dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Monday, 14 May 2012

About My Ichthyophobia

Apa itu Ichthyophobia? Susah bener ya nyebutnya hehe. 

Gara-gara rekan blogger yang masih anak-anak remaja tapi udah jago maenan kode HTML bernama Fahmi Setiawan bikin tulisan tentang lumba-lumbalah maka postingan ini muncul. Meskipun lumba-lumba adalah mamalia, tetap saja di mata dan pikiran saya, lumba-lumba itu bentuknya seperti ikan pada umumnya.

Nah, sudah bisa menebak kan apa itu ichthyophobia?

Pic source: here

Tepat sekali. Phobia ikan. Ichthyophobia ini beragam loh teman-teman. Mulai dari takut makan ikan, takut ikan mati, takut ikan mentah, dan lain sebagainya. Intinya, takut sama ikan deh. Penyebabnya juga beragam. Antara lain, tidak suka dengan bau amisnya, takut dengan matanya yang melotot, bahkan menurut phobias blog, memancing pun bisa memicu munculnya ichthyophobia.

Khusus kasus saya, phobia ini muncul akibat trauma di masa kecil. 

Jadi ceritanya, waktu umur saya sekitar 5-6 tahun, saya baru belajar bersepeda. Masih ingat betul saat itu sepeda saya masih ada 2 roda kecil di belakang untuk bantu latihan keseimbangan. Bersepedalah saya dengan riang gembira di Gang Tebu Baru Pontianak sore itu. 

Dulu, di kanan dan kiri gang tersebut masih ada parit kecil yang airnya bersih dan banyak ikannya. Bisa buat nyebur mandi malahan. Di sanalah salah seorang tetangga yang seusia saya lagi mancing ikan. Saya berhenti mengayuh sepeda untuk melihat dia memancing. Dan pemirsah, ternyata dia berhasil memancing seekor ikan. Poin yang menyebalkan dan membuat saya sampai sekarang trauma sama ikan adalah: DIA NGELEMPARIN IKAN HASIL PANCINGAN ITU KE ARAH SAYA :(((((

Saya pun kaget dan spontan menjatuhkan sepeda kecil yang saya pegang. Benar-benar tidak menyangka teman saya bakalan mendadak melempar ikan yang masih nyangkut di mata kailnya itu ke arah saya.

Nah, itulah yang membuat saya sampai sekarang geli dan takut sama ikan mentah, baik yang hidup maupun yang mati. Bahkan sekedar liat gambarnya pun kadang-kadang takut. Ada perasaan terancam aja gitu. Membayangkan dia menggelepar2 di tangan hiiiisshhh.

Bagi beberapa orang, phobia ini mungkin agak-agak aneh ya hehehe. Tapi masih mendingan phobia ikan dong ya daripada phobia kerupuk :p

What about you? Apakah menyimpan phobia terhadap sesuatu?



70 comments:

  1. Tambahan, saya takut ama anjing. :D *nutup muka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya sih ga takut. Cuman kalo dideketin tetep aja kabur hahaha.

      Delete
  2. Kalaw saya agak klise takut sama ketinggian. Padahal sering terbang tapi juga takut sama ketinggian. Kalaw suka Ikan, malah saya fans Ikan hehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brarti ga takut2 banget ya kang sama ketinggian hehe. Sip deh kalo nda takut ikan :)

      Delete
  3. tapi kalau ikan yang udah dimasak kamu ga takut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, tidak mbak :D

      Delete
    2. eciee udah bisa reply niihh :P

      Delete
    3. Dan kini akuh tidak galau lagi :p

      Delete
  4. kalau takut nyemplung ke sungai atau laut sendirian termasuk phobia gak? kalau blm ada lebih dari 6 orang yang turun duluan ke suangai/ laut kk ndak akan mau berenang hehehehehe...dalam bayangan ada makhluk2 berbentuk aneh/buaya yang bakal narik ke dasar sungai/laut kalau berenang sendirian. jadi minimal ada 6 orang yang nyebur duluan, itupun dengan mata yang selalu awas melihat sekeliling.....hehehehe. ini termasuk phobia gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe masuk ndak yaa.. *mikirkeras*

      Ndak tau juga dini kak, bukan ahli phobia heehe.

      Itu nunggu 6 orang baru berani nyemplung biar ngape kak? Supaya same2 ditariknye ramai2 gitu? *ehh :p

      Delete
  5. wahahaa, ada nama aku tuh mba -,-"

    aku sih takutnya sama Banci. hahahahahaa....

