dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Saturday, 21 April 2012

Resep Chai Kwe Khas Pontianak


Ahh, kenapa ini ujug-ujug ngasi resep? Hihihi. Namanya juga blog gado-gado. Apa saja boleh ada di sini ^^v.

Selama 5 tahun mengurus blog ini, baru 2 kali saya berbagi resep: Resep Pisang Keju dan Nasi Tim Keju. Artinya, ini resep ketiga yang akan saya bagikan.


Tulisan ini muncul untuk merespon komentar Pak Asep di tulisan tentang Alun-Alun Kapuas. Beliau bertanya: "caikue itu apaan? makanan sejenis mie ya atau Cakue." Berbeda loooh antara Chai Kwe dengan Cakue. Perbedaan tersebut sudah dibahas tuntas oleh Presenter 3J Khatulistiwa TV Pontianak, Dodon Jerry. Malah ada resepnya juga di situ.

Bedanya dengan tulisan versi Koko Jerry, saya berbagi resep dalam Bahasa Indonesia hehe. Ini dia resep membuat Chai Kwe Lezat Khas Pontianak

Bahan untuk kulit :
180 gr tepung beras
25 gr tepung sagu/tapioca
3 sdm minyak sayur
1/4 sdt garam
450 ml air

Bahan isi :
-4 buah bengkuang ukuran sedang
-udang ebi secukupnya
-minyak sayur
-bawang putih
-lada
-garam

Cara Membuat:
Campurkan semua bahan kulit jadi satu aduk rata sampai tidak menggumpal. lalu masak diatas api yg sedang sambil diaduk terus sampai mengental, matikan api kemudian biarkan adonan dingin.

Sambil menunggu adonan dingin, kita siapkan isinya
1. bengkuang dipotong seperti lidi
2. udang ebi direndam air panas setelah itu dicincang kasar
3. bawang putih dicincang halus
4. panaskan minyak sayur setelah itu masukan bawang putih, udang ebi aduk sampai harum dan masukan bengkuang. Lalu masukan garam dan lada aduk sampai rata dan bengkuang matang kemudian diangkat dan sisihkan.
  • ambil sedikit adonan kulit dibuat seperti mangkok yang tipis, jika adonan masih lengket tambahkan tepung sagu/tapioca supaya tidak lengket. Setelah adonan sudah berbentuk mangkok lingkaran masukan isi secukupnya dan lekatkan ujung mangkok lingkaran seperti membuat pastel. Setelah itu taruh diloyang yang sudah dilapisi daun pisang goreng dan sudah diberi minyak/loyang yang hanya disapu dengan minyak sayur.
  • Panaskan air sampai mendidih dan setelah itu kukus chai kwe yang sudah dibentuk selama 10-15 menit setelah itu angkat.

Siap disajikan dengan taburan bawang putih goreng diatasnya.

Sumber resep: Dimari



Chai Kwe. Pic: kaskus

Gimana? Tampak lezatos mamamios kan? Nyummm. Chai Kwe ini sangat enak dimakan ketika masih hangat. Apalagi pas hujan, pakai kuah cabe yang pedas. Beuuh, sedap betul. *kemudian lap liur*

Oh iya, untuk isi bisa pakai yang lain loh selain bengkuang. Bisa diisi dengan kucai atau keladi. Saya sih sukanya yang isi bengkuang. Gurih-gurih manis. 

Saya sendiri, jujur saja, ketika mengetik tulisan ini, belum mencoba resep di atas hehehe. Tapi akan segera dicoba dong ya. Ikut mencoba yuk :)

Selamat pesta chai kweee di akhir pekan yang indah ini. Yeaaayyy \m/

44 comments:

  1. makanan... jadi laper pengen makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan bereksperimen mencoba resepnya :D

      Delete
  2. wah wah kalaw urusannya tentang Kuliner, musti merujuk ke blognya Bang Dodon Jerry. Selalu hehehiehiehiehiehiehiehiehiehiehiehiehieie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus kang, koko jerry itu suhunya kuliner kalbar hihihi.

      Delete
  3. Hehehehehe. Mantapssssssssss (Cepot)

    ReplyDelete
  4. kok ada bengkuang segala kata istri saya. bagai mana rasanya ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya gurih2 manisss pak, wuenak :D

      saya barusan coba resep ini, dan berhasil alhamdulillah..

