dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Wednesday, 4 April 2012

Kuliner Pontianak

Sebuah agenda penting hampir selalu menjadi alasan utama saya pulang ke Pontianak. Seperti sepekan kemarin, saya pulang ke tanah kelahiran untuk menghadiri pernikahan sahabat saya

Sayang rasanya kalau jauh-jauh ke Pontianak dari Sekadau tidak mampir ke beberapa tempat makan. Istilah masakininya, wisata kuliner gitu deeeh. Hihihi. 

Selama sekitar sepekan saya di Pontianak, ada beberapa tempat makan yang sempat saya dan suami sambangi.

1. Bubur Pedas Pa'ngah

Burdas Pa'Ngah

Bubur pedas, atau lebih tepatnya bubur paddas adalah makanan khas sambas. Sekarang di Pontianak sudah cukup banyak yang jualan bubur pedas. Salah satu tempat makan bubur pedas yang direkomendasikan adalah Bubur Pedas Pa'Ngah. Di Pontianak, ada 2 warung Bubur Pedas Pa'Ngah: Jl. Pangeran Nata Kusuma dan Jl. Komyos Sudarso. Berhubung rumah saya di Jl. Komyos Sudarso, maka kami pilih tempat terdekat.

2 malam berturut-turut kami ke sana. Malam pertama *waduh, jadi ambigu ya :p*, saya dan suami pesan bubor paddas kikil. Malam berikutnya, saya sedang kepengen makan sup tulang + es jeruk besar. Perpaduan yang mantap. Sedangkan suami saya tetap pesan bubor paddas kikil.

Menu dinner

Teman-teman ingin tau seperti apa rasa bubur paddas? Kalau sekarang atau nanti akan berada di Pontianak, bolehlah dicoba mampir ke Bubur Pedas Pa'Ngah. Atau mau mencoba bikin sendiri? Coba cek di daftar Oleh-Oleh Khas Kalbar :)

2. Empek-Empek Nurali

Mampirnya kami ke Empek-Empek Nurali sebetulnya adalah sebuah ketidaksengajaan. Siang itu suami saya masih lapar, dan kami masih sempat untuk singgah sejenak ke Empek-Empek Nurali sebelum lanjut ke agenda berikutnya. Selain itu, saya juga kuangennn pengen makan empek-empek. Maklum, di Sekadau belum ada yang jual empek-empek yang sesuai selera ^.^v

Pesan yang kapal selam sama lenjer

3. Kerupuk Basah Martadinata

Kerupuk basah adalah makanan khas dari Kabupaten Kapuas Hulu, Putussibau, Kalimantan Barat. Terbuat dari ikan belidak atau ikan tenggiri, bentuknya mirip empek-empek lenjer, tapi makannya pakai sambal kacang. Jadinya semacam perpaduan antara empek-empek dan siomay ya.

Dulu sebelum saya pindah ke Sekadau, hampir setiap pekan saya mampir ke simpang Jalan Apel dan Jalan Martadinata ini. Kenapa namanya kerupuk basah? Karena kerupuknya tidak dijemur, tidak kering, dan memang basah setelah dikukus. Saya belum pernah makan langsung di sana, lebih asik dimakan di rumah :)

Ini dia penampakan kerupuk basah yang sudah dipotong-potong dan siap dimakan. *mendadak laper*

Kerupuk Basah
4. Aceh Food

Ya, nama tempat makannya: Aceh Food. Letaknya di Jl. Johar Pontianak. Makanan dan minuman yang disajikan di sini adalah khas Sumatera, khususnya Aceh dan Medan. Ada nasi goreng aceh, mie aceh, martabak, teh tarik, kopi aceh, dan lainlain. Malam itu saya penasaran dengan rasa mie aceh.

Mie Aceh dan Teh Tarik

Hmmm, sepertinya lidah melayu saya menyatakan bahwasanya mie aceh malam itu agak 'nanggung' ^.^v. Tapi teh tariknya wuenak d^.^b.

5. Delicia

Delicia Pontianak, Jl. HM Suwignyo

Sebetulnya, ini bukan tempat makan, melainkan toko roti dan kue. Tapi kalau mau duduk di situ bisa juga sih. Sore itu, saya sengaja mampir ke Delicia untuk beli Tjomel alias Tjoklat Melayu yang saya masukkan dalam daftar Oleh-Oleh Khas Kalbar. Saya beli 3 varian isi: Kismis Arab, Kurma, dan Lempok Durian.

