dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Monday, 21 May 2012

Ngeblog dengan Ikhlas

Tulisan ini terinspirasi oleh tulisan seorang blogger yang ingin berkarya, dan ingin karyanya dikenal banyak orang. Sebut saja Hadi Kurniawan (nama sebenarnya :p).

Sama dong Hadi :D

Kita semua tentu ingin berkarya, ingin pula karya kita dikenal banyak orang. And blogging is one of the way to go. Sebagaimana yang ditulis oleh Hadi di postingan tersebut di atas, sudah ada beberapa penulis yang terkenal akibat blognya. No need to mention them, you can mention them yourself :)

Sudah ada juga beberapa rekan blogger saya yang menerbitkan buku, diantaranya: Kak Rohani Syawaliah dan Mbak Nurul Fadilah. Saya sendiri sudah lama menyimpan keinginan untuk menerbitkan buku. Sementara ini, keinginan tersebut masih sebatas postingan di tanggal 5 Juni 2009 berjudul: Novel Merah Jambu. Kapan dong saya nulisnya? Ga tau ._.

Sampai sekarang, saya masih sok sibuk mengurusi beberapa blog yang sebagian saya buat hanya untuk mengkapling nickname saya di dunia maya. Beberapa blog yang saya punya sudah saya tuliskan di halaman other blogs and social media

Danbo mau ngeblog :p | Photo by adek saya

Somehow, saat ini paling tidak ada 3 dari beberapa blog tersebut yang walaupun saya buat sekedar agar nickname saya tidak dipakai atau disalahgunakan orang lain *kayak ada yang mau pakai aja wkwkwk*, saya update hampir setiap hari dengan tulisan yang berbeda dari blog utama ini :D

1. Wordpress: hazelniez.wordpress.com 

Sekitar 2 bulan belakangan, blog wordpress ini niatnya saya jadikan tempat menyimpan ilmu untuk diri saya sendiri. Namun, sesuai tagline: ada ilmu yang disimpan dan dibagikan di sini. Artinya, jika kemudian tulisan-tulisan di situ juga bermanfaat untuk orang lain, Alhamdulillah.

Ide tulisan untuk wordpress ini sangat random. Kadang muncul gara-gara iseng gugling mencari suatu hal, kadang broadcast message dari teman-teman yang saya rasa bermanfaat untuk disimpan, kadang dari milis, macam-macam pokoknya. 

2. Tumblr: thekupu.tumblr.com

Di sini, saya lebih banyak me-reblog tulisan dari beberapa akun tumblr yang saya follow. Kadang-kadang suka juga sih berbagi foto atau kutipan :)

3. Blog.com: diniehz.blog.com

Usia blog ini masih sangat muda. Baru 1 bulan. Di blog ini, saya memilih untuk berbagi postingan dalam Bahasa Inggris. Tujuannya, tak lain tak bukan untuk melatih dan mengasah skill Bahasa Inggris saya.


Nah, so far, di 3 blog tersebutlah saya merasa bahwa saya sungguh-sungguh ngeblog dengan ikhlas. Ngeblog tanpa mengharap komen, tidak mengejar page rank, bahkan pernah saya menulis tanpa mengharap dibaca orang lain ._. *lah, ngapain dipublish yak wkwkwk*.

Untuk di blog ini *yang saya jadikan sebagai primary blog*, saya masih berusaha untuk bisa benar-benar ngeblog dengan ikhlas. 

Anyway, tak bisa dipungkiri, bagi seorang blogger, ada kepuasan tersendiri saat tulisan kita dibaca sampai tuntas oleh orang lain. Apalagi kalau kemudian dikasi komen bermutu, sebagaimana yang sering ditulis oleh Kang Asep Haryono di blognya. Paling tidak, itulah yang saya rasakan hihihi :p

Oh, melalui tulisan ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang seeeebanyak-banyaknya untuk teman-teman yang telah rutin dan rajin berkunjung serta memberikan komentar untuk blog saya, dan terlebih lagi, memberikan inspirasi untuk saya. It's nice to have such great acquaintances as you all guys :D 

64 comments:

  1. hihihi
    banyak banget blognya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg diurus dgn serius cuman dikit hehe.

      Delete
  2. Saya dulu juga punya 3 blog.,tp karna saya bukan org yg kreatif nulis, maka isinya sekedar copy paste..akhirnya bosen juga ngeblog,.tp gara2 masih penasaran pgn dapat PR akhirnya kembali lg ngeblog pake b.inggris hasil dr gtranslate yg saya sesuaikan dg kemampuan saya..akhirnya kmrin dapat PR2.,tuntas sudah, silahkan mampir :)

    ReplyDelete
  3. blognya banyak tapi keururs semua.. keren2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg serius diurus cuman 2 loh sebenernya heheh.

      Delete
  4. Saya setuju banged dengan postingan Miss Syahdini, memang ngeblog adalah kesenangan tersendiri jika tulisan kita dibaca secara tuntas oleh para pengunjungnya. Memang perlu waktu yang ekstra walau cuma beberapa menit untuk membacanya sampai tuntas. Memberikan komentar yang bermutu memang suatu seni tersendiri.

