReplyDelete

Because sharing is caring