dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Thursday, 26 April 2012

Eksperimen: Es Pisang Ijo

Saya bukan tipikal istri yang pandai dan hobi memasak. Memasak untuk sehari-hari sih yang gampang-gampang saja.

Tapi, saya adalah tipikal perempuan yang suka makan hohoho. Jadi kadang-kadang saya suka iseng coba buat sendiri makanan yang pengen saya makan. Dapat resepnya dari hasil gugling tentu saja. Seperti sabtu lalu, saya berhasil bikin chai kwe setelah posting resepnya

Dan kemarin sore, berhubung masih ada persediaan tepung beras, saya gunakan untuk mencoba resep Es Pisang Ijo dari webnya Femina


Bahan-Bahan Es Pisang Ijo :


175 g tepung beras, ayak
1/2 sdt garam
300 ml air
100 ml air daun suji (saya tidak pakai karena ga nemu hehe, jadi diganti pake air biasa)
1/2 tetes pewarna hijau
50 g tepung sagu
6 buah pisang raja matang

Bubur:
800 ml santan dari 1 butir kelapa parut
50 g tepung beras
75 g gula pasir
1 lembar daun pandan, simpulkan
1/4 sdt garam

Pelengkap: 
Es Serut (Saya pakai es batu biasa karena malesss nyerutnya)
100 ml sirop cocopandan, siap pakai
100 ml susu kental manis


Cara Membuat Es Pisang Ijo :
  1. Campurkan tepung beras, garam, air, air daun suji, dan pewarna hijau, aduk rata. Jerang di atas api kecil hingga mendidih sambil aduk-aduk agar adonan tidak berbutir. Angkat.
  2. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk hingga kalis. Bagi adonan menjadi 6 bagian. Bulatkan dan tipiskan hingga 1/2 cm.
  3. Balut setiap pisang dengan adonan tepung beras hingga semua bagian tertutup rata.
  4. Rebus pisang dalam air mendidih hingga mengapung dan adonan matang. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.
  5. Bubur: Campurkan santan, tepung terigu, gula pasir, daun pandan dan garam, aduk rata. Jerang di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga kental. Angkat.
  6. Penyajian: Potong-potong pisang ijo. Letakkan di atas piring saji. Tuangkan bubur. Tambahkan es serut, sirop, dan susu kental manis.
  7. Sajikan segera.
Ini dia  hasil eksperimennya:

Jeeeng jreeeeng
Untuk edisi perdana, lumayan enak deh rasanya walaupun kulitnya kayaknya agak tebal. Lagipula, saya juga belum pernah mencoba es pisang ijo asli dari Makassar hehehe.

Baiklah. Demikian hasil eksperimen hari ini. Selamat menikmati :p

24 comments:

  1. ya ini yang bikin kangen sama Makassar. otak-otak sama pisang ijo. untung di deket tempat saya sekarang ada yang jualan pisang ijo, itu ... pisang yang warnanya masih ijo, rasanya sepet! dasar teman saya yang jualan itu memang nggak niat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkw kirain beneran es pisang ijo :p

      Delete
  2. srufff...enak banget kayaknya! saya doyan es pisang ijo ini! tapi kalo suruh bikin sendiri, mikirnya lamaa....banget!mending beli aja deh, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini ga ada jual mbak makanya bela2in bikin *nangisss*

      Delete
  3. eh,,rasa makanan itu tergantung siapa yang beli! itu pisang sepet, karena yg makan setali tiga uang ama rasa pisang itu! hihi..

    ReplyDelete
  4. ya Allah sepertinya nikmat pisang ijonya.. mau dibuat ahh...

    ReplyDelete
  5. kalau aku buatkan ini tuk misua pasti tambah cinta deh dy.. secara dy kan orang makassar hihi *copas menu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeehhh tak kirain ini yg bersuamikan org Makassar udah duluan bikin hehe. Selamat mencoba mbak :D

      Delete
  6. @diniehz beluumm wong di jakarta berserakan koq rumah makan makassar, jadi ga perlu bikin toh :p *jelek banget yak bahasanya, berserakan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk iya juga yaa.. Ini kan saya bikin karna ga ada serakan2 rumah makan makassar di sini :p

      Delete
  7. wawawa... aku juga suka mbak... biasanya kalo beli sepaket ma cotonya... :) coba aaah biar ibu seneng :p. Eh mbak din ane suka bingung deh... anti kalo ngomen cimatcimut pake komen box di bawah kan? yg dr disqus... ga tau kenapa komen dari mbak Din tu suka ga msuk, masuk notifnya doang di gmail :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yooo ayo dicobaaa :D

      kalo dari hp ngomennya di kolom komen bawaan blogger dit. Kalo dari pc, baru deh login disqus. Disqus emang gitu dianya dit. Tadinya saya juga pake disqus buat box komen, tapi dilepas karena berat di blog selain juga karena itu tadi, kalo ada yg ngomen via hp, jadi ga kebaca deh.

      Delete
  8. Wah wah kok postingan Makanan terus sih hehehehehhee. Pecel Lela memang maknyus, dan ternyata lele bisa dibuat funky dan yummy dengan balutan keju , saus dan lain sebagainya. Postingan makanan memang sangat menyegarkan dan sudah pasti membuat perut saya laper hehehhee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi. Malah jadi lele lela. Mau nyobain aaah nantiii kalo balik ptk.

      Delete
  9. duh, panas2 gini enak banget tuh makan es di kasih pisang ijo, di gituin lagi, makkkk, bikin yg kaya gituan dong. tanggung jawab mba !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahihihi, ayuuk ke sini. Masih ada 2-3 porsi buat bang stumon xixixi.

      Delete
  10. Wah asik dong mba. Ah masa mba ga doyan masak? Ga percaya. Aku pernah nyoba makan pisang ijo. Emang ga elit lidahku, ga enak aja. Padahal yang buat, yang berkreasi, udah berinofasi udah susah payah. Aku sebagai konsumen ngga suka makanan pisang ijo hehe abaikan yah mba aku lagi ngelantur :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi saya mood2an kalo soal masak zal hehe.

      Selera orang mang beda2 zal. Bukan brati ga suka es pisang ijo trus ga elit lidahnya xixixi.

      Delete
  11. wah sepertinya enak, saya ga bisa mbuatnya e, mending kirim ke saya aja ya.. boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah abis sayang sekali hihihi

      Delete
  12. uuhhh... yummy! jadi pengen mbak es seperti itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cobain resepnya hihi.

      Delete

Yang roaming dilarang masuk :p