dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Monday, 30 April 2012

Belajar Tak Kenal Usia

Selalu ada pelajaran yang saya dapatkan setiap kali masuk kelas untuk mengajar. Di pertemuan 2 pekan lalu, saya mendapat ilmu tentang beberapa nama unik desa dan dusun di Kabupaten Sekadau. Pertemuan pekan ini saya juga mendapat inspirasi dari salah seorang mahasiswa yang usianya tak lagi terbilang muda. 

Ibu Hj. Endang
Namanya Ibu Endang, salah seorang guru di sebuah SMP di Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Beliau adalah mahasiswa di Universitas Terbuka Kabupaten Sekadau jurusan Ilmu Administrasi Negara. Hari Sabtu, beliau masuk ke kelas saya dan berkata:
"Excuse me, miss I want to join to your class. Saya sudah izin sama Pak Nur (koordinator UT Sekadau, dhz) untuk masuk ke kelas mata kuliah Bahasa Inggris. Saya mau ambil ilmunya, miss".
Amazing, huh?

Tentu saja dengan senang hati saya sambut beliau untuk masuk ke kelas saya.

2 pekan lalu, seperti yang saya ceritakan di sini, saya memang diminta oleh Pak Nur untuk menggantikan sementara tutor mata kuliah Bahasa Inggris yang berhalangan hadir di kelas Ilmu Administrasi Negara. Sejak hari itu, ibu ini memang bersemangat sekali untuk belajar. Dibanding mahasiswa lain yang usianya jauh lebih muda, beliau yang paling aktif dan rajin bertanya. 

Bahkan, ketika saya sudah hampir akan selesai mengajar, beliau menghampiri saya, meminta saya untuk mengajar privat. Sungguh semangat belajar yang ekstra luar biasa. Ketika banyak mahasiswa di luar sana yang kuliah sekedar untuk menuhin absen *bahkan ada yang hobinya nitip absen*, beliau datang tanpa tanda tangan absen karena memang. Saat beberapa mahasiswa berbondong-bondong kuliah untuk dapatkan ijazah, beliau datang jauh-jauh dari sebuah kecamatan untuk sesuatu yang lebih berharga daripada selembar ijazah. Yah, seperti yang disebutkan di awal tadi: "Saya mau ambil ilmunya".

Dan mengajar orang-orang dengan passion belajar yang meledak-ledak seperti itu sungguh membangkitkan semangat saya. Sangat menyenangkan berbagi ilmu dengan mereka yang sengaja berangkat dari rumah untuk menuntut ilmu. Sebuah kebahagiaan bagi para pengajar saat para pembelajar, baik tua maupun muda, antusias mengikuti mata pelajaran atau mata kuliah. Mereka yang tiba lebih awal dan memilih duduk di bangku paling depan adalah orang-orang yang memotivasi saya untuk membagi ilmu lebih banyak lagi :)

Ya, dari Ibu Hj. Endang, saya membuktikan bahwa belajar memang tak pernah mengenal usia.

20 comments:

  1. Ajalin aku juga miss kakak... Fufufu

    ReplyDelete
  2. Belajar memang tidak kenal usia... ibu nya teman saya juga yang sudah punya cucu masih kuliah lagi tuh untuk ngejar gelar S1 nya. :) namun menurut saya belajar itu banyak media nya apalagi yang fokus cari ilmu bukan cari ijazah. :D

    ReplyDelete
  3. sungguh menyenangkan sekali ada orang yang punya semangat belajar tinggi seperti beliau..
    andaikan semua orang bisa seperti itu ya..
    pasti indonesia bisa cepet jadi negara maju..

    ReplyDelete
  4. salut sama si Ibu, noohh yang muda2 ayoo jangan mau kalah sama Bu Endang, malu doong kalau kerjaannya bolos terus, yang sudah tidak muda aja masih semangaattttt ^^

    ReplyDelete
  5. hahaha, iah dong dia juga kan ga mau kalah mba :)) biarpun udah tua tapi tetep semangat :)

    ReplyDelete
  6. pokoknya mah belajar dan pendidikan harga mati, gak boleh di tawar, tititik :D

    ReplyDelete
  7. wah ete jago bahasa inggris ya. pantesan koment di saya mantap bener, saya sendiri masih belajar sist. belajar dari web yang saya buat. heheh, meskipun salah, tapi ya berusaha. ga patah semangat dan ga malu, masa malu sama beliau.

    ReplyDelete
  8. wah sungguh wanita berhati baja, masih saja mau menimba ilmu tanpa malu ya, saya juga ga boleh malu ah... makasih informasinya. saya jadi semanggat lagi nie.

    ReplyDelete
  9. iya bener mbak! saya aja udah beranak malah nerusin kuliah lagi. Dan sempet pundah-pindah kuliah ngikutin jarak rumah! hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muantapp jaya mbak Popi :)

      Delete
  10. saya belum pelna masuk kelasnya missss. -,-

    ReplyDelete

Because sharing is caring