    *sambilNunduk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan takut banciiii.. Jangan takut banciiii *nyanyi*

      Delete
  6. hehehee, oiya mba. makasih buat pulsanya 25rb lagi -,-"

    "baek amat nih orang *ngomongDalamHati*"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixixixi iya makasih juga udah ngoprek2in blog saya :p

      Brarti ga jadi dikasi award ni ya? Ngahahaha *padahal awardnya blm dibikin ._.

      Delete
    2. yahahahaa, ngoprek gitu doang ya gampang tho?
      heheheeee *belaguModeON

      jahahaa, ya mba, ga di kasih jga gapapa, lagian aku kan ga ngarep banget di kasih award :P ...

      Delete
    3. Belagu2 cubit ni ya (‎​‎​​​‎​‎​ ►_◄ )-c<*_*; )

      Ah gampanglah itu ngasih2 award, gratis ini.. *gantian belagu hahahaha

      Delete
  7. apalagi ikannya bertaring bertanduk, sambil bawa-bawa kerjaan kantor ya...

    kalo saya benci tinggi. melebihi hantu manapun takutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih ikan macam apa itu pak bawa2 kerjaan kantor ._.

      Sama dgn kang asep dong takut tinggi :-)

      Delete
    2. tapi saya tetep berani naik tinggi. meski ciut lagi saat ini, begitu denger tragedi sukhoi.

      Delete
    3. don't be afraid to fly pak

      *kemudian ngajak pak zach ke postingan kang asep hehehe.

      Delete
  8. Mbak Dien..tugasnya udah kukerjakan dengan selamat sentosa tuh! **masih ngos-ngosan nih,capeekkk...12-12-12 gitu loh***

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, celumud yaaa mbak popi, udah saya kasi nilai :D

      Delete
  9. Ciee kalo aku masi ecek2 dibandingkan Fahmi *ngegerusuk pohon*

    Anyway emang bener fobia ikan? Padahal enak loh. Dan aneh aja gitu fobia sama ikan. Temen kecilnya dibanting ga sama mba. Tapi biasanya anak perempuan itu nangis2 ajah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fahmi memang anak kecil ajaib huahaha..

      Beneran laah. Makannya sih mau zal, asal udah digoreng aja hehe. Untungnya waktu itu saya ga nangis zal, mau dibanting mana bisaaa, dia badannya gede ._.

      Delete
  10. nah kalo aku takut sama setan jadi2an mbak :)

    ReplyDelete
  11. berbagi Kata Kata Bijak Nabi Muhammad SAW gan
    Pahlawan bukanlah orang yang berani meletakkan pedangnya ke pundak lawan, tetapi pahlawan sebenarnya ialah orang yang sanggup menguasai dirinya dikala ia marah.

    semoga dapat di terima yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah spam tu mba di atas. ga nyambung ma artikel tau tau petuah aja.

      btw ko bisa ya mba takut gara gara masa kecil. saya disadari atau tidak juga takut sama pisang. ga doyan dan kalau di dekati juga males.

      Delete
    2. Hihihi biarin deh. Ujug2 ngasi petuah, petuahnya baik juga :)

      Nah looooh, malah lebih aneh ni anak takut pisang *tepokjidat* takut sama bentuknya apa gimana? Aiih ada2 aja ya phobia kita :p

      Delete
    3. iya mba, baunya itu loh. ud ga nahan. bikin pusing.

      btw tu yang di atas ud tobat nyempam kali mba, biasnya wah membombardir dengan spam yang ga jelas. sekarang bagi bagi petuah, ane liat di tempat ane dan teman teman yang lain juga gitu.
      lebih baik si, tapi tetap aja nyepam.

      Delete
    4. Dia fakir komen kali ya, jadinya nyepam sana sini deh hehehe.

      Delete
  12. phobia ikan ya...wah tidak terpikirkan kalau kena hal itu..bisa bisa tidak makan ikan seumur hidup dech

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan ikan c ngga takut, asal udah digoreng :)

      Delete
  13. ada cerita nih, saat itu aku sama sahabatku pergi ke kolam renang, warna ubin dasarnya biru muda, lalu ada beberapa ubin yang berbentuk elips dan berwarna biru tua. Saat aku ngajakin dia ke lokasi biru tua itu, dia nggak mau. aku heran, dia bilang "ada lumba-lumba . . ."
    "lumba-lumba apa?"
    "itu..."
    "mana?"
    "itu, yang biru tua itu..."
    sumpah, nggondok dengernya.
    dan anehnya, dia tergila-gila dengan yang namanya ikan hiu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widih, serem amat demen hiu :s

      Delete
  14. Waduhh ikan tuh enak mba :-D

    berapa kode posnya kota pontianak, ntar saya paketin ikan tuna dari balikpapan :-D seger2 ikannya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan tuna saya mauuuu, kirim yg udah diolah ya jgn yg mentah xixixi.

