dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Saturday, 12 May 2012

14 Fakta tentang Kupu-Kupu

Berawal dari jawaban suami saya untuk pertanyaan: "Fakta apa saja yang teman-teman ketahui tentang kupu-kupu", yang kemudian dijawab begini: "Kupu-kupu adalah hewan... terimakasih", membuat saya merasa gagal sebagai istri. Bagaimana mungkin seorang suami yang istrinya pencinta kupu-kupu hanya tau 1 fakta tentang kupu-kupu? Betapa perih dan sakit hati ini... *pasang backsound Chasing Pavement-nya Adele* <<-- Ini lebay wkwkwk.

Hasil dari mengintip jawaban-jawaban atas PR alias tugas berantai dari saya kemarin membuat saya lumayan senang dan bahagia juga :D

Pic soure: here

Dan hari ini giliran saya yang berbagi beberapa fakta seputar kupu-kupu, yang saya dapat dari berbagai sumber. Here they are:

Fakta 1
Dalam dunia serangga terdapat 165.000 spesies kupu-kupu.


Fakta 2
Kupu-kupu melihat dengan 12000 mata. Mungkin teman-teman kaget,apa benar kupu-kupu memiliki mata 12000 ? Ya,memang benar.Kupu-kupu memiliki 12000.Mata kupu-kupu disebut mata Majemuk, yaitu mata yang berbentuk seperti belahan bola, yang membengkak pada bagian atas kepala.


Fakta 3
Indera perasa kupu-kupu ada di kaki. Kupu-kupu dapat merasakan rasa daun dengan kakinya ketika hinggap di dedaunan. Kupu-kupu mengecek apakah daun itu cukup lezat untuk dimakan ulat(anak-anaknya) kelak setelah menetas apa tidak.

Fakta 4
Nama asli butterfly (kupu-kupu) adalah flutterby.

Fakta 5
Sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan, tetapi karena perbedaan kecerahan di setiap lapisan tipis sayapnya, sayap kupu-kupu menjadi terlihat bewarna-warni.

Fakta 6
Kupu-kupu merupakan serangga holometabola yang mengalami metamorfosis sempurna. Telur → Ulat → Kepompong → Kupu-kupu.

Fakta 7
Setelah menetas dari telur hingga menjadi kupu-kupu, ulat mengalami peningkatan besar tubuh sampai 27.000 kali.

Fakta 8
Kupu-kupu memiliki mulut yang panjang yang digunakan untuk menghisap makanan. Mulut khusus ini disebut probosis.

Fakta 9
Beberapa kupu-kupu ada yang tidak pernah makan karena tidak punya mulut. Kupu-kupu tersebut bertahan hidup hanya dengan energi yang dikumpulkan ketika menjadi kepompong.

Fakta 10
Ukuran kupu-kupu berkisar antara seperdelapan inchi sampai 12 inchi.

Fakta 11
Kupu-kupu tidak bisa terbang apabila suhu tubuhnya di bawah 30 derajat celcius.

Fakta 12
Kupu-kupu sanggup bermigrasi sejauh ribuan kilometer untuk mencari daerah yang hangat (tropis) ketika musim dingin tiba dan kembali lagi menempuh jarak ribuan kilometer ketika musim semi tiba.

Fakta 13
Mata kupu-kupu berbentuk seperti belahan bola yang membengkak pada bagian atas kepala dan biasanya disebut mata majemuk, karena saat meneropong objek yang akan dilihatnya kupu-kupu menggunakan 12000 mata terbuat dari ratusan mikroskopis, enam sisi lensa yang memungkinkan mereka untuk melihat ke segala arah secara bersamaan. Mata nya digunakan dalam fokus yang tajam. Kupu-kupu dapat melihat sinar ultraviolet, yang oleh manusia tak terlihat. Aspek ini membantu mereka untuk mencari nektar pada bunga.

Fakta 14
Apa yang menjadi ciri dari kupu-kupu itu sedang berdiri? Ya, sayapnya tegak. Lihat saja saat kupu-kupu itu hinggap di atas daun atau bunga, pasti sayapnya berdiri. Jika saja saat berada di atas bunga, tapi sayapnya terbentang, berarti kupu-kupu itu belum menginjakkan  kakinya di bunga. Melainkan terbang dengan jarak yang sangat dekat.

Oh, one more. Fobia dengan kupu-kupu disebut "Mottephobia". Tidak takut kupu-kupu kaaan? 

And those are just some of the facts. Fakta-fakta lain bisa teman-teman baca di Butterfly Website :D

Tulisan saya yang bertema kupu-kupu juga bisa teman-teman lihat di tab 'kupuccino'. Ada istilah yang menggunakan kupu-kupu, Kutipan yang mengandung kata butterfly, dan design kupu-kupu.

Oke deh kakaaa. Semoga bermanfaat buat tambahan ilmu di akhir pekan :)


48 comments:

  1. Wow it impossible. Aku mata ada 2, dia mata ada 12rebu keren. Ngeliatnya kaya gimana. Ngeri juga deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. And that's the fact hahaha.

      Delete
  2. hahahaha ngakak mbak pas suaminya jawab kupu2 itu adalah HEWAN :D lucu lucu tapi iya juga si :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Jawaban org yg lagi males mikir tuh ai xixixixi.

