dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Thursday, 12 April 2012

9 Jenis Kecerdasan


Menjadi pengajar untuk mata pelajaran Conversation dan mata kuliah Bahasa Inggris adalah sebuah tantangan yang pernah dan masih saya rasakan sampai hari ini. Kadangkala ada rasa sesak di dada ketika melihat beberapa siswa/mahasiswa yang tak berikan penampilan terbaik mereka. Padahal di pertemuan sebelumnya kan sudah saya jelaskan bagaimana sebuah materi harus dilaksanakan.

Demikianlah dinamika belajar mengajar. Tidak semua orang pandai dalam semua bidang. Dan sampai dengan hari ini, saya masih yakin dan percaya bahwasanya di dunia ini, semua orang Allah ciptakan cerdas, jenis kecerdasannya saja yang beda-beda. Ya, semua orang itu cerdas. Seperti kata Albert Einstein:

Source: pinterest

Maka dari itu, ada Sembilan jenis Kecerdasan yang saya dapatkan dari notes facebook saya sendiri, dan terkumpul dari berbagai sumber. 



1. Kecerdasan Linguistik



Kecerdasan dalam mengolah kata-kata secara efektif baik bicara ataupun menulis. 
Contoh: jurnalis, penyair, pengacara, penulis
Ciri-ciri :

  • Dapat berargumentasi, meyakinkan orang lain, menghibur atau mengajar dengan efektif lewat kata-kata
  • Gemar membaca dan dapat mengartikan bahasa tulisan dengan jelas



2. Kecerdasan Matematis-Logis


Kecerdasan dalam hal angka dan logika.
Contoh: ilmuwan, akuntan, programmer
Ciri-ciri :

  • Mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi
  • Berpikir dalam pola sebab akibat, menciptakan hipotesis
  • Pandangan hidupnya bersifat rasional

3. Kecerdasan Visual-Spasial

Kecerdasan yang mencakup berpikir dalam gambar, serta mampu untuk menyerap, mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek visual.
Contoh: arsitek, fotografer, designer, pilot, insinyur.
Ciri-ciri :
  • Kepekaan tajam untuk detail visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk dan ruang
  • Mudah memperkirakan jarak dan ruang
  • Membuat sketsa ide dengan jelas

4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani

Kecerdasan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresiakan gagasan dan perasaan
Contoh: atlet, pengrajin, montir, menjahit, merakit model
Ciri-ciri :
  • Menikmati kegiatan fisik (olahraga)
  • Cekatan dan tidak bisa tinggal diam
  • Berminat dengan segala sesuatu

5. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk musik dan suara.
Contoh: konduktor, pencipta lagu, penyanyi
Ciri-ciri :
  • Peka nada dan menyanyi lagu dengan tepat
  • Dapat mengikuti irama
  • Mendengar musik dengan tingkat ketajaman lebih

6. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan untuk mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak dan temperamen orang lain. Contoh: negotiator, guru, psikolog
Ciri-ciri :
  • Menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, terbuka
  • Menjalin kontak mata dengan baik
  • Menunjukan empati pada orang lain
  • Mendorong orang lain menyampaikan kisahnya

7. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertidak secara adaptif berdasar pengenalan diri Contoh: konselor, teolog
Ciri-ciri :
  • Membedakan berbagai macam emosi
  • Mudah mengakses perasaan sendiri
  • Menggunakan pemahamannya untuk memperkaya dan membimbing hidupnya
  • Mawas diri dan suka meditasi
  • Lebih suka kerja sendiri

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan memahami dan menikmati alam dan menggunakanya secara produktif dan mengembangkam pengetahuan akan alam. Contoh: petani, nelayan, pendaki, pemburu

Ciri-ciri :
  • Mencintai lingkungan
  • Mampu mengenali sifat dan tingkah laku binatang
  • Senang kegiatan di luar (alam)

9. Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan untuk menjawab persoalan-persoalan terdalam eksistensi atau keberadaan manusia. Contoh: filsuf, teolog.
Ciri-ciri :
  • Mempertanyakan hakekat segala sesuatu
  • Mempertanyakan keberadaan peran diri sendiri di alam/dunia


Nah, dari yang 9 ini, yang mana sajakah jenis kecerdasan teman-teman? :)

20 comments:

  1. MEnarik sekali. Memang kecerdasan sudah ada di setiap orang dan bagaimana upaya kita untuk mengasahnya menjadi berkilau dan tetap bercahaya sepanjang masa. Kadang kita dibekali dengan sejumlah kelebihan dan ketrampilan, namun di sisi lain kita juga dihadapkan dengan berbagai kekurangan dan kelemahan.

