dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Monday, 20 July 2009

Kado Milad dari Allah

Artikel ini saya copy dari sini, saya search setelah baca status facebooknya bang Fakhrul. Bahasan yang recommended, boleh di baca di sini. Bagi saya pribadi, fenomena spektakuler ini merupakan hadiah luar biasa dari Allah tepat ketika saya genap berusia 22 tahun nanti. Subhanallah, banyak betul hadiah dari Allah untuk saya dalam rangka milad tahun ini. Hadiahnya sih, tentu saja setiap hari. Namun, ga salah kan kalo saya semakin merasa wajib bersyukur karena kenikmatan yang saya rasakan jelang hari ulang tahun saya? Kayak apa sih emangnya hadiahnya? Well, let's have a look.

Gerhana Matahari Total 22 Juli 2009

Bersiaplah untuk kembali mengalami sebuah fenomena astronomi yang spektakuler. Fenomena yang dimaksud adalah Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2009. Jika Anda tidak sempat menyaksikan terjadinya Gerhana Matahari Cincin pada tanggal 26 Januari 2009 yang lalu, mungkin Anda bisa meluangkan waktu untuk melakukan ekspedisi dan petualangan agar dapat menyaksikan GMT nanti.

Jalur totalitas pada gerhana kali ini akan melewati India, Nepal, Bangladesh, dan Cina. Walaupun tidak melalui wilayah Indonesia, tetapi masih ada sebagian wilayah di Indonesia yang dapat menyaksikan fase gerhana Matahari sebagian, yaitu sebagian daerah di pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan seluruh bagian Papua.

Menurut data yang disebutkan oleh situs NASA Eclipse, gerhana nanti akan dimulai saat bayangan penumbra Bulan untuk pertama kalinya sampai ke permukaan Bumi (kontak pertama penumbra) pada pukul 23.58 GMT atau 06.58 WIB, dan berakhir saat terakhir kali penumbra Bulan “menyentuh” bagian terluar piringan Bumi (kontak keempat penumbra) pada pukul 05.12 GMT atau 12.12 WIB. Sementara fase total gerhana akan dimulai pada pukul 00.51 GMT atau 07.51 WIB dan berakhir pukul 04.19 GMT atau 11.19 WIB. Fase total terlama pada gerhana kali ini (selama 6 menit 38,8 detik) akan terjadi di posisi 24° 12,6′ LU dan 144° 6,4′ BT, yang sayangnya berada di tengah-tengah laut.

Fase gerhana matahari sebagian di Indonesia akan berlangsung pada waktu yang berbeda-beda. Berikut ini adalah simulasi pengamatan gerhana matahari yang diamati dari pulau Sumatra (Aceh), Sulawesi (Manado), dan Papua (Jayapura), yang dibuat dengan program Cartes du Ciel.

Di Aceh, fase gerhana matahari sebagian akan dimulai sekitar pukul 07.13 WIB dan berakhir pukul 8.47 WIB. Di Manado dimulai pukul 8.30 WITA dan selesai pukul 9.50 WITA. Di Jayapura, gerhana akan dimulai sekitar pukul 9.12 WIT dan berakhir pada pukul 11.05 WIT. Apabila Anda berencana untuk melakukan pengamatan GMT ini, silakan lihat beberapa gambar yang ada di halaman ini. Pilih daerah yang akan Anda kunjungi dengan melihat gambaran yang lebih mendetil tentang daerah yang dilewati jalur totalitas. Selamat melakukan pengamatan!

5 comments:

  1. hadiahnya banyak kali din, tiap hari, cuma dini baru menghayatinya di hari2 jelang milad gini..

    ReplyDelete
  2. Pontianak bkl dilewatin GMT y?
    enak bgt.. jogja nggak..

    BTW, sejak kapan Alloh ngasi kado milad (baca: ULANG TAHUN) ke makhluk-Nya?
    Rosululloh sholallohu'alaihi wa sallam aja ga pernah!

    ReplyDelete
  3. @ k'anti, itu betul.. as I stated in the intro of this post: "Hadiahnya sih, tentu saja setiap hari. Namun, ga salah kan kalo saya semakin merasa wajib bersyukur karena kenikmatan yang saya rasakan jelang hari ulang tahun saya?" :D

    @ abu ibrahim, sepertinya tidak, pak. Coba baca juga yang di era muslim, ato ke situs resmi nasa yang ada di hyperlink... hehe, kado maksutnya NIKMAT pak.. NIKMAT yang dateng tepat di hari milad saya, begitu.. wallahualam. Syukron sudah berkunjung :)

    ReplyDelete
  4. Mungkin Mr Abu Ibrahim ini salah persepsi saja soal KADO. Sama sama benar keduanya. KADO dalam artian fisik adalah bentuk hadiah, bisa juga KADO dalam bentuk bukan fisik seperti KEBAHAGIAAN, Ketenanga, Kedamaian ataupun Kenikmatan seperti Dini tulis di sini.

    Jadi sah sah saja Dini menyebut banyak KADO dari ALLAH SWT yang menurutnya diberikan kepada Dini adalah ungkapan pendapatnya. Pendapat orang tentu berbeda antara satu dan lainnya. Dan perbedaan itu hal yang wajar bukan. Ini hanyalah penyebutan istilah saja, dan saya tidak melihat ada yang salah dengan statemen DIni soal kado dari ALLAH SWT untuknya.

    Adanya fenomena Gerhana Bulan yang Insya Allah jatuh pas dihari ulang tahunnya adalah hal yang kebetulan saja, dan boleh saja Dini menyebutnya sebagai "KADO Istimewa" dihari ulang tahunnya terjadi fenomena alam seperti itu.

    So what is the problem?

    ReplyDelete
  5. yeah, kurang lebih begitu maksut saya... makasih kang asep sudah ikut menjelaskan :D

    tentu saja gerhana matahari total yang diperkirakan akan terjadi besok adalah 'hadiah' untuk seluruh umat di muka bumi, ya toh? ;;)

    ReplyDelete

Because sharing is caring