Tjomel, Rp. 9.000/batang

Akhirnyaaa, sempat merasakan juga cokelat produksi Pontianak. Enak loooh. Manis. Namanya juga cokelat ya hehehe.

6. Kedai eMB (eMang Beda)

Prasmanan Kedai eMB

Tempat makan baru di Pontianak nih. Yang punya temannya saya dan suami :D

Menjual aneka makanan khas Indonesia. Menu spesialnya antara lain: Sop Ubi, Mie Nenek, dan Dimsum Jalanan. Edisi komplit tentang eMB Insya Allah akan muncul di beberapa tulisan berikutnya.

Nah, demikian beberapa tempat makan yang kami singgahi. Tapiiiii, walaupun kemudian tulisan ini judulnya Kuliner Pontianak, saya tetaplah seorang penyuka kupu-kupu, bukan ahli pencicip makanan seperti Pak Bondan atau Koko Jerry loh yaaa hehehe. Saya kalo makan, yang penting makanannya halal wa thoyyib, enak, dan dibayarin suami :p ^.^v

Mari kita cintai kuliner dalam negeri. Nyummmeey...

36 comments:

  1. Krupuk basah koq kaya mpek-mpek ya mba, ga kaya krupuk yang biasanya garing itu hehe

    Lucu banget namanya Tjomel

    Mie aceh enak, tapi enakan nas gor nya

    Burdas nya koq ga ada gambarnya?

    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya namanya kerupuk basah, karna ga garing n kriuk xixixixixi..

      Gambar burdasnya lupa diambil :((( waktu itu malah fokus foto suami yg lagi makan :p

      Delete
  2. Saya suka sangat dengan kerupuk basah... apalagi dikasih kacang... macam siomay tapi beda rasenye...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maswir: yoooiiih.. Apelagi krupok basah ni asliiii kapuas hulu kalbar. Nyummmeeeh.. (ˆڡˆ)

      Delete
  3. @diniehz ah tapi poto suaminya juga ga ada :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga mauuu nanti banyak yg naksir wkwk :p

      Delete
  4. Waaaahhhh..... ngiler abis nie mb :d...
    Semoga bisa menicipi masakan khas Pontianak, amin...
    ** saya bersedia menerima paket makanan khas Pontianak, hahaha... maaf kalau mempromosikan diri :p**

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiiish minta dikirimi :p

      Aamiin mdh2n ntar Rumah Blog Indonesia bisa melebarkan sayap sampai ke Kalimantan Barat, jadi bisa icip2 kuliner deh :)

      Delete
  5. whaaa...lempok duriannya tolong di lempar dong mbaaak :D akakakak... pengen banget, dulu sempet dapet oleh2 lempok durian dari tetangga yang tinggal di pontianak... mak maknyess banget... mau lagiii :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sekali kamu telat dit, tjomel rasa lempoknya udah saya abisin tadi hihihihih..

      Delete
  6. o iye, nyari tjomel di mane be? suwignyo tu tang mane?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dari marta, nd jauh dari masjid syakirin. Sebelah kiri delicia. Ade plang tjomel besak dogom situ.

      Delete
  7. Hi hi wah wah postingannya sama dengan postingan saya hari ini, tentang food. I wrote traditional food, wah wah kok bisa sama nih, tapi beda kontennya. Namun ada bahasan tentang bubur padas ya. Wah wah info keren nih, mau juga saya meluncur ke TKP bubur padas Pa'ngah ni.

    Pempek Nurali sudah saya kenal sejak tahun 1990. Letaknya memang di Jalan Nurali, dan sering saya sambangi di era taon 1990 an. Saya suka dadaan, dan jenis kapal selam Kapal Selam. Saking senengnya sama pempek, saya sampai minta teman saya di Palembang (baca: Plembang) untuk kirim pempek Kapal selam dan resep buat cukanya via TIKI.

    Great Posting Miss Syahdini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan kemaren atuh ini kang hehe..

