dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Thursday, 26 July 2012

6 Fakta Ilmiah Keajaiban Puasa



Inilah fakta-fakta ilmiah yang tersebar dalam berbagai buku dan penelitian medis yang menegaskan manfaat dan keuntungan Ibadah puasa:'

  1. Ibadah puasa adalah sarana pencegahan dari sejumlah penyakit dan gangguan kesehatan yang timbul akibat kebiasaan makan berlebihan dan berkesinambungan sepanjang tahun tanpa pernah berhenti.
  2. Ibadah puasa merupakan sarana terapis untuk beberapa penyakit ganas dan kronis.
  3. Ibadah puasa mampu membangkitkan kinerja seluruh proses vital yang berlangsung di dalam tubuh, meningkatkan performanya. Puasa pun meremajakan komponen-komponen sel dasar dan energi yang tersimpan di dalamnya sehingga lebih kuat dan lebih mampu menghadapi hal-hal yang berat atau keadaan damrat di saat tubuh mengalami pasokan makanan yang sedikit atau tidak mendapatkan pasokan selama sekali dalam jangka waktu tertentu.
  4. Ibadah puasa menjadi pengontrol dan penekan gejolak sek- sual yang membara, terutama di kalangan ramaja dan anak muda.
  5. Ibadah puasa tidak memberatkan atau menyulitkan tubuh. Gejala memberatkan yang dirasakan secara ilusif (termasuk lapar) sebenarnya hanyalah karena menyalahi kebiasaan dan jam makan.
  6. Ibadah puasa merangkum dua proses anabolisme dan kata­olisme sekaligus dalam satu waktu, sehingga ia bisa memenuhi pasokan glukosa sebagai satu-satunya bahan bakar untuk sel otak dan sebagai bahan bakar utama seluruh jaringan lainnnya.

Sekarang ini, hakikat puasa semakin terkuak sebagai sebuah mukjizat ilmiah dan kebutuhan humanis. Fakta kebe­naran ini akan terus tersingkap lebih banyak lagi seiring de­ngan peningkatan pengetahuan manusia mengenai hukum- hukum penciptaan.

Sumber : Terapi Puasa, Oleh Dr. Abdul Jawwad Ash-Shawi

Disalin dari: Republika

23 comments:

  1. Horee pertamax kasih kumen. Hihiehiehiehiehiehiee. Nah nah Puasa memang banyak manfaatnya bagi saya, yang salah satunya adalah mengerem pengeluaran yang tidak perlu. Tapi kadang juga kebablasan yang seharusnya bisa ditekan selama bulan Puasa, malah semakin kedodoran

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. keuangan ya kang.

      Delete
  2. yang terapi penyakit ganas eksplisitnya penyakit apa aja Mbak? seru nih kalo diterangkan kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. *garuk2pala*

      tanya sama penelitinya aja yuk pak hehe

      Delete
  3. jika ternyata tidak sesuai dengan teori di atas, berarti puasa kta ada yang salah kali yah:}

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh afwan komennya ada 2, jadi di hapus 1 hehe...maklum jaringan lagi error:}

      Delete
  5. kalo saya, selain niat ibadah, puasa itu bikin badan jadi enteng! Pulang kantor ngejar kereta jadi cepat... hehe

    ReplyDelete
  6. Subhanallah fakta-fakta ilmiahnya ya mbak =D

    ReplyDelete
  7. baru tahu mbak dini klo puasa bisa mencegah penyakit ganas dan kronis...
    kira2 pnyakit apa saja yah??? Hmmm... tik.. tok... tik.. tok... ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakit mag salah satunya..

      dan penyakit hati, itu penyakit paling kronis dari berbagai penyakit fisik lainnya tuh :D

      Delete
  8. oh ..bisa untuk pencegahan penyakit ya mbak...contohnya penyakit apan tu???
    tpi yang terpenting pasti niatnya , karna niat yang baik pasti akan bermanfaat....

    ReplyDelete
  9. wew, horay horay, puasa puasa, mari kita puasa #malah nyanyi, hehehe :P

    ReplyDelete
  10. Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
    nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    ReplyDelete
  11. waw.. ayo kalo gitu puasanya jangan ada yang bolong
    terutama anak muda yang biasa otaknya "jorok" :P
    kan ada dampak postipnya tuh :P no 4

    ReplyDelete
  12. jadi semakin semangat setelah tahu akan keajaiban manfaat berpuasa..
    terima kasih ilmunya yah..
    I like it..

    ReplyDelete

Because sharing is caring