    Sebagian orang ngeblog merupakan kepuasan, dan kesenangan, dan sebagian lagi ngeblog punya tujuan spesifik seperti blog tutorial, blog bertema khusus seperti blog IT, Blog Komputer, Blog Wisata dan lain sebagainya. Setiap blogger punya kekhususan dan masing masing blogger punya gaya masing masing. Yang namanya selera memang tidak dapat diperdebatkan.

    Good posting. Mencerahkan always.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoih kang asep. Asal jgn sampe selerea kita mengganggu hajat hidup org byk aja yes xixixi.

      Delete
  5. Xixixixi... saya komen panjang2 nggak bisa mbak :D

    Ngeblog kalau buat saya untuk menuangkan apa yang ada di fikiran hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tergantung. Kalo tema tulisannya kebetulan cukup saya kuasai, bisa jadi 1 postingan tuh komen saya hahaha.

      Delete
  6. Setelah dapat PR, masih blank mw ngapain dgn blog saya. Saya setuju dgn komentar mbak "so one day you'll make one original article which you write yourself, in English", semoga tercapai..thanks supportnya mbak :)

    ReplyDelete
  7. ngeblog itu realisasi pemikiran, ngeblog dengan apa yang suka kita pikirkan justru membuat kita makin kreatif ngeblog. yang penting terus berkarya menampilkan hasil tulisan terbaik kita, soal hasil yang diharapkan ya seprti judul post ini ngeblog dengan iklas :D

    ReplyDelete
  8. ga ribet tuh ngurus blog banyak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga juga sih. Mobile blogging jadinya ga berasa ngeblog malah.

      Delete
  9. waktu bulan januari aku ikutan J50K di facebook, itu program menulis 50.000 kata dalam 1 bulan. gara2 ikutan challenge itu jadi terpacu nulis setiap hari dan Alhamdulillah nyampe tuh targetnya Din, jd ksimpulannya untuk menunjang keinginan itu diperlukan sesuatu yang bisa jadi booster, kalau kamu mau yuk kita pasang target, aku juga mau bikin buku lagi tapi bukan kumcer. kita targetin seminggu dapet berapa kata/lembar, terus saling kasih tau deh, kali aja dalam 1 bulan uda finish tuh 1 buku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nbak, mirip kalo kita mau nyelesain skripsi gitu ya, harus ada mood booster and motivator.

      Boleh deh nanti dicoba pasang target utk 1 buku :)

      Delete
  10. wah..banyak yah mbak blognya :) termasuk orang yang rajin nulis juga mbak ya.. :)

    ReplyDelete
  11. wahahaa blognya banyak banget dengan lain lain platform.
    kalo blog aku ada 20 lebih dengan platform blogger sama wordpress. cckc

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yassalam lebih banyak blog kamu fahmi.

      Delete
  12. nah tu danbo nyempetin ngeceng lagi kan.

    wah boleh juga semangatnya Mbak. berbanding terbalik sama saya. tanpa target dan ngasal. yang penting hepi aja.

    saya ikut mendukung dan berdoa, semoga keinginan untuk menerbitkan buku, akan tercapai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe pas dia aplot foto itu sebelum tulisan ini terbit jadinya dipajang aja sekalian.

      Saya malah pengennya begiti tuh pak utk blog ini. Ngeblog sukasuka, no wonder about the stats tp masih suka ngintipin blog stats tiap hari hahaha.

      Aamiin, terimakasih pak zach :)

      Delete
  13. keren bro bisa memanajemen semua blog2nya
    kalo saya sih punya banyak blog, sampe-sampe lupa blog mana saja yang saya punya, hehe

    dan ini nih yang saya suka

    "Nah, so far, di 3 blog tersebutlah saya merasa bahwa saya sungguh-sungguh ngeblog dengan ikhlas. Ngeblog tanpa mengharap komen, tidak mengejar page rank, bahkan pernah saya menulis tanpa mengharap dibaca orang lain ._. *lah, ngapain dipublish yak wkwkwk*."

    keren kk, lanjutkan perjuanganmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru kali ini saya dipanggil bro hehehehe.

      Delete
  14. kapan ya saya bisa kaya mba nf, btw ko banyak amat tu blognya. ehm, saya ud pernah pake wordpres, aga bingung, saya pun punya tapi sebagai coba coba aja, tumbler juga punya tapi nda bisa make. ya punya acount aja, banyakin acount tapi entah ngisinya kapan. lagi pengen iklan nie, jadinya bikin ga iklas juga. heheh. saya harus belajar dari mba, biar iklas. hanya untuk berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ala bisa karna biasa. Awalnya saya juga canggung pake wp n tumblr karena udah nyaman dgn blogger. Lama kelamaan, wp dan tumblr asik juga ternyata :)

      Delete
  15. Wow ternyata banyak juga yah mba akun mu. Iri ga yah aku ahahahah, ga deh soalnya satu akun media social buat aku kerepotan bagi waktunya, yang akhirnya blogger adalah media sosial yang paling lama aku pantengin :))