      Skarang yg bisa dikirim via TIKI malah skaligus sama empek2nya ya kah, bukan sekedar resepnya lagi. Nyamm jd pengen empek2 asli palembang (˚---̩̩˚)

      Thank you kang asep :)

      Delete
  8. Sampe sekarang kamek blom merase kerupuk basah...... Bisa dijadikan refrensi buat mencicipi kuliner di Kalbar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah, rugi tinggal di Kalbar belom pernah coba kerupuk basah hehe. Coba gih, beli di simpang marta dekat jalan apel, enakkk..

      Delete
  9. tergiur jadinya, kapan bisa ke kalbar ya saya -____-" ingin sekali jadinya

    mampir ke blog saya ya :)

    ReplyDelete
  10. Semoga bisa segera kemari ya :D

    Siiip segera meluncur ke blognya.

    ReplyDelete
  11. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    kegagalan bukanlah akhir .,.
    kesuksesan juga bukan akhir .,.
    tapi proses merupakan cerminan akhir .,.
    di tunggu kunjungan blik.na gan.,

    ReplyDelete
  12. Habis gajian lah kamek cobee... hihihihi.. mudah2an jak sesuai kontong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah sesuaaiii.. Sebatang cuman Rp.8rb :D

      Delete
  13. I love, love, love pempek Nurali semenjak masih SD. Cuma mikirin jak udah keinget rasanya yang lezat :9

    Untuk tempat lain yang Dinie sebut di postingan ini Kakak belum pernah nyoba, tapi pernah ngelewatin tempatnya. Boleh juga dicoba. Thanks for the recommendation :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo nglewatin lagi, skalian mampir kak :)

      You're very welcome kak.

      Delete
  14. 1. bubor paddas pak ngah ini recommended banget, saya suka dengan sop disini, cukup bijaksana saja saat menikmatinya *baca:kolesterol* harga cukup bersaing dengan rasa, jauh lebih enak dari TAPAZ. bubor paddasnya bestlah, sayurannya masih crunchy dengan belasan jenis sayur
    2. empek2 Nurali, utk ukuran pontianak masih oke, tapi untuk empek2 kulit saya rekomendasikan pondok daun yg dijalan sumatera.
    3.Kerupuk basah, saya sih minta kirimin langsung dari putussibau, original recipe dan bagian tengahnya dimasukin lemak ikan,*kebayang gurihnya saat disajikan hangat dan dipotong*
    4.Aceh food, entah mengapa sara kurang suka rasanhya, menurut saya masakannya nanggung dan flat. mienya mirip spagetti tapi klo diicip mirip udon. klo teh tariknya.... mancap!! serasa buatan org tamil di kuala lumpur :)
    5. Delicia..... hmmm penuh inovasi memang, cuman sayanya udah terlanjur jatuh hati ama cookiesnya @littleKitchen ID :)
    6.Kedai eMB , belom nyoba. jadi belom bisa kasi komentar hehehehhe

    ReplyDelete
  15. @dodon_jerry Awww, bikin pengen makannn deh ah koko jerry

    *lap liur*

    thank you to drop by your comment :D

    ReplyDelete
  16. AnonymousJune 08, 2012

    mie aceh di johar emang "kurang cocok" buat rata2 lidah orang pontianak, coba di mie seulanga, jalan purnama... nah itu lebih enak rasa nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deeh. Makasih rekomendasinya :D

      Delete
  17. AnonymousJune 19, 2012

    bubbor paddas pak ngah di komyos tuh sebelah mana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelah kiri kalo dari jl koyoso depan, pas di sebelah gang jagung, depan masjid :)

      Delete
  18. Udah pernah coba cakwe dengan berbagai varian rasa...?? Nasi lemak dan teh tarik khas negeri jiran...?? Coba kunjungi kotabaru, pontianak, jl. Prof. M. Yamin. Dijamin ketagihan pengen ngulang.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah. tampaknya perlu dicoba nanti nih :D

      Delete
  19. kalo steak ato grilled di Pontianak mana aja?
    dari Surabaya nih! minggu depan mau kesana..hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ke Neo Steak yang ada di Jl. Johar.

      Atau, kalo mas/mbaknya punya twitter, follow @makanape, trus tanya2 deh sama adminnya :D

      Delete
  20. coba deh empek-empek di Jalan Gajah Mada (empek-empek 168) ... maknyosss

    ReplyDelete
  21. artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

    ReplyDelete

Yang roaming dilarang masuk :p