dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Tuesday, 20 March 2012

Voyage with Perahu Wisata

Voyage

Sungai Kapuas punye cerite
Bile kite minom aeknye
Biarpun pergi jaoh kemane
Sunggoh susah nak melupakannye...

Itulah penggalan lirik lagu Sungai Kapuas. Orang Pontianak mesti pada hafal lagu itu. Lagu tentang Sungai Kapuas. Sungai sepanjang 1.143 km yang membentang seperti ular kalau dilihat dari udara. 

Sudah pernah minum air Sungai Kapuas? Saya sudah. Tak sengaja minum tepatnya. Waktu kecil ketika masih suka berenang-renang di sungai yang terletak persis di depan rumah kakek saya (allahuyarham), pas lagi menyelam, glek, keminum deh. Sekarang, mau minum air Sungai Kapuas agak-agak ngeri ya. Sungainya sudah tercemar akibat aktivitas penambangan dan pembuangan sampah di situ.

Walaupun begitu, Sungai Kapuas tetaplah sungai terpanjang di Indonesia. Kalau sekarang tak layak lagi diminum airnya, dilewati sungainya masih aman kok. Mau mencoba melewati Sungai Kapuas? Yuk mampir ke Pontianak, sempatkan berlayar  di Sungai Kapuas dengan Perahu Wisata Serasan.

KEy Members on Perahu Wisata

Pengalaman ini, lagilagi, saya alami bersama KEy members. Dan lagilagi saya memakai setelan baju biru yang sama dengan ketika saya berkunjung ke Aloe Vera Center. Memang setelan favorit saya sih hihihi.

Untuk menaiki Perahu Wisata ini, kita tinggal datang ke Cafe Serasan yang terletak di pinggir Sungai Kapuas, Jl. Swadaya, Pontianak Timur. So far, Cafe Serasan adalah satu-satunya cafe yang memiliki perahu wisata. Untuk menikmati perjalanan dengan perahu wisata ini, kita cukup membar Rp.10 ribu. Kalau mau menikmati perjalanan tanpa menunggu perahunya penuh oleh penumpang lain, kita cukup membayar Rp.80ribu. Tapi itu harga 2 tahun lalu yah, tepatnya Ahad, 4 Juli 2010 ketika saya dan KEy members did the voyage.

Depan perahu

Perahu Wisata ini adalah perahu 2 lantai yang terbuat dari kayu, dengan 4 meja bundar dan 4 kursi di lantai 1. Ada sound systemnya looh. Bisa dipake untuk karokean. Cihuy. Di lantai 2 ada 2 kursi kecil yang cukup untuk 3 orang. Lumayan asik untuk menikmati tiupan angin di sela-sela pelayaran. Tapi sayang ketika kami berlayar, cuaca kurang mendukung untuk kami nongkrong di lantai 2.

Di dek depan ada kursi panjang yang cukup untuk diduduki sekitar 6 orang. Dari depan kita bisa melihat dengan leluas pemandangan di sekitar Sungai Kapuas: ada pabrik yang mengepul-ngepul asapnya, Tugu Khatulistiwa yang kelihatan keciiil, kapal dan perahu yang berseliweran, dan jembatan kapuas tentunya. Akan lebih indah kalau teman-teman melakukan perjalanan dengan perahu wisata di sore hari. Pemandangan sunset dilengkapi dengan menu makanan khas Pontianak yang bisa dipesan di Cafe Serasan, wuiih mantap ajiib. 

Pabrik di wilayah Siantan

We Love Indonesia

Jembatan Kapuas di belakang, kelihatan?


Jangan membayangkan Perahu Wisata ini seperti perahu motor yang ribut. Tidak sama sekali, karena perahu berukuran 10x3 meter ini menggunakan mesin mobil Phanter untuk meredam kebisingan.

Rupanya, bukan hanya saya dan KEy members looh yang pernah merasakan perjalanan dengan Perahu Wisata ini. Menurut pengelola Cafe Serasan, Fajriudin Anshori, ada beberapa tokoh penting dan selebritis yang pernah mencoba. Sebut saja WS Rendra, Gilang Ramadhan, Delon Idol, Bapak Usman Ja'far, dan Yusril Ihza Mahendra.

Nah, kalau teman-teman datang ke Pontianak, boleh dicoba untuk mampir sejenak mencoba Perahu Wisata Serasan. Selain unik, suasananya yang nyaman sangat cocok untuk nikmati Sungai Kapuas lengkap dengan sensasi sunset.

