dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Friday, 18 May 2012

Nyamuk dan 100 mata


“Sesungguhnya Allah tidaklah malu membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih rendah dari itu….”  (QS Al Baqarah : 26)

Siapa sih yang tak kenal nyamuk. Sehari-hari bersama kita, sering bikin sebel karena ganggu tidur kita. Bahkan yang lebih bikin khawatir hati kita belakangan ini, makhluk yang kelihatannya sangat lemah ini banyak menimbulkan masalah. Akibat gigitannya timbul berbagai penyakit dari yang ringan sampai yang mematikan, sebut saja misalnya bentol-bentol, demam berdarah, malaria, sampai kaki gajah. Na’udzubillah i mindzalik ya. Tapi pernahkah kita tahu seperti apakah wujud sebenarnya nyamuk itu?

Kalau Allah secara khusus menyebut nyamuk dalam firman-Nya seperti diawal tulisan ini, berarti pasti ada sesuatu yang istimewa yang ingin Allah tunjukkan kepada kita supaya kita semakin tunduk kepada-Nya. Coba simak nih betapa Maha Kreatif Allah menciptakan nyamuk:

Dia adalah seekor betina.

Pic source: here


  1. Memiliki seratus mata di kepalanya.
  2. Memiliki 48 gigi di mulutnya
  3. Mempunyai 3 jantung dalam perutnya, lengkap dengan bagian-bagiannya
  4. Memiliki 6 pisau pada belalainya dan masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda
  5. Memiliki 3 sayap pada setiap sisinya
  6. Punya pendeteksi panas yang bekerja seperti infra merah yang berfungsi memantulkan warna kulit manusia pada kegelapan menjadi berwarna ungu hingga terlihat olehnya
  7. Punya alat pembius yang membantu dari bahaya jarumnya, agar manusia tidak merasakan gigitannya. Adapun apa yang kita rasa seperti gigitan adalah hasil dari hisapan darah kita.
  8. Ada alat penyeleksi darah hingga dia tidak menghisap sembarang darah
  9. Dilengkapi juga alat untuk mengalirkan darah hingga darah bisa mengalir lewat belalainya yang sangat lembut dan kecil
  10. Dan yang lebih menakjubkan lagi dari semua ini adalah ternyata di punggung nyamuk ada serangga yang sangat kecil, yang tidak dapat dilihat kecuali dengan alat pembesar atau mikroskop.
  11. Sebuah sayap nyamuk mampu mengepakan 300-600 kali perdetik.
  12. Seekor nyamuk betina dewasa mengkonsumsi sekitar 5-sepersejuta liter darah.
  13. Seekor nyamuk betina dewasa beratnya hanya sekitar 1/15.000 ons atau sekitar 2,0 miligram.
  14.  

Sebagian ngambil dari Control Mosquitos dan dari tuan muda


Jadi, yang selama ini gigit-gigit kita adalah NYAMUK BETINA, bukan nyamuk jantan. Pantesan aja saya lebih sering digigit dibanding suami saya ya. <-- Ini analisa asal :p

Maka, Maha Benar Allah dengan firman-Nya : “Sesungguhnya Allah tidak malu membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih rendah/kecil dari itu…”



32 comments:

  1. subhanallah atas pengetahuan detail dari seekor nyamuk sekalipun. 3 jantung pula. yang betina pula ternyata yang tukang gigit. btw, ini mau hijrah ke nyamuk dari kupu-kupu ya Mbak? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha tidaaaak. Tetep kupukupu donk heheh.

      Delete
    2. ahahahahah... sepertinya mau hijrah nih, mau repolusi jadi nyamuk :P

      Delete
    3. Faizal mau? Saya ga mau ah xixixi.

      Delete
  2. emang nyamuk matanya ada seratus????

    waaah baru tau aku...

    makasih sobat...akhirnya aku tau apa yg blm pernah aku ketahuia..nambah ilmu...

    ReplyDelete
  3. Tambah satu lagi. Nyamuk umurnya paling lama hanya satu minggu, habis itu matik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikkk, thank you tambahan datanya :D

      Delete
  4. Yup. Yang ngisap darah emang nyamuk betina karena dia butuh protein lebih, kalo ga salah buat bereproduksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess, dapet tambahan data lagi :D

      makasiiiiw..

      Delete
    2. Wah wah bener juga ya, informasi yang sangat berharga ini memang sangat diperlukan sekali. Memang harus waspada terhadap bahaya Laten nyamuk seperti ini.

      Hindari pakaian tertumpuk di dalam kamar, karena kata orang itu salah satu tempat favorit saya eh salah nyamuk ngumpul ngerumpi.

      Excellent posting

      Delete
    3. Hahaha.

      Thank you kang asep.

      Delete
  5. wew, ada seratus, huuuuu, banyak ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan untuk ukuran binatang sekecil nyamuk :)

      Delete
  6. kalo yang suka gigit itu betina sih saya udah tau ya, cuman tentang nyamuk yg punya mata sebanyak itu saya baru tau. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blognya makin keren nih, bisa di reply! :)

      Delete
    2. Hehehehe. Hasil utak-atik tangannya Fahmi nih :D

      Delete
    3. waduh, jago emang dia. Hihi saya rencananya mau ganti template lg. Udah dpt di google skipnya, eh malah ga bisa di reply. Batal deh!

      Delete
    4. Minta dimodifin aja sama fahmi :D

      dia jago beuuud maen html.

      Delete
  7. Ternyata nyamuk lebih menyeramkan dari yg kita duga :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi saya, fakta-fakta di atas malah menakjubkan :)

      efek digigit nyamuknya sih tetep nyeremin ya.

      Delete
  8. wahhh banyak banget 100 mata mba :)

    itu aja yang saya baru tahu hahah :D

    ReplyDelete
  9. waw saya sebagai laki" wajib waspada diciumi wanita nyamuk ( kebalik nyamuk wanita hehe)

    thanks miss, nice posting ^^ coba mis masukin penangkalnya apa selain minum obat nyamuk hehe ^_^V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ndak ah nanti jadi promo produk :p

      Delete
  10. Subhanallah ya, Allah memang Maha Kreatif, Maha Memperhitungkan, Maha Indah, pokoknya Maha Segalanya deh.. dan untuk orang2 yg tdk percaya Tuhan silakan tandingi dengan menciptakan nyamuk, dan sesungguhnya kamu tidak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoihyoi. Semuanya serba rapi dan teratur. Tak seorangpun yg bakalan sanggup menciptakan makhluk sekecil nyamuk dgn anatomi yg demikian menakjubkan :)

      Delete
  11. Kecil-kecil tapi menakutkan juga ya. Untung kecil, coba kalo besar. Hehe

    Salam kenal, baru pertama berkunjung .. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo besar mirip monster ya jangan2 hehe

      salam kenal juga. Terima kasih :)

      Delete
  12. hehehe baru tau nyamuk matanya ada 100 yang liat gimana ya hehehe trus yang betinanya cari darah yang jantan cuma ngrumpi ya

    ReplyDelete
  13. AnonymousJuly 02, 2013

    saya dah tugas tuk menerangkan paru-paru nyamuk di kok keterangan soal itu tidak ada ?
    klo ada yang tahu infonya tlong dunk..trims

    ReplyDelete

Because sharing is caring