      Delete
  15. Saya phobia kalo tanggal tua dompet tinggal nota2 isinya mbak hahahaha...

    ReplyDelete
  16. wew, ternyata ada ya, phobia semacam itu, hihihihiy, lucu ya, takut sama ikan :(
    tapi saya gak makan ikan mba, kasihan, teman ku itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe masih mending takut ikan daripada takut kerupuk bang ;p

      Delete
  17. wah takut bisa dari kecil juga ternyata ya mba.

    ReplyDelete
  18. Sama mba' . Saya juga takut ikan. Takut dimakan ikan paus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih itu semua orang juga takut yud hahaha.

      Delete
  19. kamex >> ailurophobia *bergidik*

    ReplyDelete
  20. Replies
    1. Mengerahkan sepleton kucing untuk nangkap n makan ikan B-)

      Delete
  21. Oh, begini toh awal ceritanya Ichthyophobia, dari kata ini saya jadi follow akun twit Mba @diniehz dan juga jd sering berkunjung ke blog ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara2 search twitter pake keyword kelautan dan perikanan ya ki :)

      Delete
    2. loh ko tau mba?! iya lg nyari twit info perikanan aja hehe

      Delete
    3. Tau lah, ujug2 mention saya nanyain ichthyophobia itu apa hehehe

      Delete
  22. gue juga ichtyopobia,gue takut makan ikann T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. ( '⌣')人('⌣' ) tos dulu..

      Bedanya, saya ga takut makan ikan xixixi

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Kita sama... Aku juga geli malahan takut sama ikan hidup atau mati yang masih mentah. Tapi kalo masakan ikan ntah kenapa masih bisa diterima. Glad to know i am not the only one haha

    ReplyDelete
  25. saya sampai sekarang mengalami itu. gak tahu juga awalnya gimana. tapi setiap makan sesuatu yang mengandung ikan terutama yang amis membuat saya ingin muntah. waktu kecil dl juga paling takut lihat ikan mati ataupun yang sudah di masak

    ReplyDelete
  26. kalau gue cuma satu takut sama ikan mati.
    kalau pegang sama ngliat ikanya hidup ga papa gue ga takut.
    tapi kalau ikanya mati matanya ke arah gue itu gue dah takut.

    ReplyDelete
  27. ooh ya selain takut sama ikan mati gue takut juga sama tawon.
    ada 2 phobia yg kutakutin : ikan mati sama tawon.

    ReplyDelete
  28. waaaaa samaaa.. saya juga pengidap ichthyophobia akut... terutama ikan2 yang siripnya rumbai2 macam ikan mas koki n ikan cupang..
    Rasanya risih geli2 merinding, klo bayangin mereka menggelepar-gelepar di tangan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget penggambarannya ini, bahkan kalo liat gambar ikan yang banyak sisiknya atau siripnya aneh aneh langsung merinding. Pernah sampai kebawa mimpi segala dilempar ikan dan bangun-bangun teriak. Lebih horor dari mimpi hantu :( kayaknya ini ga akan sembuh deh :(

      Delete
  29. At least I'm not the only one who fell this fuckin phobia

    ReplyDelete
  30. Welcome to the club, ladies and gentlemen :D

    ReplyDelete
  31. AnonymousMay 26, 2016

    Kalau saya , saya geli sama ikan gak tau kenapa ngebayangin ikan langsung merinding sendiri...�� apalagi kalau ngeliat ikan matiii �� gelii parahhh....

    ReplyDelete
  32. kalo aku sih phobianya sama ikan mateng, gk pernah makan sama sekali, liat aja uda mual. kalo yg masih idup pun juga takut ngeliatnya. ichthyophobia akut_-

    ReplyDelete
  33. Kalau aku bnr bnr parah lihat ikan yg udah digoreng justru makin histeris. Antara geli sama jiji. Gatau kenapa. Intinya takut bgt sama ikan :(

    ReplyDelete

Because sharing is caring