dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Saturday, 2 June 2012

Doa Ibu Saat Marah

Hari sabtu postingannya yang ringan-ringan saja yah. Kisah ini saya dapat dari broadcast messenger salah seorang saudari. Cekidot.

Seorang bocah mungil sedang asyik bermain-main tanah. Sementara sang ibu sedang menyiapkan jamuan makan yang diadakan sang ayah. Belum lagi datang para tamu menyantap makanan, tiba-tiba kedua tangan bocah yang mungil itu menggenggam debu. Ia masuk ke dalam rumah dan menaburkan debu itu diatas makanan yang tersaji. Tatkala sang ibu masuk dan melihatnya, sontak beliau marah dan berkata:

"Idzhab ja'alakallahu imaaman lilharamain," yang artinya:

Pergi kamu...! Biar kamu jadi imam di Haramain...!"

Dan Subhanallah, kini anak itu telah dewasa dan telah menjadi imam di masjidil Haram...!! Tahukah kalian, siapa anak kecil yang di doakan ibunya saat marah itu...??

Beliau adalah Syeikh Abdurrahman as-Sudais, Imam Masjidil Haram yang nada tartilnya menjadi favorit kebanyakan kaum muslimin di seluruh dunia.

****

Pic: here

Ini adalah teladan bagi para ibu, calon ibu, ataupun orang tua... hendaklah selalu mendoakan kebaikan untuk anak-anaknya. Bahkan meskipun ia dalam kondisi yang marah. Karena salah satu doa yang tak terhalang adalah doa orang tua untuk anak-anaknya. Sekaligus menjadi peringatan bagi kita agar menjaga lisan dan tidak mendoakan keburukan bagi anak-anaknya. Meski dalam kondisi marah sekalipun.

"Janganlah kalian mendoakan (keburukan) untuk dirimu sendiri, begitupun untuk anak-anakmu, pembantumu, juga hartamu. Jangan pula mendoakan keburukan yang bisa jadi bertepatan dengan saat dimana Allah mengabulkan doa kalian..." (HR. Abu Dawud)

Wallahualam Bishawwab.

50 comments:

  1. subhaanAllah... @.@ moga bisa ditiru istriku ntar :D

    ReplyDelete
  2. ini harusnya di baca calon istri gue, (tapi entah kapan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tar kalo dah punya, calonnya diboyong kemari ya yaz.

      Delete
  3. saya juga walo 1000x dimarah umi tapi dgn kata2 mendoakan seperti itu saya mau mbak :)

    moga kelak sy bisa mengambil hikmah dari posting ini. menjadi istri dan ibu yang barokah untuk keturunan saya. amin

    ReplyDelete
  4. menyentuh sekali!

    alhamdulillah ibu saya, juga istri saya, selalu menyampaikan ungkapan thayyibahnya saat marah.

    indah sekali ya, subhanallah.

    ReplyDelete
  5. karena ngga tau ya saat apa doa itu di ijabah =)

    ReplyDelete
  6. wahhh, ampun dah gua kalo sempat ibu sempat berdoa yang jelek..
    gak berani gua

    ReplyDelete
  7. artikel yang sangat berbobot nih,,, signifikan dan sangat konkrit,,,, salam kenal aja dan semoga artikelnya bermanfaat,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah. Salam kenal juga.

      Delete
  8. subhanallah..doa seorang ibu selalu dikabulkan oleh ALLAH :)

    ReplyDelete
  9. Mengharukan dan ini menjadi pelajaran berharga buat saya dan Insya Allah akan saya amalkan. Mencerahkan. Thanks for posting this one. Excellent

    ReplyDelete
  10. menjadi pelajaran buat kita semua terutama para orangtua yang telah memiliki buahhatinya dirumah....
    thx pencerahannya !

    ReplyDelete
  11. Subhanallah yah.. Menginspirasi sekali.. tambah suka dengan setiap postingan di blog ini...

    ReplyDelete
  12. desain blognya keren, tulisanya juga, bakal sering maen kesini nih, :D. visit my blog ya,, kasih kritik dan saran,, :D

    ReplyDelete
  13. saya suka postingan ini .. sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  14. ya karena mulu t kita berkuasa makanya jangan mendoakan yg jelek2 ya

    ReplyDelete
  15. Subhanallah.... hal ini yang sudah langka dilakukan oleh ibu-ibu masa kini ya mb...
    Semoga kelak saya bisa menjadi seorang ibu yang seperti beliau, amiiiinnn... :)

    ReplyDelete
  16. subhanallah
    keren sekali miss :D

    ridhollahi ma'a ridho walidain :D

    ReplyDelete
  17. dan sebagai anak pun, kita jangan sampai berbuat yang tidak baik yang memaksa ibu kita berucap hal yang tak baik..
    bahagiakan mereka (kedua ortu kita) agar mereka slalu mendoakan kebaikan bagi kita..^_^
    makasih mbak tulisannya mengingatkan ku pada mereka dan memberiku semnagat untuk terus berbakti

    mampir lagi ya..
    klik EPICENTRUM

    makasih..^_^

    ReplyDelete
  18. setelah aku baca postingan ini aku jadi teringat sama mamaku yang di rumah mba :'( aku emang pengen punya mama kayak yang di postingan ini mba, tapi aku sudah bangga dengan mamaku sekarang :)...

    ReplyDelete
  19. hua nyokap aku galaknya ampun2an kalo marah maki2 aku udah ga inget dosa,parah deh pokoknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh nih mamanya dikasi postingan ini :D

      Delete
  20. hadir lagi untuk baca-baca mba dini :)

    happy blogging :)

    ReplyDelete
  21. terima kasih mbak untuk postingannya menambah ilmu saya

    salam persahabtan,
    pertama kali saya berkunjung kemari,

    ReplyDelete
    Replies
    1. subhanallah....sungguh indah marah nya sang bunda....bila seluruh ibu di dunia ini marhnya do'a kita bisa bayng kan jadinya anak-anak di dunia ini menjadi anak yang sholeh sholkhah....salam kenal ....bahagia itu indah...

      Delete
    2. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

      Delete
    3. sama2 :)

      salam kenal juga, dan aamiin untuk doa2nya :)

      Delete
  22. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    ReplyDelete
  23. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiih, kayaknya ini bukan tips deh hehehehe ^^v

      Delete

Because sharing is caring