dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Wednesday, 18 July 2012

Keajaiban Matematika

Walaupun saya bukanlah perempuan yang pandai matematika, tapi rasanya tiada mengapa deh ya kalo saya berbagi tulisan tentang Keajaiban Matematika ini. Ajiib bener dah pokoknya. Sayang rasanya kalau tak dibagikan. Buat yang sudah pernah dapat, anggap saja ini friendly reminder yah :)


Simtetrissss. Keren kan? 

Yang ini juga gak kalah keren nih:

1 x 9 + 2 = 11
12 x 9 + 3 = 111
123 x 9 + 4 = 1111
1234 x 9 + 5 = 11111
12345 x 9 + 6 = 111111
123456 x 9 + 7 = 1111111
1234567 x 9 + 8 = 11111111
12345678 x 9 + 9 = 111111111
123456789 x 9 + 10 = 1111111111

9 x 9 + 7 = 88
98 x 9 + 6 = 888
987 x 9 + 5 = 8888
9876 x 9 + 4 = 88888
98765 x 9 + 3 = 888888
987654x 9 + 2 = 8888888
9876543 x 9 + 1 = 88888888
98765432 x 9 + 0 = 888888888

Hebat kan?
Coba lihat simetri ini :

1 x 1 = 1
11 x 11 = 121
111 x 111 = 12321
1111 x 1111 = 1234321
11111 x 11111 = 123454321
111111 x 111111 = 12345654321
1111111 x 1111111 = 1234567654321
11111111 x 11111111 = 123456787654321
111111111 x 111111111 = 123456789876543 21

Wowowowowowww. Masih kurang hebat? Coba lihat yang ini:


Jika 101% dilihat dari sudut pandangan Matematika, apakah ia sama dengan 100%, atau ia LEBIH dari 100%?

Kita selalu mendengar orang berkata dia bisa memberi lebih dari 100%, atau kita selalu dalam situasi dimana seseorang ingin kita memberi 100% sepenuhnya.

Bagaimana bila ingin mencapai 101%? Apakah nilai 100% dalam hidup?
Mungkin sedikit formula matematika di bawah ini dapat membantu memberi jawabannya.

Jika ABCDEFGHIJKLMNO PQRSTUVWXYZ

Disamakan sebagai 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26

Maka, kata KERJA KERAS bernilai :
11 + 5 + 18 + 10 + 1 + 11 + 5 + 18 + 19 + 1 = 99%

H-A-R-D-W-O-R-K
8 + 1 + 18 + 4 + 23 + !5 + 18 + 11 = 99%

K-N-O-W-L-E-D-G -E
11 + 14 + 15 + 23 + 12 + 5 + 4 + 7 + 5 = 96%

A-T-T-I-T-U-D-E
1 + 20 + 20 + 9 + 20 + 21 + 4 + 5 = 100%

Sikap diri atau ATTITUDE adalah perkara utama untuk mencapai 100% dalam hidup kita. Jika kita kerja keras sekalipun tapi tidak ada ATTITUDE yang positif didalam diri, kita masih belum mencapai 100%.

Tapi, LOVE OF GOD
12 + 15 + 22 + 5 + 15 + 6 + 7 + 15 + 4 = 101%

atau, SAYANG ALLAH
19 + 1 + 25 + 1 + 14 + 7 + 1 + 12 + 12 + 1 + 8 = 101%

Walopun tampaknya 'hanya sekedar' permainan angka, but this COOL! Too good to be true to call it as a coincidence :)

Disalin dari: sini

47 comments:

  1. ini pelajaran yang ane ga suka hehe...
    tapi kalo disampein dengan cara begini jadi menarik kayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setubuh sama Mas Muro'i El-Barezy, saya juga termasuk yang "demam" dan "panas dingin" sama pelajaran Matematika, dan sampai sekarang masih sebel sama Matematika. Dengan adanya postingan ini jadi penasaran juga sama Matematika hieiheieiheiheieie

      Delete
    2. @Bang Muro'i, sama dong kita hihihi

      @Kang Asep, *toss dari jauh*

      Delete
  2. kalau pada kasus deret diatas itu bisa dijelaskan memang secara matematika mbak, mungkin dengan sedikit persamaan aljabar linear sederhana,
    pada kasus kedua yg contohnya kata "kerja keras" atau "sayang Allah" itu bisa jadi kata lain yang konotasinya sangat buruk juga memiliki nilai yang sama 101%,
    tapi bagaimanapun matematika telah membantu hidup saya, segala hal dapat saya berikan besaran seperti halnya variabel lalu dimasukkan ke dalam sebuah persamaan, jadi hidup yang saya jalani sangat logis.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa, padahal saya di SMA anak IPA, tapi materi deret aljabar linear segala macem *yang mungkin malah materi SMP ya? hahaha* malah udah lupa :p

      iya sih ya.. somehow, it was really amazed me, and still is :D

      Delete
  3. WWWAAAhh asli keren banget yak matematika,. selaa ini saya yang terbayang belajarnya integral, diferensiasl.. kalkulus, matriks..rupanya dibalik kengeriannya banyak keindahan matematikla ^^