*Edited on March 20, at 14.51pm 
Thank you very much Mbak Enot 872 koreksinya :D

16 comments:

  1. Horee iyes yang pertama lagi kasih kumintur xixixixixixie. Wah saya rasa sekali bayar Rp.80ribu nda perlu nunggu lama langsung berangkat lumayan juga harganya ya. Tapi itu harga 2 tahun lalu yah, tepatnya Ahad, 4 Juli 2010. Wedeww pas bener dengan hari kemerdekaan Amerika Serikat tuh.

    Setau saya sih boat ship seperti ini sudah lama dilakonin sama Ateng Tour ya. Mungkin perahu ini khusus milik Pemkot Pontianak atau pemprov Kalbar ya. Atau milik swasta? Sepertinya menarik nih, wah blum pernah saya cuba nih. Kapan ya.

    Pernah suatu ketika ada turis lokal yang menanyakan berapa panjang diameter sungai Kapuas. Nah saya jawab aja kira kira sekitar 400-500 meter gitulah. Xixixixie. Asal jawaban saya waktu itu. Tapi yang beneran berapa ya ?. Anyway great posting

    Happy Blogging


    Asep Haryono
    simplyasep.blogspot.com
    www.asepharyono.com

    ReplyDelete
  2. Swasta kang, milik pengelola Cafe Serasan. Panjang sungai kapuas 1.143 km kang benerannya hihi

    Sesekali boleh kang coba naik. Kalau bawa anak2 harus dengan penjagaan ekstra tentunya.

    Thanks a lot kang Asep..

    ReplyDelete
  3. Asep SaepurohmanMarch 20, 2012

    wihh rame ternyata, sayang sungai kapuas jauh, beda pulau lagi dengan saya hehe.
    Terima kasih mbak sudah main ke blog saya, ^^
    sudah saya follow balik juga :)

    ReplyDelete
  4. Hehe nanti kalau sewaktu-waktu ada kesempatan buat mampir ke Pontianak, boleh dicoba naik perahu wisata :)

    Terima kasih kembali Asep :D

    ReplyDelete
  5. Septian AdinegaraMarch 20, 2012

    Hahaha,....ini part 1 ya.....? Brings back memories

    ReplyDelete
  6. baru ke kalimantan 1 kali dan ga sempat banyak jalan2 padahal pengen juga naek perahu di sungai kapuas :) smoga ada kesempatan lain

    ReplyDelete
  7. ini part pengabes bang aan haha :p

    Let's make the new memory in KEy World Tour 2012 \m/

    ReplyDelete
  8. dini, itu namanya bukan kapal galaherang, tapi kapal Serasan. kalau kapal Galaherang naiknya dari waterfront (baca: alun-alun kapuas) hehehehehe

    ReplyDelete
  9. oh yakah? haish berarti selama 2 tahun ini salah menyangka perahu serasan sbg galaherang *tepokjidat*

    tengkyu infonya yes, segera direvisi :D

    ReplyDelete
  10. Asep HaryonoMarch 20, 2012

    Wah komen ku ilang. Padahal pertama sekali saya komen.  Tapi format komen (buku tamu) nya tidak seperti ini.  Ini pasti diseting setelah jam 8 pagi ya. Xexexexexexexexee.

    Wah promosi kapal ini perlu lebih digencarkan lagi kayaknya, saya sendiri sering liat profil kapal ini, tapi belum tau dimana beli tiketnya ya. hmmmmmmmmm

    ReplyDelete
  11. hihihi ketahuan deh :p

    hilang dari kolom disqus tapi di arsip blogger.com masih ada kang :D

    Iyes kang, ini saya selama 2 tahun telah salah menyangka perahu ini namanya Galaherang, hadeuuh..

    Kalo untuk beli tiketnya, langsung ke Cafe Serasan, trus tanya sama pengelola/pelayan cafenya jak kang :)

    ReplyDelete
  12. AditHerry EmawanMarch 21, 2012

    Alamaak.. saye minom aek kapuas tiap hari mulai mei 2010 s/d mei 2011. berarti saye kena "kutukan" donk..

    ReplyDelete
  13. Happaaah? *pengsan*

    *bangun lagi* Benar sikitttt... tapi takpape, toh sampe skarang sehat2 wal'afiat. Siap2 jak balek Pontianak agik. Hihihihi..

    ReplyDelete
  14. InsyaAllah.. 
    posting ane tentang kapuas.. : http://thenetblook.blogspot.com/2012/03/sungai-itu-seksi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip.. Sudah disambangi :D

      Delete

Because sharing is caring