dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Wednesday, 11 April 2012

Cinta di Alun-Alun Kapuas

Pontianak dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilewati langsung oleh garis khatulistiwa. Tak heran jika cuaca di Pontianak sangat panas. Tapi tidak demikian siang itu. Selasa, 27 Maret 2012, jelang waktu dzuhur, mendung menggantung pertanda nyaris hujan. Beberapa pengendara sepeda motor bahkan sudah kenakan jas hujan karena di sebagian wilayah Kota Pontianak hujan telah tumpah.

Alhamdulillah. Allahumma shoyyiban naafi'an. Semoga Allah turunkan hujan yang bermanfaat.

Dan hujan siang itu memang sangat bermanfaat. Mendinginkan hawa panas ketika saya dan kedua adik saya yang shalihat, Isma dan Anis, telah membuat janji untuk bertemu sejak beberapa pekan yang lalu. Bertemu untuk melepas rindu kami yang menggebu dan mengikat momen pertemuan itu dengan foto-foto, itu tentuuu :p

Anis - Saya - Isma

Setelah kenyang makan caikue di Gleam Cafe Jl. Tamar, kami berempat: Saya, suami saya, Anis dan Isma langsung meluncur ke Alun-Alun Kapuas. Letaknya memang tak jauh dari tempat kami makan. 

Alun-Alun Kapuas Pontianak adalah salah satu proyek 'Waterfront City' pemerintah Kota Pontianak. Terletak tepat di depan kantor walikota Pontianak dan Makorem 121 Alambanawanawai Tanjungpura, tepatnya di Jl. Rahadi Oesman. Tepat di sebelah Alun-Alun Kapuas, ada Hotel Kartika yang bisa jadi pilihan untuk menginap.

Kalau teman-teman berkesempatan berkunjung ke Pontianak, sayang rasanya kalau tak mampir kemari.  Aksesnya mudah, karena taman Alun-alun Kapuas terletak di pusat Kota Pontianak dan dilalui oleh trayek angkutan kota, sehingga bisa didatangi segala penjuru Kota Pontianak. Pakai taksi atau becak? Bisa juga.

Tersoda gembira: Saling Cinta karena Allah :')

Sebelum 2011, Alun-Alun Kapuas belum selumayan sekarang. Dulu belum ada mushalla, air mancur, replika tugu khatulistiwa, dan toilet umum. Sekarang, tambahan fasilitas tersebut menambah indah taman ini. Dan alhamdulillah sudah lebih bersih, terawat dan enak dipandang walaupun masih ada beberapa orang tak bertanggung jawab menjadikan taman cantik ini sebagai tempat berjudi :(

Di dekat Alun-Alun Kapuas ini ada kapal fery untuk menyebrang loh. Fery inilah yang menjembatani Pusat Kota dengan pinggiran Sungai Siantan dan Kampung Beting.

Kelihatan kan kapal fery-nya? :D
Di tepi pagar itulah kita bisa bersantai sambil menikmati pemandangan Sungai Kapuas dan sampan-sampan kecil yang kadang lewat menyebrangkan beberapa penumpang. Kalau teman-teman ingin merasakan dinginnya air Sungai Kapuas, bisa juga duduk-duduk di anak tangga yang mengitari air mancur. Risikonya ya terkena cipratan air mancurnya dong hehe. Tapi di sore hari, air mancur dan lampunya belum dinyalakan. Baru menyala ketika malam tiba. Walaupun begitu, tetap tidak mengurangi sejuknya taman ini kok :)

Kawah air mancurnya di sebelah kanan :D
Di hari-hari tertentu, Alun-Alun Kapuas digunakan sebagai tempat beberapa agenda rutin seperti festival layang-layang, pameran lukisan, pameran tanaman hias, panggung hiburan, dan pasar murah. Di hari biasa kadang ada juga yang suka mancing looh. Siang itu, kami bertiga sekedar jalan-jalan dan foto-foto saja. Tak kepikiran dan kurang mahir memancing soalnya ^^

Foto-foto duluuu :p

Kalau selagi jalan-jalan kemudian teman-teman merasa lapar, tak perlu khawatir. Kelang sore sampai malam hari, banyak pedagang bakso, jagung bakar, air lidah buaya, dan berbagai makanan serta minuman lainnya. 

Siang menjelang sore itu, kami bertiga senang gembira dan bahagia. Banyak cinta di Alun-Alun Kapuas. Masih berasa bahkan ketika kami sudah pulang ke rumah masing-masing. Ah, dimana-mana, yang namanya saling cinta karena Allah itu sungguh indah. Saya dan suami pun ikut berbahagia hehehe :p

Foto karya Anis ^^
Nah, ada di mana cinta teman-teman hari ini? :)

26 comments:

  1. whaa foto yang terakhir (uhuk) KDRT /;p wkwkwk... mbak Air lidah buaya itu rasanya gimana?? baru denger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihii jadi malu (ʃ⌣ƪ)

      Air lidah buaya itu rasanya manis dheet, enak. Salah 1 oleh2 andalan khas kalbar juga :)

      Delete
  2. Waw sequense postingan ini ada di futu terakhir, adegan KDRT ini harus dilaporkan ke KPK. Hehehehe apa hubungannya. Aniwei ini keren sekali. Jalan jalan dan futu futu adalah aktifitas yang amat menyenangkan, Sepertinya Miss Syahdini gemar traveling. I like that. I am traveler too.

