dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Friday, 29 October 2010

Manfaat Siaran

Saya sangat senang menjadi penyiar. Dan sangat bangga bisa menjadi penyiar. Seringkali saya sampaikan di blog ini bahwa menjadi penyiar adalah salah satu cita-cita saya sejak saya kelas 3 SMP, dan terkabul saat saya menginjak kelas 2 Sekolah Menengah Atas. Sempat 'cuti' 1 kali selama 3 bulan, dan tak tahan untuk tak menjalankan visi misi saya berdakwah di ranah ammah, maka saya kembali ke Radio Volare. Yah, selain karena memang hobi tentunya. Juga sense of belonging saya ke Radio Volare yang sepertinya sudah tumbuh sejak kelas 3 SMP itu.

Banyak betul manfaat siaran yang saya rasakan. Manfaat paling besar yang saya rasakan adalah peningkatan kepercayaan diri yang tajam. Akibatnya, banyak orang menyangka saya pinter *loh? apa hubungannya? ehehe*. Ya begitulah. Penambahan koneksi dan teman juga tentu saja. Ah, banyak deh. Bisa kepanjangan ntar kalo dituliskan di sini. Oh iya, kesempatan berdakwahnya juga besar. Sebagaimana yang sangat saya rasakan hari ini.

Jadwal siaran hari ini adalah CAKRAWALA, baCAKan RAgam WAwasan dan LAgu. Agak-agak alay yah nulisnya? Ga kok, cuman perasaan aja hehe. Yeah, begitulah salah satu karakter akronim di Volare, agak sedikit maksa tapi bermakna. Ehm, kebetulan nama program ini, saya loooh yang usulkan, dan usulan saya dipake :D

Nah, berhubung hari ini adalah hari Jumat, hari sucinya umat Islam, maka Cakrawala hari ini adalah Cakrawala spesial, yaitu Cakrawala Islami. Iya, khusus hari Jumat aja. Di program ini, ada 3 segmen. Segmen pertama, dimulai dari pukul 10.00 - 12.00, bacakan wawasan seputar dunia Islam untuk Bujang Dare sembari baca sms dan puterin lagu yang dirikwes. Segmen kedua, Khazanah Muslimah, 12.00 - 13.00, waktunya para pria shalat Jumat. Program ini direlay 2 Radio Volare Network lainnya, yaitu Kenari 101 FM dan Primadona 99,1 FM Pontianak. Segmen ketiga, Cahaya Cakrawala, 13.00 - 14.00, diskusi seputar topik yang dibahas bersama Ustadz Sulaiman dari Dompet Ummat Pontianak.

Hari ini, temanya sungguh lebih menarik dari hari biasanya. Yah, sampai-sampai saya rela menuliskan perjalanan siaran saya sepanjang hari ini ehehehe. Apa sih emang temanya? Well, di segmen pertama saya bacakan info tentang Arti Nama-Nama Bulan Hijriah. Takjub, karena baru tau tadi hehe kesian amat yah. Trus ada info juga tentang Nama Paling Populer di Inggris yang belakangan muda-mudinya sedang tren hijrah ke Islam. Subhanallah, sungguh luar biasa.

Nah, segmen yang sebetulnya ingin saya bagikan di sini adalah Segmen kedua dan ketiga. Mari kita mulai dari segmen kedua, yaitu Khazanah Muslimah yang hari ini mendatangkan Ummi Linda dari Salimah, dan temanya adalaaaaah: MEMBANGUN KELUARGA SAMARA. Sesuai prediksi saya, waktu 1 jam pasti ga cukup untuk bahas tema ini. Well, dan Ummi Linda pun mulai menjabarkan pembahasan. Selang beberapa menit kemudian, bermunculan sms2 berikut ini:

Asslm'alaikm... Ummi, sy mau brtnya. Knp y smpai usia 28 sy blm juga mnikh? Tapi sy heran sm anak2 ABG kok cpat nikhny&sy liht kluargny baik2 sj. Emang ap sih yg hrs dprsiapkn sblm mnikh? Trimksih, wsslm. (karena namanya ga ada, jadi dikasi nama Fulanah sama Ummi Linda)

dan sms dibawah ini jawabannya agak mirip-mirip dengan jawaban Ummi Linda:

Assalamu'alaikum.wr.wb. Saya yani brumr 27th,tp sampe skarang sy blum mNEmukn pasangan yg dpt menjdi imam buat sy.pdhal sy sngat mengingnkn kseriusan.tp knpa sulit sy tmukan,sy ingn knal sesorng it krna cnta sy sm Allah..gmN Cranya agar sy mencintai n bs mNrma sesorng krna Allah,krna bg sy sngat slit untk bs nerma sesorang yg tk bgtU SY INgnkan..SY PGN CEPET ktmu pasangn hdup n sgera menikah..tdak menjalni pcran tp menjalni ta'ARUF,agar dirine tk mendkati kmaksiatan yg sngt dlarang Allah.tp sulit,n bgtU BYak cobAan menjdi yg trbAIK N MENcari yg trbAIK Bagi hduP,KlUARga,dunia n akhrat.trimakash..assalmu'alaikum..

Jawaban Ummi Linda (dengan sedikit editan bahasa, tanpa mengubah makna, Insya Allah)

Penting bagi kita untuk berkhusnudzon kepada Allah. Tak perlu gundah gelisah saat merasa usia sudah 28 tapi belum juga diberikan jodoh oleh Allah. Allah sedang memberikan waktu lebih banyak kepada Fulanah agar bisa semakin dekat dengan Allah. Mungkin saja, nanti ketika waktunya tiba, barangkali setahun atau dua tahun dari sekarang, Fulanah sudah dalam kondisi matang dan dengan persiapan maksimal untuk menerima karunia yang indah itu, Insya Allah. Kemudian tentang anak-anak ABG yang cepat nikahnya.

Nah, kita lihat dulu apa faktor para ABG itu menikah muda. 'Afwan karena zaman sekarang banyak betul ABG yang menikah karena MBA atau Married by Accident. Na'udzubillahi min dzalik. Jika kita melihat keluarganya sepertinya baik-baik saja, itu barangkali yang terlihat di luar, karena kita tak pernah tau seperti apa konflik dalam rumah tangga remaja yang sebagian besar, sebetulnya belum siap menikah.

Yang harus dipersiapkan untuk menikah adalah ilmu pengetahuan tentang mengurus rumah tangga, mengurus anak, mengurus suami, dan tentu saja mental yang matang menghadapi beragam perubahan yang akan dihadapi setelah berganti status menjadi istri. Yang tak kalah penting dan utama adalah persiapan kualitas ibadah kita, agar senantiasa dekat kepada Allah swt.

OKEH, sms berikutnya. (eh btw, ini bukan cara saya siaran ya, cara nulis aja di sini biar ga makin panjang ehehehe)

Ass..ummi,gmn caranya mjalani hub.jarak jauh(long distance),tp komuniksi km jalan lcr!bgaimana jk sy menikah,tp posisi suami sy jauh krn tuntutan kerja,dan sy jg tak mgkn pindah brsmanya krn tuntutan krj jg! Tol.sarannya

Hmm, saya agak lupa tadi jawaban dari Ummi Linda apa hehe. Sama 1 sms lagi, tentang gimana kalo ada suami yang sering meninggalkan istrinya untuk mencari nafkah. Mirip2 sih ya sama sms yang di atas. Anyway, tadi kalo ga salah, intinya Ummi Linda bilang bahwa yang penting adalah interaksi kita dengan Allah swt tetap harus dijaga, berdoa agar diberikan hati yang kokoh untuk menjaga diri, karena sakinah mawaddah warrahman, untuk pasangan yang menjalani pernikahan dengan komitmen yang jelas, akan bisa benar-benar dirasakan baik dalam kondisi dekat maupun jauh, begitu.

Oh iya, dan suami juga sebaiknya ga ninggalin istri lama-lama ya. Nafkah lahir batin itu penting banget. Begitulah tadi sebagian dari jawaban Ummi Linda.

OKE, sms berikutnya. Eh, tadi saya terima telpon dulu dari seorang yang mengaku bernama Gerhana. Begini pertanyaannya:

Ummi, bolehkah jika saya sebagai laki-laki tidak menikah?

Jawaban Ummi Linda:

Menikah itu sunnah Rasulullah saw. Apa alasan kita sebagai umat Islam tidak menjalankan sunnah Rasul? Jika terhalang biaya, laksanakanlah pernikahan semampunya, tak perlu sampai harus berhutang segala.

Yak, kurang lebih begitu lah inti dari jawaban Ummi Linda.

Nah, baru sms berikutnya.

