dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Sunday, 13 December 2009

Keju masih enak

Pertama kalinya blog ini menyajikan resep makanan, dan itupun jenis makanan ringan, adalah awal Juli lalu. Pisang keju. Makanan ringan yang proses bikinnya sangat sederhana. Sebagaimana yang saya paparkan di postingan waktu itu, meskipun saya belum bisa memastikan apakah bakalan ada resep berkeju versi kedua atau tidak, maka saya bersyukur atas kalimat tersebut karena kali ini saya hadir kembali dengan sebuah variasi keju yang kedua.

Nasi Tim Keju. Well, well. Ini nemu juga dari situs iklan keju terkenal sih hehe. Tapi karena udah laper, dan udah mulai bosan dengan nasi goreng campur keju cheddar yang dipotong dadu *bentuk dadu loh, bukan warna dadu*, maka mari simak bersama apa saja yang kita perlukan untuk membuat sepiring nasi tim keju. Here it is...


Pertama, siapin bahan-bahannya, tentu saja. Ini dia:

100 gr beras dicuci, tiriskan
50 gr potongan buncis dan wortel
2 sdm mentega
1 sdm bawang bombay cincang
1 siung bawang putih cincang
1 btr telur ayam
250 ml air
50 gr keju cheddar, parut *Masih ingat kunci penting di sini? Jangan malas memarut keju!!*
Sedikit garam dan merica halus, tambahkan gula (kalo suka)

Apakah temanteman tipikal manusia milenium yang suka hal-hal instan, namun tetap ingin mencoba resep ini tanpa harus belanja ke pasar beli setengah ons buncis dan wortel? Baiklah jika begitu. Belanja aja ke fresh mart atau hypermart atau toko semacam itu yang menyediakan sayuran beku siap pakai. Ada banyak macam kok. Supaya nasi tim kejunya nanti lebih berwarnawarni, boleh juga beli yang mized frozen vegetables. Insya Allah tersedia di sana. Kalo ga ada barangkali temanteman salah masuk toko ehehehe :D

Sudahkah lengkap semua bahan-bahan tersebut? Kalau begitu, mari teruskan ke cara pembuatan. Begini prosedur buatnya:

1. Lumerkan mentega dalam wajan, tumis bawang bombay dan bawang putih cincang, aduk, masukkan potongan buncis dan wortel, aduk.
2. Masukkan kocokan telur yang telah diberi garam dan merica.
3. Masukkan beras, aduk-aduk, tuangi air, masak sampai air habis, beri keju parut, aduk rata, angkat.
4. Ambil 2 buah mangkuk pyrex kecil, tuang adonan nasi tim lalu kukus sampai matang selama kurang lebih 30 menit, angkat dan sajikan.

Menurut sumbernya, untuk 1 resep nasi tim keju ini, terkandung energi sebesar 1.464 Kalori dan Kalsium sebanyak 1.130 mg. Nasi tim keju seperti ini juga bagus untuk anak-anak yang susah atau kurang suka makan sayur.

Nah, gampang kan buatnya? Sekali lagi, percayalah, keju itu enak...

2 comments:

  1. ngukusnya tuh yang ndak betah

    ReplyDelete
  2. tipikal anak kos yang perlu segera mengajukan proposal :P

    ReplyDelete

Because sharing is caring