      Delete
  5. nanti kalau subah coba di buat, tolong kirim ke tempat saya untuk di test ya, hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jadi nih :D

      *kirim online*

      *tapi fiktif :p

      Delete
  6. Enak ga sih, ahahah. Aku baru tahu ini makanan. Kayanya wenak..

    ReplyDelete
  7. Istri perlu tahu nih tentang resep ini, biar bisa dibuatkan chai kwe nya

    ReplyDelete
  8. kayanya ribet ga mau nyoba ah males :P

    pernah makan tapi namanya bukan cai kwe, bentuknya mirip seperti ini, teksturnya lembek dan basah tapi isinya ada wortel dan dagingnya bukan ebi, ada sambelnya.. duuh apa ya namanya *jadi mau ke mall untuk beli :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixix emang ribet bet bikinnya. Tapi kalo dah jadi puas loh mbak :D

      yoo belii belii.

      Delete
  9. wah, boleh nih kalo dicoba, makasih infonya . . .

    ReplyDelete
  10. qu mw cobaaaa,,,,,,,
    heheeee...

    mampir,sist...
    ^^

    ReplyDelete
  11. yummy..

    mo buat ini ndak belom sempat2 terus hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disimpan dulu kak resepnye hehe

      Delete
  12. Kamek belom pernah makan Chai Kwe :(
    Nanti kamek mau buat resep Kue Lapis ah.. Kebetulan dirumah banyak buku Resep buat Kue Lapis yg ditulis kakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lah gih, ade jual tu di gleam cafe jl tamar. Enakkk..

      Asiik, ditunggu resepnyaa (•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)

      Delete
  13. Di Kotabaru, pontianak, ada yg jualan cakwe dengan 12 varian rasa. Kreatif. Dijamin enak. Sayang koko dodon jerry lum kesitu, padahal anak2 KTV lainnya saban minggu main kesitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? wow.. coba dikasih tau koko jerrynya :D

      Delete
  14. Din itu daun pisangnye di goreng ye

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak kak, dikukus, dijadikan alas chaikue supaya ndak melekat2 di kukusan..

      Delete
  15. waaa, udah lama ane g' makan yang beginian sejak pergi dari sana ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? waah selamat mencoba kalo gitu :)

      Delete
  16. Q nyesel bgt wkt tgl d pontiank dl q gak mw bljr cra buatny..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo belajar sekarang kakak, bisa kok :)

      Delete
  17. resep buat kuahnye gimane kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cabe + bawang putih ditumbuk, kasi garam, gula, air.. dah :)

      Delete
  18. yg bukan org kalbar pasti ga tau betapa enaknya chai kwe ni... hmmmm nyam nyam... liat gambarnya aga dah ngiler, besok buat ah...rugi ga nyobain chai kwe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahihihi benar sekaliii..

      Delete
    2. wuuuuaaaa...wuaaa....gagal buatnya kak,bikin kulitnya tu ribet bnr.dikusus lalu lengket2.memang lah disuruh beli jadi jak... :D

      Delete
    3. huwakakakakk iye kah? hihihi waktu kk bikin pertama kali juga lengket2, tapi disiasati dgn dikasi minyak waktu nyetaknya, jadi sukses deh :D

      Delete
  19. AnonymousMay 08, 2013

    waktu msh tinggal di pontianak...saya sering makan chai kwe..enak... apalg yg bikin orang muslim...pokoknya mantap..

    ReplyDelete
  20. klo saya pulang pontianak...pasti Chai kue yg saya cari...heemmm makyosss...

    ReplyDelete
  21. Udah lama gak pulang ke Pontianak, dan sangat rindu dengan jajanan yang satu ini. Untungnya di Jakarta, tepatnya di Pasar Pagi Mangga Dua lantai 4 (pojokan belakang) nemu satu kios kue yang menjual chai kue ini dan yg jual jg orang asli pontianak (sungai kakap). Jadi pas pengen makan tinggal meluncur kesana. btw... thanks Din untuk resepnya, pengen nyoba bikin sendiri nanti :)#salam kenal juga

    ReplyDelete
  22. jajanan khas bulan puasa, soalnya di sungai pinyuh yang ada hanya pas bulan puasa aja , kalau hari lain kebanyakan orang china yang bikin

    ReplyDelete
  23. makanan kesukaan saya! biasanya saya beli chai kwe banyak paling-paling 12 buah chai kwe enak

    ReplyDelete
  24. Makaseh ye resep e saye nak nyobe lok kali2 gak berasel

    ReplyDelete

Because sharing is caring