Asslmu'alaikm.. Ummi, prlu kah memilih pasangan hidup yg sekufu dgn qt? Dan bgmna jika tdk sekufu, apakh bsa mnghalangi klrg utk mncapai SAMARA? Jzkillah... Al Ikhwan dipurun

Banyak makna dari kata sekufu. *Sekufu di sini maksudnya setara teman2 :D*. Ada sekufu dalam hal ekonomi, sekufu dalam hal status sosial, tapi tetap saja pada akhirnya, yang dianjurkan dalam Islam adalah sekufu dalam hal agama. Insya Allah, jodoh yang telah Allah siapkan untuk kita adalah orang yang pemahaman agamanya, ibadahnya, serta ketaatannya nyaris setara dengan yang kita miliki. Jadi, jangan terlalu sering bermimpi untuk mendapatkan seseorang yang rajin tahajudnya, sedangkan kita sendiri tak pernah melakukannya. Sekufu bukanlah satu-satunya yang dapat mengantarkan keluarga menjadi sakinah mawaddah warrahmah.

LANJUT...

Lestari Pariz2. Ass.. Sy mau brt? Tntg prnikahn yg bda AGAMA,bgimna dg HKM ISLAM. Trmksh.wassalam.

Jawabannya:

Sudah jelas diatur dalam Islam, bahwa pernikahan berbeda agama adalah DILARANG.

Oke deh, gitu aja. Sebenernya sih ada kelanjutan lagi cuman saya ga inget hehe. Bagaimana kalau kita melanjutkan pembahasan di segmen ketiga, yaitu Cahaya Cakrawala? Oke, saya juga setuju. Hari ini, Ustadz Sulaiman membahas tema yang pekan lalu saya rikwes, yaitu Persiapan Jelang Kematian. Kedengeran horor ya? Tapi penting, dan entah kenapa sangat kontekstual untuk kondisi kita belakangan ini. Bencana alam, sekian banyak yang meninggal, peringatan bagi kita untuk bersiap-siap bekal sebanyak mungkin.

Langsung aja deh ya.

Jadi, tadi Ustadz Sulaiman memulai pembahasan ini dengan memaparkan bahwa ketika seseorang meninggal, ada 3 hal yang tersisa di dunia yang akan senantiasa mengalir manfaatnya untuk kita. Yaitu: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, serta anak yang sholeh sholehah. Selang beberapa menit kemudian, berdatanganlah sms dari Bujang Dare. Ini dia smsnya, langsug saya copy dari SMS Manager di studio Volare:

Assalamualaiku. Pak ustdz. sy mau tnya..tuhan mmbls zakat kt..10x lipat.700x lipat. Dlm bntk apa pak. Trus apa yg d mksd dgn aku mengkuti prasangka hambaku kpdaku. Apa yg dmksd dgn hadist itu. Dri hamba allah. KKR.

Jawaban Ustadz

Ketika seseorang bersedekah, Allah membalas kebaikannya dengan menumbuhkan 10 cabang, yang di tiap-tiap cabang itu ditumbuhi 70 cabang kebaikan lagi. Balasan yang Allah berikan sesuai dengan sedekah yang ia berikan. Allah membalasnya dengan cara yang tak disangka-sangka manusia. Kemudian, tentang hadits qudsi tersebut, artinya tiap kali manusia berprasangka kepada Allah, maka itulah yang akan terjadi, dan semuanya sudah tertulis dalam Lauhul Mahfudz. Untuk itulah, berkhusnudzonlah selalu pada Allah.

LANJUT, sms berikutnya.. *berasa lagi manggil pasien, pasieen berikutnyaa ihihih*

Rina 28 srdm.Asslmu'alaikum,apakah hbgn sex juga mrupakn slh satu bentuk sadekah&patut dsyukuri apabila dia mendptknnya.

Jawaban Ustadz

Insya Allah, jika dilakukan dengan pasangan yang sudah sah diijab qabulkan, tentunya. Jika hubungan sex sebelum menikah adalah haram dan melakukannya mendatangkan dosa, maka hubungan sex setelah menikah adalah halal dan melakukannya Insya Allah mendapatkan pahala.

SMS berikutnya

Assalamualaikum. Pak ustdz. Sy mtnya lgni..apakh bleh seorg laki2 muslim menikh dgn wanita non muslim..apa bnr stlh azan wkt2 mustajab untk berdoa..hamba allah. KKR.

Jawaban Ustadz

Sudah jelas diatur dalam Islam, bahwa pernikahan berbeda agama adalah DILARANG.