    "Tidak semua orang pandai dalam semua bidang. Dan sampai dengan hari ini" seperti ditulis dalam postingan ini. Kita memang tidak harus pandai dalam setiap hal. ini juga berlaku dalam Bahasa Inggris. Saya sendiri saja merasa amat kurang dan jauh dari yang saya harapkan. Namun belajar adalah proses yang tidak menyenangkan. Belajar bagi sebagian orang (mungkin saya termasuk di dalamnya) adalah hal yang harus diperjuangkan, sekaligus tantangan

    Great Posting. Well done


    Asep Haryono
    asephdesign.co.cc
    www.asepharyono.com
    www.pontianakpost.com
    simplyasep.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. setiap manusia pasti cerdas dalam 1 hal ya,
    kalo designer yang cerdasnya di sastra masuk kemana ya ?

    ReplyDelete
  3. dari dulu sampai sekarang saya kalau belajar bahasa inggris itu agak gimana gitu padahal saya tahu kalau sebenarnya bahasa inggris itu mudah cuman rasa malas saja yang memebuat bahasa inggris itu kelihatan susah. rasa memeang ngaruh banget ya mbak dinihz :D

    wah saya baru tahu ternyata banyak juga ya macam macam kecerdasan .. nice artikel mbak two thumbs for you :D

    ReplyDelete
  4. Albert Einsten aja dulunya dikira bodoh dan terbelakang yak, ternyata eh ternyata sekarang otaknya diteliti :)

    aku sepertinya mengarah ke Linguistik.

    Tapi kecerdasaan pun perlu diasah, karena kalau tidak otaknya menjadi tumpul dan tidak lagi peka. Bukankah orang cerdas itu adalah orang yang peka dengan suatu hal? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata skrg Einstein malah jadi rujukan org2 pintar masakini ya mbak :)

      Tosss, saya juga tampaknya linguistik ( '⌣')人('⌣' )

      Betul mba Nurul. Yg lupa saya tulis: cerdas versi Baginda Rasulullah --» Mengingat mati :)

      Delete
  5. @Asep Haryono thank you kang asep. Setuju, kecerdasan kalau tak diasah jadi sia2 :D

    ReplyDelete
  6. @Aji Abriansyah visual dan linguistik berarti :)

    ReplyDelete
  7. @shofyan oyan betul shofyan :) intinya, harus suka dengan yang akan kita pelajari.

    Thanks a lot shofyan ^^

    ReplyDelete
  8. huhuhu, saya termasuk orang cerdas gak ya, tapi ada deh tuh di tulis nomor delapan, kecerdasan Naturalis, asik euy, masuk kategori cerdas juga, hihihi :D

    ReplyDelete
  9. menarik artikel...
    tapi mungkin kah bisa seperti menjadi seperti di atas tersebut hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you :)

      Minimal punya 1 deh hehe. Kalau diikhtiarkan, kenapa tidak? :D

      Delete
  10. Wah sepertinya yang no 7 itu kecerdasan yang saya miliki :)

    ReplyDelete
  11. Aduh, saya termasuk yang mana ya? Semua sepertinya, tapi tidak ada salah satu yang menonjol sekali, hihihi. Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  12. postingan yang sangat menarik :)
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

    ReplyDelete
  13. terima kasih :)

    oke, cuss ke websitenya

    ReplyDelete
  14. kamek kayaknye no satu lah..wkwkwkwkkwwk
    dan kamek yakin para Bloggers semuanya kecerdasannya seperti pada 1... hehehehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagooooeeeess d(ˆ⌣ˆ)b

      Belum tentu el. Ada juga blogger yg isi blognya cuman foto2 hehehehehe.. Anyway, pada umumnya sih blogger memang punya kecerdasan linguistik :)

      Delete

Yang roaming dilarang masuk :p