dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Monday, 22 October 2012

Jangan Sepelekan yang Kecil

Sebagian besar *atau kecil* orang biasanya suka bener ngeremehin yang kecil-kecil. Ngeremehin orang kecil-lah, ngeremehin anak kecil-lah, ngeremehin gaji yang kecil-lah, atau ngeremehin duit receh yang nominalnya kecil-kecil.

Uang rupiah, misalnya.

Rp. 100 itu kecil. Jaman sekarang duit Rp. 100 buat bayar parkir juga tidak cukup. Sehingga kadang kala sebagian orang memilih untuk membiarkan uang Rp. 100 bertaburan dimanamana di dalam kamarnya. Ini bukan sebagian orang sih, ini saya sebenarnya yang sering begitu hehehehehe. *kemudian diamuk massa*

Rp. 25, apalagi. Sudah amat sangat jarang saya nemu recehan Rp. 25. Padahal dulu waktu saya masih duduk di bangku MINT Bawamai Pontianak (setara SD), duit Rp. 25 bisa dapet permen 1.

Dan setelah beberapa hari lalu saya bersama suami menukarkan rupiah ke money changer, betapa angka Rp. 100 bahkan Rp. 25, bahkan Rp. 10 sekalipun, sangat kami perhitungkan dan sangat kami hargai hohoho. Soalnya, Rp. 10 kalo dikalikan  2500 misalnya, kan lumayan itu. Bisa ditukar sama 7 ringgit, atau S$ 3, atau HK$ 20, atau US$ 2. 

Uang segitu, dengan nominalnya pada masing-masing mata uang, bisa dipake buat beli apa saja juga saya belom tau hehe. Anyway, uang Rp. 25.000 itu bisa buat makan 2 kali. Cihuy.


Nah, maka dari itulah. Mulai dari sekarang, marilah kita membiasakan diri untuk tidak menyepelekan yang kecil-kecil. Seperti kata peribahasa, kecil-kecil lama-lama menjadi bukit. *eh, salah ya?

33 comments:

  1. ngga ada yang gede kalau menyepelekan yang kecil, rada nyambung dengan filosofi kehidupan sosial juga ya....:o)

    ReplyDelete
  2. YAYYA setuju dah.. harus selalu peduli sama hal kecil mbak.. :D

    ReplyDelete
  3. tapi gonggong2, eh ngomong2,
    uangnya kok ringgit sih mbak,
    tinggalnya emang di Malaysia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ceritanya mau ke Malaysia itu hehe

      Delete
  4. yang kecil terkadang juga besar manfaatnya,saya juga orang nya kecil lho mbak he he

    ReplyDelete
  5. Saya setuju dengan Miss Syahdini. Orang jatuh terpeleset itu bukan karena batu yang besar tapi karena kerikil yang kecil atau batu yang kecil.

    Kebiasaan jajanan pasar 7000 perak harga seporsi bubur ayam saja misalnya. Remeh saja cuma 7 ribu buat sarapan bubur ayam. Tapi coba jika ngebubur ayam setiap hari dalam sebulan. 7 ribu x 30 hari akan didapat sekitar Rp.210.000,- hanya untuk cemilan bubur ayam doangan. Hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimana-mana ada bubur sekarang. kampanyeee...

      Delete
    2. hiehiheiheiehiehiehiehiehiehiehiehie

      Delete
    3. @Kang Asep, hehehe perhitungan yang oke kang :D

      @Pak Zach, hihihi

      Delete
  6. iya, uang sejuta berkurang Rp1,00 juga bukan lagi sejuta kan ya Mbak?

    tulisan ini filsafati sebenarnya kan? hal yang sepele jangan pernah diabaikan, karena akan menggunung menjadi tumpukan yang menjadi masalah yang terakumulasi.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Uang satu juta kalaw dibelikan Bubu Ayam pasti banyak sekali. Makan besar kayak di program TV swasta. Bravo Bubur hiheiheiheiheiheiheiee

      Delete
    2. @Pak Zach, nah itu dia maksud saya pak..

      @Agus, oke oke

      @Kang Asep, wkwkwk..

      Delete
  7. kalo gak ada yang kecil, gak bakal ada yang BESAR :)

    ReplyDelete
  8. Asik yang abis jalan-jalaaan :9
    Kalau aku seneng banget koin mbak...
    Targetnya mau nimbun koin satu ton...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah nukerin Rp.400.000,- ke dalam pecahan Uang Logam (koin) pecahan seribu rupiah dari Bank BTN Cabang Pontianak. Cukup berat bawanya. Bayangkan kalaw 1 Milyar ditukerin uang koin pasti ber truk truk bawanya.

      Delete
    2. @Una, buanyaknyaa ahahaha

      @Kang Asep, buat nimpuk orang ya kang? hehe

      Delete
  9. Sepakat..!! Yang kecil-kecil tetap menentukan yang besar.. uang 100 juta saja gak genap nilainya kalo gak ada 25 rupiah.. iya gak..??

    ReplyDelete
  10. Iya Mbak dini.. sy setuju. Contohnya itu seperti 1000 koin untuk bilqis. Dari uang koin yang nilainya sedikit ntu, menghasilkan jumlah yang luar biasa besarnnya.

    Jadi jangan menyepelekan hal-hal kecil.. termasuk juga dengan pekerjaan ^^..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama koin buat prita ya, bisa nyampe ratusan juta :)

      Delete
  11. Ouch.. aku banget. uang 500 an bertebaran di rumah. sampe PRT ku mungutin 1-1. pdhl kalau lg diberesin bs dpt 30k lho bwahahahah
    Yuk.... makasih sudah mengingatkan yaa ^^

    ReplyDelete
  12. Bener banget kata- katanya, hal yang kecil juga dapat menjadikan hal besar

    ReplyDelete

Because sharing is caring