SMS berikutnya

Assalamualaikum. Sy mtnya lg ni. sy liat biasanya org bwa jenazh itu mayat ny dpayung. smpai umur sy 28 thn sy gx prnh baca. hadist ttg itu.

Jawaban Ustadz

Ya, benar. Memang tidak ada hadits yang menyatakan seperti itu. Barangkali, sebagian orang melakukannya dengan alasan logis, misalnya sebetulnya untuk memayungi orang yang membawa keranda jenazah *yang terakhir itu saya nambahin dan ustadz mengiyakan ehehe*

SMS berikutnya

CW Rina 28 srdm.Asslmu'alaikum,bgmn cara mengingatkn org jls2 prbwtnnya salah&melanggar agama udah capek blgknnya.Thx wsslm..

Yayaya, emang agak melenceng dari topik deh ya pertanyaannya, tapi tetap dijawab oleh Ustadz Sulaiman yang baik hati.

Subhanallah, sungguh mulia ketika kita berani mengingatkan orang yang salah berbuat, apalagi melanggar agama. Ingatlah, berdakwah itu butuh kesabaran. Rasulullah saja, pernah dilempari kotoran, diludahi, bahkan nyaris dibunuh untuk membela kebenaran. Karena itulah, tetap bersabar dan senantiasa berdoa kepada Allah swt agar dianugerahi kesabaran.

SMS berikutnya

Pk ustaz gmn lau kt mmky bj org yg sdh mnggal.Krn sy ad di ksh tp tkt mau mky ny.Dr lira di arang limbung mksh.

Jawaban Ustadz

Insya Allah tidak apa-apa jika ingin memakai baju tersebut.

Lanjuuut

Cw. Assalam.. Siang mba Dhini,Pak Ustad Sya wulan d'surya,sya mau tanya apakh salh jika qta membri uang k pemulung yg tidk ad sdkit pn cacat d'tubh nya, hanya pakayn'y kumal, sdgkan t kn d'larang olh pmerntah. N dlu wkt sya SMP sya ykin dpt perngkat akhr'y t t'kabl,n wkt ujan sya ykin tdk lulus,akhr'y tdk lu2s juga pdhal sya sudh b'usha m'ykn kn diri sya to lu2s v hti kcl sya t2p ykin tdk lu2s, Bgaimn spya sya bs t2p ykn dgn prsan sya, - sYuKKr0N -

Jawaban Ustadz

Sama sekali tidak salah, karena Innama A'malu binniyaat. Tergantung niat. Ketika kita berjumpa dengan seorang tukang sampah, misalnya, yang bajunya tidak kumal, tidak cacat, tapi niat kita bersedekah, kemudian minta didoakan agar lulus ujian, Insya Allah tidak apa-apa.

Gitu deh tadi kurang lebih ya hehe.

SMS selanjutnya

Assalamualaikum wr wb..pak ustd ktny doa tengah mlm itu.doa yg d prioritaskn d kblkan. sy sk sm cwek cantik berjilab dia adlh wanita soleha. Apakh blh sy mmnta kpd allah agar dia jdi istri sy. Trus apa bnr doa org yg jelek untk kt dikblkan allah. Jazakallahu khair.

Jawaban Ustadz

Tentang doa sudah pernah kita bahas beberapa pekan sebelumnya, dan sepertiga malam adalah salah satu waktu doa yang mustajab selain berdoa pada waktu hujan dan berdoa diantara adzan dan iqomat, Insya Allah.

Naaah, teman-teman, demikianlah manfaat siaran yang hari ini bisa saya bagikan. Betapa bahagianya menjadi penyiar untuk program ini, program apa saja, pasti kebagian imbas manfaatnya. Selain itu, bisa berbagi ilmu pula dengan pendengar :)

Sampai jumpa di manfaat siaran berikutnya, Insya Allah.

3 comments:

  1. tema pernikahan kan udah tuh, tema membesarkan anak dengan metode islami udah blm? mau tau lah pandangan islam mengenai "perlakuan khusus"terhadap ari-ari a.k.a tembunik.

    ReplyDelete
  2. waaaah, good idea tu. 2 pekan depan lah baru siaran same Salimah lagi. nantikan jak update langsung dari blog saya (lol)

    ReplyDelete
  3. assalamualaykum, wah panjang amat yah entri yang satu ini, bacanya di sela-sela kesibukan kantor ^^ (mirip kayak siapelah kalimat aku???)
    jadi gini din intinye aku hanye liat kalo blog kau ni warnenye ijau....

    ReplyDelete

Because sharing is caring