dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Friday, 16 March 2012

Aloe Vera Center Pontianak

With KEy Members in AloeVera Center

Jalan-jalan kemana yaa kalo ke Pontianak?

Sudah pernah mencoba ke Aloe Vera Center? Kalau belum, you should try to go there sometimes! Aloe Vera atau Lidah Buaya adalah salah satu jenis tumbuhan yang diolah menjadi beragam makanan dan termasuk dalam daftar Oleh-Oleh khas Kalbar yang jadi favorit banyak orang. Aloe Vera Center inilah pusat pengembangan lidah buaya yang terletak di Jl. Budi Oetomo Pontianak Utara.

Bersama Khatulistiwa English Community (KEy) members, 4 April 2010 saya mendapat kesempatan untuk ikut dalam kunjungan ke Aloe Vera Center. It was such a fun and interesting visit.

Di Aloe Vera Center, kami disambut oleh salah seorang pengurus yang sayang sekali saya tak ingat namanya :( Untuk memudahkan, sebut saja Pak Budi ya hehehe. Oleh Pak Budi kami diajak untuk masuk ke sebuah ruangan gelap yang mirip bioskop mini. Di ruangan tersebut kami mendapat penjelasan tentang perkembangan lidah buaya di Kalbar, yang ternyata merupakan lidah buaya terbesar di dunia dengan kualitas ekspor. Selain itu, diputarkan juga dokumentasi proses pengolahan lidah buaya mulai dari penanaman sampai dengan dijadikan beragam makanan.

Penjelasan tentang Aloe Vera

Selepas itu, kami dibawa untuk melihat langsung lidah buaya di Aloe Vera Center, produk-produk yang menggunakan Aloe Vera, dan rupanya walaupun judulnya Aloe Vera Center, ada juga Orchid Centernya looh.  

Jalan menuju Orchid Center

UPTD Orchid Center berada di bawah naungan
Dinas Urusan Pangan Kota Pontianak

Menuju 'Sawah' Lidah Buaya

Ciluk Baa..


Bersama para lidah buaya
 
Serasa megang pedang :p
Lidah buaya mini


Di Aloe Vera Center juga tersedia makanan olahan dari ludah buaya yang bisa langsung kita beli. Beberapa bahkan bisa kita cicip di sana. Yang saat itu membuat saya takjub adalah lidah buaya yang diolah jadi mirip pacri nanas. Uwoow sayang sekali waktu itu hari Ahad, tidak tersedia contoh produk untuk dicicip. Selain itu, ada juga kerupuk rasa lidah buaya, cokelat lidah buaya, permen lidah buaya, dan berbagai jenis makanan dan minuman yang terbuat dari lidah buaya.

Well then, kalau ingin melihat-lihat sendiri, datang langsung ke Aloe Vera Center yaa. Selamat bersenang-senang \^.^/

10 comments:

  1. Iyess yang pertama kasi kumintar. Saya senang dengan artikel Miss Syahdini karena kontennya mencerahkan. Selain itu powerful blog Miss Syahdini ini adalah penggunaan gambar (photo) hasil dari jepretan kamera Digital. itu yang membuatnya berbeda, original , distinguish, dan juga bermodal.

    Saya sering lewat Aloe Vera center itu, dan pernah sesekali datang dan melihat lihat koleksi di sana, sungguh memikat hati dan sedap mata memandangnya. Ngemeng ngemeng soal Orchid, saya jadi teringat teman di Ninasyam (kota di negara Sweden-red) yang pernah minta saya mengirimi dia Anggrek Hitam (Black orchid) dalam bentuk bar (batang). Dia juga minta dikirimi paket koleksi kupu (butterfly) hiasan yang sudah dikeringkan dalam kaca. Dikirim ke sweden.

    Sampai sekarang keinginannya belum diakomodir sama saya, karena banyak pertimbangan. Selain proses izinnya yang bisa jadi sulit karena membawa keluar tanaman langka dan satwa ke luar Kalbar. Any idea?

    great Posting


    Asep Haryono
    simplyasep.blogspot.com
    www.asepharyono.com

    ReplyDelete
  2. Waah, kalo gitu sepertinya mesti nunggu teman Kang Asep datang dari Ninasyam ke Pontianak untuk bawa sendiri Anggreknya tuh.. Kalo udah berurusan dengan birokrasi repot juga ya hehe..

    thanks a lot kang asep, happy blogging ^^

    ReplyDelete
  3. kalo ndak salah ade arwana center juga ye dsana?

    ReplyDelete
  4. Yekeh ji? Eiyke ndak tau.. Nanti lah kame tanyakan teman kame yg ikot ke sana waktu itu, yang mamaknye dosen pertanian tu :p

    ReplyDelete
  5. haha dasar dini :P kalo nda salah yg kite duduk di rumput yg melingkar tu.

    ReplyDelete
  6. Hooo ha ah ye, yg kite dak masok tu kan. Potonye ade tp nda kame pajang soalnye lupa kalo itu tu arwana center.. Pun kame kan phobia ikan ji :|

    ReplyDelete
  7. whew,.end of conversation,.hahhahaha

    ReplyDelete
  8. akakaka ada bang aan :p

    ReplyDelete
  9. Hai Dinie, masih belum bisa ya impor komentar lama? Btw, Dinie tinggal di Pontianak? Saya juga besar di Pontianak :)

    ReplyDelete
  10. sudah bisa :D

    Oh yaa? ya ampuuun dunia ini sempit bener ya hihihi..

    ReplyDelete

Because sharing is caring