      Delete
  3. kupu bisa migrasi ribuan kilometer ya? menarik sekali. apa dia terbang tinggi atau rendah ya Mbak kalo pas migrasi begitu? dalam kelompok ya terbangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, riset (baca: gugling xixixi) saya belom nyampe ke detail tinggi penerbangannya pak, sayang sekali. Tapi sependek prior knowledge saya, kupu-kupu terbangnya rendah. Blm tau juga apakah sendiri atau berkelompok seperti burung :)

      Markiling, mari kita gugling :D

      Delete
  4. Wah keren nih fakta tentang kupu kupunya. klo menurut mitos kupu kupu masuk ke dalam rumah artinya mau ada tamu kan? hehehe salam knal ya... saya baru tau kupu kupu klo mau terbang suhu tubuhnya harus dibawah 30 derajat dulu. berarti dia ga bakalan idup di gurun pasir ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe wallahualam deh kalo itu. Rumah saya setiap hari dimasuki kupu2 tp ga tiap hari ada tamu :D

      Bisa ga yaaa. Bisa mati kekeringan kyknya hihihi.

      Delete
  5. oh my god, ngemengin kupu2 ahhhh tidakkk...........
    kwkwkwkwk

    ReplyDelete
  6. Wahh, unik banget yah tentang kupu-kupu ini,,

    byk yg belum ane tau, makasih sharenya mba..

    Oya, mengenai 12 pertanyaan kmaren bsok deh ane post..

    ReplyDelete
  7. hehee... mbak dini bentar ya aku check email dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru kali ini e-mail saya dibales di kolom komen mi akakakak. Baeklah ntar tak add fbnya.

      Delete
    2. Huwaaah akhirnyaaaa bisaaaaa..

      Delete
  8. Wah, bener2 fakta yang baru aku tahu sob hehehe... Ternyata sayapnya transparan ya, suka ada kayak serbuknya kalo dipegang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihhh anak rantau tega ih pegang2 sayap kupukupu ._.

      Delete
  9. dari semue itu jawaban kamek masok kategori benar gak.. dari ulat, terus kepompong trus jdi kupu2 makenye disebut metamorfosis.. hihihihi.. tapi jawaban kamek kurang ade 'telur' nye

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh. Nice try eel ;-)

      Delete
  10. wkwkwk fakta yg hebat :D
    like like !! ;)

    ReplyDelete
  11. =)) iya din kamu gagal banget jadi istri :P

    waah matanya banyak banget yak, kita aja yg matanya 2 suka dipake buat dosa apalagi banyak.. hiyy

    btw dince populasi kupu2 semakin menurun, no wonder suatu hari nanti manusia ga akan melihat kupu2 lagi, cuma bisa liat dari gambar, seperti kita sekarang yang liat dinosaurus dari gambar *nakut2in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaaaah mbak nf kesempatan deh tu kan *pentung

      kupukupu mana bikin dosa mbak ._.


      Ehtapi tempat penangkarannya kan ada banyak mbak. Di Bandung ada 1 trus Makassar juga ada 1 ya toh. Cuman 2, masih dikit ya.

      *kemudian piara kupukupu*

      Delete
  12. kupu2 12 inc? Gede bgt kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipake buat nutupin badan ya Hadi hahaha

      Delete
  13. sayang kupu-kupu sekarang dah mulai banyak yang punah,hal ini mungkin karena pemanasan global dan pemakaian pestisida di ambang batas pemakaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya kk agricultural? :(

      Tega ya manusia huhuhu.

      Delete
  14. ajib, fakta yg membuat saya tercengang, alias kaget, sebegituh banyak kah, dan setiap hewan sepertinya memiliki kelebihan berbeda dengan manusia ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya :D

      Pas aja saya suka kupu-kupu, jd yg dibahas kupu-kupu deh, bukan monyet :p

      Delete
  15. Wow, matanya bnyak bgt. Makasih udah share pelajaran biologi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 yuyud. Ini juga hasil ngumpulin beberapa artikel jadi 1 :)

      Delete
  16. wehehe, hadi lagi di minggu pagi yang indah ini mba...

    oya pertanyaannya sudah saya post tuh :D :D cekidot deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiklah bang dayat. Meluncurrr ke tekape.

      Delete
  17. begitulah kupu kupu, semua orang pasti suka melihtatnya padahal awal sebelum jadi kupu-kupu banyak yang jijik karena masih berujud ulat. dan itulah salah satu ayat Allah yang bisa kita renungkan

    ReplyDelete
  18. karena para pengguna pestisida tidak oraang yang tau cara penggunaanya.(Tidak membaca petunjuk pemakaian)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh begitu. Yg jadi korbannya kupu-kupu ya :(

      Delete
  19. wah emang kupu kupu banget nie, matanya majemuk. banyak banget ya, rusak satu ga papa kali ya, masih bisa melihat yang lain. Btw banyak loh cowo yang juga suka kupu kupu, apalagi kalau malam keluarnya, hehehhe.

    ReplyDelete
  20. Kumjunga lagi ke blog sahabat. :D

    ReplyDelete
  21. Wah .... Mbak'e, suka sekali . . .
    Kalah ni ma mbak yg satu ini kalau soal kupu - kupu ^^

    ReplyDelete
  22. Punten mbak, saya ijin share tulisannya boleh? :)

    ReplyDelete

Because sharing is caring