dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Saturday, 5 May 2012

Nostalgia dengan Jajanan


2 hari lalu, saya dan suami belanja ke swalayan. Biasalah, menjaga stok cemilan di kamar muehuehue. Daaan, kemarin saya nemu sebungkus kudapan alias ciki alias snack yang udah lamaaaa saya ga liat.


Huwaaah, udah lama sekali saya tidak makan opak jaipong. Jaman SD, harganya masih Rp. 100. Yang bungkus kecil sih. Yang malam itu saya beli harganya sekitar Rp. 4ribuan dengan berat bersih 60 gram. Dan snack ini membuat saya teramat sangat kangen dengan snack ini:

Sumber gambar dari sini

Khong Guan kok ga produksi Mimi lagi sih :(

Paling suka makan mie yang 1 ini. Dulu sebungkusnya Rp. 500. Betah banget melewati panas terik demi membeli sebungkus Mimi di warung maknyah yang lumayan jauh dari rumah. Pun seneng juga bolak balik kantin MINT Bawamai Pontianak *nama SD tempat saya menuntut ilmu* untuk beli sebungkus atau 2 bungkus Mimi. Emaaak, akuh kangen makan Mimiiiii...

Kangen juga sama ciki yang mereknya 'Baso Goreng', yang bungkusnya warna kuning dan berhadiah maenan atau uang. Saya coba gugling gambarnya tapi nihil. Mungkin sudah tak diproduksi juga, atau mungkin tak ada yang iseng majang di blognya hehe.

Kangen juga sama Es Kue alias Sponge Ice alias es gabus yang dulu biasa dijual di kantin SD. Kali ini saya tidak mencoba gugling gambarnya melainkan langsung bikin sendiri hehe. Ini dia hasilnyaaa.

Belum dibekukan, mirip kue lapis pelangi yes hihihi.

Es kue yang sudah beku, siap dinikmati.

Beberapa gambal diambil dari webbygram saya.

Pengen coba bikin juga? Ga susah loh. Resepnya bisa dibaca di halaman posterous saya :)

Masih ada banyak lagi jajanan-jajanan era SD/SMP yang saya rindukan. Yang di atas hanya beberapa di antaranya. Teman-teman punya jajanan favorit juga semasa SD/SMP? Yuk aah dibagi di sini ;)

50 comments:

  1. Ooo... Lagi musim nge review makanan jadul nih. Kangen T___T cuma yang mie aku ga tau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita beda generasi soalnya hehe

      Delete
    2. Cieee :)) okokok, mau dong mba, kirim buat aku. Laper.

      Delete
    3. Tsaaah sponge ice mana bikin kenyang zal wkwkwk.

      Delete
  2. ahahahaaha, jaman saya SD opak jaipong juga masih 100 perak, Kak!
    Es itu kalau ditempatku namanya es busa. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiih ada nama lain lagi rupanya. Hihi.

      Delete
    2. sponge = busa kan ? iya namanya es busa

      Delete
  3. ini yang terakhir, "es kue" ya kalo di situ namanya? masih suka dibikin istri saya. makannya kalo pas libur siang-siang jam 1-an yang terik. wahh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget dah pak zach. Adeem cess di kerongkongan dimakan siang2.

      Delete
  4. klo ane lagi cari welcome mie sob :)

    ReplyDelete
  5. ya iya aku juga suka sama mimi dan es kue, makan es kue itu rasanya gimanaa gitu.. tapi sekarang ga pernah nemu lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuuk atuh dibikin sendiri mbak. Mudah bikinnya loh :D

      Delete
  6. kalau mengenang cemilan masa kecil, jadi ingat sama mie anak emas.. enaaaaaaak benaar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diremukin sekali kangsung ancur yes ngahaha.

      Delete
  7. ape tuh ye namenye yang bulat-bulat pedas tuh... kayak sukro... hah udah lupaaaaaaaaaaaa

    mimi juga suke. mie gemez, ape agek yeeeee... banyakkkk es sabun, es kado, dan es parut, es pasong, dan semueeeeenyeeeeeeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketawan deh kuat jajan jamanbdolok ngahahaha

      Delete
  8. Yang es gabus pernah makan sob, tapi yang snack jaipong belum pernah lihat hehehe...

    ReplyDelete
  9. aku naksir yang kue lapisnya, enak sekali tampaknya :)

    ReplyDelete
  10. itu foto yg plg bawah jajan kesuka'anq wktu SD hehehehe

    ReplyDelete
  11. es kue lapis smpai sekarang masih di minati di kampung ku

    ReplyDelete
  12. hua hahahaha, es gabus itu mengingat kan masa2 dulu #sok histeris
    kira-kira masih ada gak ya :D
    hmmm, dulu makanan kesukaan saya apa ya, hmmm, jarang makan soalnya (kasian), kl serabi gmn ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jualan es gabus yak? *lohh :p

      masih ada es gabus ni lagi dimakan ma suami :D

      *sodorin es gabus

      Delete
  13. Wahaha..suka kerupuk jaipong yah :-)

    sama kaya ane waktu SD dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seangkatan dong kita hihihi

      Delete
  14. @diniehz minta resepnya duunddd *wink wink*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah diposting di sini mbak: http://diniehz.posterous.com/resep-es-kue-sponge-ice monggo dicekidot.

      Selamat mencoba :D

      Delete
  15. wahaaha..jajananku waktu kecil

    trimakasih sob,happy blogging

    ReplyDelete
  16. wahh jaipong -_- jdi teringat...
    ada mbak, jajanan namanya "Ajisan". skarang udah ngilang entah kemana,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru denger saya ci. Jajanan2 jaman dulu kebanyakan micin x ya jadinya ditarik dari peredaran haha..

      Delete
  17. kok aku nggak tau semua ya? apa karena aku lahirnya terlambat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iya bisa jadi telat ca lahirnya :))

      Delete
  18. kalo aku kangen sama jajanan gulali :(

    udah jarang banget yang jual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiiih iyaaaa gulali huwwaaaa mau gulali.

      Mamang gulali mana mamang gulali...

      Delete
  19. tadi ada tu siang-siang abang es, jual es kue ginian tuh..

    ReplyDelete
  20. Bener tuh, Nostalgia bukan hanya bertemu kawan lama atau mantan atau juga tempat lama yang biasa di tongkrongi. tapi nostalgia jga bisa di lakukan dengan makanan (jaman dulu) heheheee.....

    ReplyDelete
  21. kangen ANak MAs.....masih produksi ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga tw juga saya nbak. Mari kita cek ke kantin2 anak sd

      Delete
  22. Wah, baru denger dan liat yang namanya es gabus. Jajanan masa kecil paling favorit itu cakwe + sambalnya. Haduuuh, jadi kangen sama SD Mogallana Bekasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakwe yg semacam roti goreng itu ya kak :) jajanan di sekolah memang sering ngangenin (≧∇≦)/

      Delete
  23. Betul itu, kayak roti goreng. Tapi cakwe yang Kakak temuin di Pontianak sambalnya kurang maknyus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin sendiri kak sambalnya, dijamin maknyusss hehe

      Delete
  24. ya ampun, ya ampun mimi eskue... ada resep bikin eskue om/tante? bagi dong, send mail ya hahaha

    ReplyDelete

Yang roaming dilarang masuk :p