    ReplyDelete
  4. hebat ya ,, bener-bener pas banget , kaya ajaib ,, , sesuatu yang tersembunyi dari matematika... ada keunikannya yah ... ^_^

    ReplyDelete
  5. saya copy ya Mbak. mau saya tunjukin buat anak-anak saya. makasih atas ijinnya (udah ngasih ijin kan?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe silakeun pak. saya juga dapet copy :)

      Delete
  6. Luar Biasa ..Untuk masalah ini benar2 baru tau ni..

    ReplyDelete
  7. Masya Allah terpaku mbae.. ;)

    ReplyDelete
  8. Baru tahu saya mbak, keren euy :)

    ReplyDelete
  9. subhanallah.. memang mbak segala sesuatu yg datang dari tuhan tentunya ajaib..

    Blognya sudah saya follow#151 jika berkenan boleh minta follbeknya,, masih newbie butuh dukungan.. hehe.. terimakasih..

    ReplyDelete
  10. Ya ampun keren banget mbak,, saya baru tau ga nyangka hasilnya bisa begini.. saya juga pernah posting keajaiban tapi tentang al-qur'an bukan matematika.. *geleng2 kepala..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo AlQur'an mah ajaib bangeet..

      Delete
  11. Super duper keren!!! Ternyata pelajaran yang paling saya benci di dunia ini punya 'keajaiban'. Ijin copy ya Mbak, kalo nggak boleh, saya maksa ya hehe...

    ReplyDelete
  12. Keren mba :D hahaa...
    Bisa gitu ya? hmm itu sih kaya tambah2an :p
    nice post nih mba Ijin copas ahh :p :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hihihi..

      silakeun dicopas dek fahmi.

      Delete
  13. first visiting :) nice to know you :)

    ReplyDelete
  14. tanpa disadari otak dan cara berpikir kita sudah di tuntun untuk kesana ya :D
    keren bangettt ...aseli deh :P

    ReplyDelete
  15. saya sepakat dan sependapat bahwa semakin dipelajari matematika semakin menampakkan keajaibannya, hanya saja bagi sebagian orang ( termasuk saya ) pelajaran yang satu ini seringkali menjadi momok menakutkan, terlebih bila guru yang membimbing bertype galak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget abi sabila :)

      Delete
  16. Ck... Ck... CK... Ayas jadi terkagum-kagum sampek bengong dan Gak bisa Ngitung lagi... kalo liat hasil Kreasi Matematik gituan!!

    Pertanyaannya.. kok bisa gitu yach???
    Tell Me Why???
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, makanya disebut ajaib hehehe

      Delete
  17. emang gak bisa dipungkiri lagi, semua yang ada di dunia ini dasarnya adalah matematika. Semua unsur alam ada perhitungannya sendiri.. Tuhan memang maha sempurna bisa teliti se telitinya membuat dunia.. #kok jadi ngelantur.. hehehe

    lucu juga sih mbak mainan angkanya, tapi kalo mainin angka pas matakuliah aljabar udah gak lucu lagi.. heheh.. salam kenal ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya deh..

      salam kenal juga nanda :)

      Delete
  18. ko bs gitu ya..?, perasaan waktu SMU dlu gk ada yg gituan..?? *smile

    ReplyDelete
  19. ga ada yang kebetulan kan di dunia ini? dan Allah Maha Memperhitungkan segala sesuatu ;)

    ReplyDelete
  20. Amazing... biasanya, kalau melihat angka2 saya suka males duluan. Ga mau ngelanjutin baca. tapi kalo ini, bedaa... menarik skali, tanpa sadar smpai tuntas membacanya. Keren abiss deh

    ReplyDelete
  21. wooww..#MndadakSpeechless
    amazzziiiingggg deh pokoknyaa..
    andaikan, klo ngajar MTK ny kayak ini, pasti gak ngbosanin.Udah ngebosanin, gurunya galak pula, cukup sudah pndrtaan..hihi

    ReplyDelete

Because sharing is caring