dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Friday, 27 July 2012

Menu Buka Puasa Paling Sehat

Artikel ini saya dapat dari broadcast Blackberry Messenger. Sangat disayangkan tidak ada link sumbernya. Anyway, coba dibaca aja dulu ya, siapa tau bermanfaat ^^


MENU BUKA PUASA PALING SEHAT

adalah:
Segelas air agak hangat..


15-20 menit kemudian fresh juice atau buah-buahan segar yang "moderat" seperti pepaya, apel kupas, melon, pear, dll tanpa kulit. Hindari yang agak ekstrim seperti nanas, durian, mangga dan sejenisnya. 30 menit kemudian barulah makan agak besar..

Mengapa ?

Ada 3 alasan utama:

ALASAN 1:
Perut masih kosong dan konsentrasi asam lambung agak tinggi ditandai dengan "aroma" mulut yang berbeda akibat hawa asam lambung yang naik.

Untuk itu perlu "diencerkan" dengan segelas air hangat-hangat kuku. Dan baik untuk sedikit menguras ginjal dan menambah persediaan air tubuh yang telah hilang selama hampir 14 jam

ALASAN 2:
Tubuh perlu asupan energi seketika (instant) yang biasanya didapat dari gula. Oleh karena itu asupan fruktosa (karbohidrat sederhana) dari juice atau buah segar akan langsung mengisi energi kita.
Mengapa bukan gula ?
Karena gula hanya glukosa tanpa nutrisi.

ALASAN 3:
Juice atau buah segar akan 100% manfaatnya bagi tubuh saat diminum atau dimakan dengan perut kosong sama sekali. Karena life enzymenya akan bisa diserap semuanya oleh sistem pencernaan tubuh kita.

Namun tenggang minimal 30 menit untuk ke makan besarnya. Jangan campur juice atau buah segar dengan gula, kopi, susu atau apa pun. Biarkan juice dan buah masuk secara independen.

Pola Buka Puasa ini sudah merupakan setengah detoksikasi karena lambung betul-betul dalam keadaan kosong dan saluran pencernaan dalam keadaan santai saat mencerna nutrisi dan life enzyme dari juice atau buah segar tersebut.

Semoga bermanfaat...

NOTE:
Konon, akan lebih baik buah utuh - tidak juice. Karena, proses "mengunyah" bermanfaat menerbitkan enzym liur yang teramat dibutuhkan dalam proses pencernaan. Kalau tidak, akan menguras "enzym induk" (cadangan) yang senantiasa stand by menjaga kebutuhan aneka enzym (enzym jantung, enzym ginjal dll). Secara teknis, MATI adalah terkurasnya enzym cadangan ini.

Selamat bersiap-siap untuk berbuka :)

17 comments:

  1. korma dulu lah, mengikuti sunnah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaiyalah :)

      korma is uncomparable :))

      Delete
  2. wah, nice inpoh mbak :P

    oh y, abis ini ganti menulis tentang mengapa mendahulukan korma saat buka puasa :))

    ReplyDelete
  3. iya ya memang air putih bnayak manfaatnya .. ^_^
    ane coba gan tipsnya...

    ReplyDelete
  4. terima kasih ilmunya yah..
    sungguh sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  5. menu sederhana tapi luar biasa, thanks for your sharing, its useful:}

    ReplyDelete
  6. Wokeee kadang aku kalau buka langsung minum es jeh x_X

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh diganti mulai besok :D

      Delete
  7. Wah ternyata saya sama Una Vifa Escrita de la Una sepakat serasi selaras seimbang dalam urusan selera. Kadang saat buka langsung minum es hehehehehehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh ganti kang mulai skarang :D

      Delete
  8. saya selama ini ngandalin jus tu. wah OK masukan bagus Mbak. siip.

    ReplyDelete

Because sharing is caring