    Informasi tentang kota Pontianak sudah menyebar kemana mana, bahkan beberapa teman saya di Jawa juga sudah merencanakan untuk bisa mampir ke Pontianak. Semoga. Kalaw soal kuliner Caikue, wah musti merujuk sama blognya Mr Dodon Jerry yang pakar kuliner itu. Hehehehehehhehee.

    great posting. Awesome

    Asep Haryono
    Blogger/Adsense Publisher/SEO Learner/
    Website Content Specialist

    pontianakpost.com
    asephdesign.co.cc
    simplyasep.blogspot.com
    asepharyono.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kang asep blognya makin banyak aja hehe..

      Betuuul, saya suka sekali traveling. Apalagi ke tempat2 terbuka dan alami spt ini, sukaaaa.. So refreshing :)

      Iya nih kang, kalo soal caikue mending tanya ke ahli kuliner pontianak, mr dodon jerry aja. Hehe.

      Thanks for reading n giving comment kang asep..

      Delete
  3. ihhhh hahahaha saya tersanjung sampe terpleset, sanjungan adalah bantingan yg tertunda hahahaha. oh ya itu namanya gleam apa glaen ya? agak agak lupa saya, btw coba dilihat pelayan cowonya disitu..... hehehehe semuanya kemayu :p. btw saya pernah masuk kedalam utk melihat pembuatannya, dari proses mengadon, mencetak sampai mengisi, mengukus dan menyajikan. memang bukan terbaik rasanya tapi disini halal, minuman es buah dan pisang goreng keju juga enak. saya suka pilihan pisangnya. klo makan choipan disini saya pilih yg isi rebung dan kacang hijau. oh ya, mereka menggunakan ebi terbaik yg harus diambil dari singkawang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aww awww yang disinggung dateng akibat dijemput :p

      iiiih, makasih infonya koko jerry. Tak sia-sia yes jadi presenter jalan-jalan jajannya Khatulistiwa TV ^^v

      *kemudian jadi kepengen caikue Gleam Cafe (sesuai nama di foursquare :p)*

      Delete
  4. dini...itu yg di depan alun - alun kapuas namanya bukan makorem lagi tapi makodam..koremnya kalau gak salah pindah ke sintang hehehehehe #Fyi aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh ya kah kak? hihihi, keliru rem sama dam :p

      tengkyu infonya kak eno :)

      Delete
  5. caikue itu apaan? makanan sejenis mie ya atau Cakue

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda sama cakue. Caikue itu makanan yang terbuat dari tepung beras :D

      Nanti deh saya tulis tentang caikue ya hehe ^^v

      Delete
  6. Tapi sekarang Satpol PP sudah menetertibkan pedagang yang bukan pedagang kuliner. Dan dalam waktu terdekat ini juga akan dibikin pos pengamanan dan TIM Gabungan akan menjaga Taman ALun2 Kapuas, sehingga apabila masyarkat menemukan adanya praktik judi bisa melapor kepetugas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap! d^.^b

      Thanks tambahan informasinya Eel. Inilah untungnya punya temen jurnalis hehe..

      Delete
  7. waaah jadi pengen ke kapuas lg aku mbak....

    ReplyDelete
  8. Saya mengetahui seluk beluk Pontianak dari buku yg saya baca, seru sepertinya melalang buana ke daerah nusantara lainnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, keren :D

      yuk ke Kalbar dong RBI sesekali :)

      Delete
  9. Abis ngerayu apa tuh Pak Suami-nya sampai Bu Istri-nya langsung nyubit mesra di foto terakhir? *suitsuit...* :p

    Udah beberapa kali ke Alun-alun Kapuas, enak sih bisa duduk/berdiri nyantai (atau makan bubur kacang hijau / ketan hitam), tapi selain dari itu kayaknya gak banyak lagi yang bisa dilakukan di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ga abis ngerayu apa2, itu nyubitnya beneran sakit kata suami :p

      Iya sih ya kak, apalagi kalo lagi rame, malesss lama-lama di sana.

      Delete
  10. hihihi, kasian tuh suaminya di cubit sampe nyengir gitu, huhuhu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal dianya kesakitan :p

      Delete
  11. suasana kotamu mirip dengan kotaku palembang ya hehe, btw pingin kapan2 maen kesana terutama nyobain makanan khasnya :) tq atas knjungannya anyway :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? Wah, jd pengen ke palembang juga nih, cicip langsung empek2nya :)

      Sama2 kk. Makasih sudah berkunjung balik ^^

      Delete
  12. wah..kapan ya saya bisa kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke kalbar mbak, ntar diajak jalan2 ke alun2 kapuas dan tugu khatulistiwa :)

      Semoga bisa segera, aamiin..

      Delete
  13. Ralat kembali, yang di depan alun kapuas itu markas POM alias Polisi Militer, KODAM nya udah pindah ke kubu raya, kalau dr saanggau lewat Tayan trus nembus ke A. Yani bisa liat MAKODAM tuh, heheheheh #fyi

    ReplyDelete
  14. hihihi baiklah, terimakasih infonya kak eno :D

    ReplyDelete

Because sharing is caring