dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Tuesday, 4 January 2011

Masa Lalu

Terlalu klasik jika saya harus menuliskan: "Semua orang punya masa lalu". Karena kalimat itu adalah kalimat truistic. Siapa di dunia ini yang tak punya masa lalu? Entah masa lalu berwarna cerah ceria, atau masa lalu suram legam sekelam hitam.

Pun terlalu berteletele jika saya pun harus menjabarkan panjang lebar, bahwa dari masa lalu-lah maka kita bisa belajar sejarah, bisa belajar Simple Past Tense, atau Bung Karno bisa dengan lantang berkata JAS MERAH. Jangan pernah melupakan sejarah. Ya, sejarah adalah bagian dari masa lalu kan?

Maka, jika ada bagian dari kisah masa lalu kita yang meresap hingga ke urat nadi, menembus jantung hati, bahkan hingga ke pori-pori, ingatlah pelajarannya saja. Ambil hikmahnya dengan bijaksana. Tapi jika masa lalu itu membuat kita sampai menutup akses silaturrahim untuk orang atau orang-orang yang pernah terlibat dalam masa lalu kita, apalagi sampai membenci, maka marilah kita istighfar. Bukannya masa lalu tak bisa dihapuskan dari catatan sejarah? Masa lalu adalah fakta, sekaligus realita. Sekali lagi, marilah istighfar. Bukankah Allah menyukai hambaNya yang bertaubat?

3 comments:

  1. Masa Lalu adalah kenangan, dan tak akan kita miliki kembali, masa kini masa yang kita miliki, masa depan tak ada yang pasti, yang pasti adalah masa depan kematian :) walahu'alam, subhanallah detik2 melepas masa lajang, mengenang masa lalu

    ReplyDelete
  2. iya bang, setuju :)

    terkadang, sepintas teringat dosa-dosa dulu, membuat hati luar biasa malu :(

    ReplyDelete

Because sharing is caring