dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Saturday, 11 February 2012

Coincidence

Coincidence?


Dan di sisi-Nya lah kunci-kunci keghaiban, tidak ada yang mengetahuinya selain Dia semata. Dan Dia mengetahui apa yang ada di daratan dan lautan. Tiada sehelai daun pun gugur, melainkan Dia mengetahuinya; dan tidak pula sebutir biji di kegelapan bumi, dan sesuatu yang basah dan kering, melainkan (telah tertulis) di Kitab yang nyata (Lauhul Mahfuzh).” (Al An’aam: 59).


Demikianlah, Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Jika Dia telah menetapkan suatu perkara, cukuplah Dia mengatakan, ‘Jadilah,’ maka jadilah (perkara itu).” (Ali Imran: 47).


Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh Allah telah menetapkan takdir atas segala sesuatu.” (At Thalaaq: 3).


Ayat-ayat di atas adalah beberapa firman Allah dalam Al-Qur'an yang menyatakan bahwasanya di kehidupan dunia yang fana ini, kata 'kebetulan' atau 'coincidence' hanya berlaku untuk para manusia saja. Bagi Allah, tak ada satu pun yang kebetulan. Begitu pula dengan nama lengkap saya dan suami.


Nama lengkap saya, sesuai dengan yang tertera di akta kelahiran, kartu keluarga, KTP, maupun buku nikah adalah Dini Haiti Zulfany. Saya ingat ketika SD, waktu buku tulis saya masih dituliskan sama bapak, bapak menulis Zulfani *pake i, bukan y*, dan saya protesss. Begitu juga kalo ada mahasiswa/i yang keliru tuliskan nama lengkap saya di kartu kehadiran, mesti saya betulkan. Well, some people may say apalah arti sebuah nama. Tapi tidak bagi saya. Nama adalah doa, bermakna, sebuah identitas, sebuah pemberian berharga dari orang tua. Maka, ketika suatu hari saya tumbuh dewasa, dijumpakan dengan seorang pria bernama Abang Priana Ashri *sesuai akta kelahiran, kartu keluarga, KTP maupun buku nikah*, terjadilah apa yang Allah kehendaki. Menikahlah kami berdua, hehe.


Di awal pernikahan, saya sama sekali ngga ngeh bahwasanya ada kemiripan dalam nama kami. Di pertengahan tahun pernikahan kesamaan ini saya temukan: Dini Haiti Zulfany & Abang Priana Ashri. Hitunglah, pada kedua nama ini terdapat 3 kata, dengan 7 suku kata, yang terdiri dari 16 huruf: 7 huruf vokal dan 9 huruf konsonan. Iya kan? 'Kebetulan' macam apaaa ini. 


Tapi bukan berarti kalo nama temanteman dan pasangan masing-masing tidak sama unsurnya lantas bukan jodoh donk ya. Kalo sudah sah ijab qabulnya, itulah dia jodohnya. Pasti ada kesamaan lain yang Allah jumpakan di unsur lain yang jauh lebih spesial daripada sekedar nama. Nama, hanya salah satu dari sekian banyak unsur yang kita sandang saja :)


Wallahualam bisshowwab.

4 comments:

  1. aku nyari bini name fera valdona jak lah

    ReplyDelete
  2. subhanallah..tiada yg kebetulan :)

    ReplyDelete
  3. Iya kk, everything has its destiny :)

    ReplyDelete

Because sharing is caring