    ReplyDelete
  16. Saya selain blog cuma punya tumblr. itupun cuma buat nyimpen quote.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alamat tumblrnya apa? sini tak follow :)

      Delete
  17. nge-blog itu dengan ikhlas..biarkan mengalir saja..tanpa pamrih :)

    ReplyDelete
  18. Wah banyak banget ya blognya mbak hihi.
    Aku satu we sudah mumet @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya, ditunggu lho bukunya hihi ^^
      Cepatlah membuat buku =D

      Delete
    2. hihihi...

      aamiin, mudah2an bisa segara :)

      Delete
  19. wuis... sudah ada rencana buat buku... :))
    saya doakan mudah2an lancar ya. @.@

    tentang fakta dan pengetahuan2 di blog ini juga bagus, dikumpulkan jadi satu sepertinya bisa jadi buku juga @.@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin :D

      semoga bisa diselip2i nanti apa2 yg pernah saya tulis di blog :)

      Delete
  20. Hmm... Ngeblog is Fun!!
    Dengan ngeblog Kita bisa mempunyai media untuk menyalurkan Ekspresi Jiwa dan segala uneg-unegnya. Selain itu bisa saling berbagi Something Else ke semua Orang, lebih-lebih Kita bisa dapet Ilmu dan Informasi yang bermanfaat. Dan terpenting dari itu, Kita bisa menjalin suatu hubungan Persahabatan yang erat sesama Blogger.
    ^_^

    ReplyDelete
  21. Ternyata gudang blog ya disini kreatip skali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan gudang. Istana aja ya :p

      Delete
  22. memang tak ternilai ya rasanya kl tulisan yg terposting di blog bisa di baca oleh orang :D
    tapi kl di baca nya sama monkey gmn mba ? masih merasa puas kah ?? hahahaha, wew :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuiiiihhh kalo monkey yang ini puas sepuaspuasnya puas dah pokoknya. Gimana gak puassss, seleb dunia maya gitu loh *uhuk*

      Delete
  23. banyak blog nya,,ampuun deh ngurusnya,,hehehehe

    tapi kalau ngeblog dengan iklas seperi kata mbak, pasti deh terpegang semua :D

    ReplyDelete
  24. hahaha, terus tujuannya posting terus gak mengharap dibaca orang lain tuh apa :D
    ada2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat menumpahkan ide, pikiran, dan isi hati aja supaya lebih lega. Kadangkala menulis di blog jauh lebih membangkitkan mood daripada kalo curhat sama orang. Apalagi kalo curhatnya ke org yg 'salah' heheheh.

      Delete
  25. aku juga gitu, cuma nggak sebanyak kamu blognya hihi keep it up ya :) visit mine to on http://whatsocalledjournal.blogspot.com :)

    ReplyDelete
  26. Aq juga punya blog bnyak tp yang komen dikit, gemana ya biar yang komen bnyak? Hehehe aku juga pengen ter kenal,
    punya bnyak blog bingus ngisinya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajin2 blogwalking dan sharing blog di socmed lain such as twitter, fb, stumbleupon, delicious, dll :D

      Fokus 1 aja dulu daripada langsung banyak tapi keteteran hehe.

      Delete
  27. Wehh, kmaren saya buat blog baru, tapi saya non aktifkan lagi, gk kuat ngerawatnya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daripada 'berdebu' lebih baik dibuang ya bang. Klo bisa dijual sih mendingan dijual aja hihihi.

      Delete
  28. Wah,,, blognya sudah dikaplingi semua hhehee,,,

    ReplyDelete
  29. waaaah blog nya lumayan okeh yo...hehehehe..
    2 blog nya udh domain .com lg...

    hemmm jd pengen ganti domain juga...
    tp sayank gak tau caranya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh masa ga tau? Sewa domain via hosting, banyak loh. Gugling aja gimana caranya :)

      Delete
  30. Kunjungan pagi ke blog sahabat :D

    ReplyDelete
  31. Selain domain abisabila.com saya juga sempat membuka 4 subdomain lainnya, namun belakangan saya simpan kembali karena ternyata tidak mudah mengelola terlalu banyak blog yagn efeknya membuat sebagian kehidupan di dunia nyata tersita dan akhirnya keteteran. Selain 4 subdomain tersebut, ada juga akun di wordpress yg saya gunakan sebagai backup blog utama, akun di multiply dan kompasiana untuk tulisan ringan dan singkat, tapi dua yang terakhir saya sebutkan jarang diupdate juga.

    Betul, ada kepuasan tersendiri apabila tulisan kita dibaca dan bisa memberikan manfaat, sekecil apapun dan sesederhana apapun.

    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar dikit yg penting keurus ya pak :)

      Salam kenal juga. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  32. bener tuh kalo gak ikhlas gak redo ,kasian yayang blognya tuh disia-siakan hehe :D

    ReplyDelete

Yang roaming dilarang masuk :p