dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Friday, 17 December 2010

Jangan bikin status...

Hasil copy notes dari facebook seorang saudari. Menurut saya ini penting dibagikan, untuk kebaikan kita bersama di dunia maya :D


Jangan bikin status tentang:

1. ajakan maksiat

siapa mengajak berbuat maksiat, dia ikut menanggung dosa orang yang diajaknya itu. wew, celaka banget:(


2. pamer ibadah

Kita ibadah untuk mencari ridlo-Nya. hati2 penyakit riya', kalo kita riya' gak dapet apa-apa deh, rugi :( kalo mau dapet pahala, statusnya tentang ajakan, mengingatkan, menyemangati beribadah... yuk, solat tepat waktu...., yuk puasa senin kamis...., keutamaan puasa asyura, dll.


3. pamer harta

wiiks, jangan mancing2 orang lain untuk sirik lah... gak baik, harta yang kita punya kan cuma titipan dari-Nya. Sangat mudah bagi-Nya untuk mengambil kembali dari kita.


4. SARA

"berpegang teguhlah kalian pada tali agama Allah dan janganlah bercerai berai..." QS Ali imron

bisa di tengkep aparat keamanan karena diduga terlibat jadi provokator.


5. Aib, baik aib keluarga maupun orang lain.

"Barang siapa menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat" al-hadits. Setiap orang punya cela, kekurangan dan aib, kita tentu tidak ingin aib kita diobral.


6. urusan ranjang

Kita tentu tidak ingin dilaknat Allah karena perbuatan kita yang satu ini, na'udzu billah...


7. Hal yang tidak ingin dipublikasikan.

Kalao gak mau diketahui orang lain, ya gak usah nulis status. pilih-pilih, mana yang boleh di share, mana yang harus disimpen.


8. Membuat orang lain tersinggung, sakit hati dan marah.

Mulutmu harimaumu.... ingat itu! statusmu mewakili ucapanmu. akan Allah mintai pertanggungjawaban atas apa yang kita lakukan selama di dunia, termasuk status kita/komen kita di FB:)


9. Membuat orang bingung.

Ini bisa terjadi karena ybs sengaja hanya men-share sepotong kalimat, tanpa penjelasan lanjutan. (penyakit ini kadang2 menyerang saya:). bikin pembaca bingung, aja:( menyusahkan orang lain, membuat orang lain garuk2 kepala...


10. Upload foto yg kentara "pamer kemewahan" nya

tambahan dari seorang sahabat dunia maya-ku. sangat berkaitan erat dengan point no 3.


Wallahu a'lam bis showab, mohon maaf bila ada yang tidak berkenan, kasih masukan, dong!!

7 comments:

  1. sekadar menambahkan
    ♦ jangan bikin status hoax, misal "tadi ada orang bilang saya mirip mesut oezil"
    ♦ jangan bikin status pemimpi, misal mengharapkan artis luar negeri menginap di rumahnya
    ♦ jangan bikin status kalo ga mau notif nya penuh
    ♦ selain urusan ranjang, jangan bikin status tentang urusan dapur, misal "wah.. komporku dilengkapi fasilitas 4G, pantesan tumisan mulu"
    ♦ jangan bikin status memakai lirik lagu, nanti kena pelanggaran hak cipta.
    ♦ jangan main facebook, mainlah plurk. (dance)

    ReplyDelete
  2. @bang torik, banget donk..

    @ferdung, wakakakakakakakakak (taser)

    ReplyDelete
  3. Kadang kita membuat status tidak untuk minta dikomentari. Kadang juga status yang kita buat tidak mengharapkan komentar orang lain. Orang membuat status karena memang dia ingin menuliskan perasaan dan kata hatinya tanpa harus menanggapi komentar atau tanggapan orang lain.

    Di sisi lain orang lain akan terpancing akan status seseroang jika mengandung unsur unsur atau poin poin yang sudah disebutkan dalam tulisan ini. Adalah hak setiap orang juga untuk memberikan komentar atas status orang lain.

    Saya setuju pada poin 8. Sebaiknya kita tidak membuat status yang bisa menyinggung perasaan orang lain atau menjelekkan orang lain. Sebab selain itu perbuatan yang tidak baik, orang yang merasa dijelekkan atau tersinggung itu bisa menuntut secara hukum. Dan anda bisa terkena pasal dalam Undang Undang Informasi dan Telekomunikasi.

    ReplyDelete
  4. Itu betul banget kang.. We have the right to update the status, as we have right to hide friends from our newsfeed in facebook without removing them as friend :D

    ReplyDelete

Because sharing is caring