dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Sunday, 28 June 2009

Narsis, Musyrik?



Kemunculan tulisan ini berawal dari komentar salah seorang teman ketika akan ada 'sesi pemotretan' di apel siaga pagi tadi. "Ya ampuuun, ikhwanikhwan ni narsis". Kemudian, saya pun mengingat kembali momen rihlah DPC Barat yang saya gak ikut, dan sahabat saya, Kak Sinta berujar, "Sini lah dini, ikut meramaikan... ternyata kader barat ni narsisnarsis". Oalaaaah...

Saya sendiri, sudah cukup lama mendeskripsikan diri saya di halaman ini sebagai seorang yang memiliki sifat yang kayaknya, sekarang akan segera saya tekan intensitas dan kuantitas kemunculannya dari dalam diri. Agak serem juga soalnya, setelah ngebaca status salah seorang Dosen, yaitu Bapak Drs. Ikhsanudin, M. Hum yang berbunyi seperti ini:

Seberapa tingkat kemusrikan narsisme ya...?
23 June at 11:23

Saya yang merasa mendeskripsikan diri dengan 6 huruf itu, otomatis ngomen:

Dinie Hazel at 12:25 on 23 June
maksudnya pak? narsis itu musrik?

Ikhsan Ikhsanudin at 13:02 on 23 June

Ya... gitu deh. Narsis merupakan bagian dari kesombongan dan kesombongan adalah bagian dari kemusyrikan.

Dinie Hazel at 13:12 on 23 June
astaghfirullah.. betol gak pak.. syukron pak sudah mengingatkan..

Ikhsan Ikhsanudin at 13:22 on 23 June
Jagalah kati, jangan kau kotori....

Okeh. Sampai dengan tanggal 23 Juni 2009, saya belum terlalu memikirkan tentang kata NARSIS. Sebetulnya, dulu saya pernah berusaha cari tau tentang narsis, bahkan pernah menjadikannya topik untuk program English Teletalk. Di blog saya sendiri, kata narsis cukup sering bermunculan. Coba aja ke paman google, trus masukin keywrod: thekupu narsis hoho ternyata sebuanyak ituuuuh :o


Kata tante wiki, narsis itu berasal dari kata Narsisisme. Mencintai diri sendiri yang berlebihan. Waduh, saya langsung menggarisbawahi kata: berlebihan. Okeh, wrap up one word ya kawan. Sejarah narsis ini sendiri, awal mulanya adalah dari mitos Yunani. Tersebutlah, Narcissus yang dikutuk sehingga ia cinta pada bayangannya sendiri. Is is is... sama dong kayak orang narsis kalo lagi ngadep cermin. :p Anyway, di Kamus Besar Bahasa Indonesia, narsis hanya diartikeun sebagai: tumbuhan berbunga putih, krem, atau kuning, terdapat di daerah subtropis; Amarylidaceae.


Eniweh, gimana kalo kita simak dulu beberapa pendapat tementemen saya yang jamaah fesbukiyah? Ini dia pendapat mereka ketika saya lontarkan status "jadi kefengen tau, NARSIS itu sipat negatip ato positip siy? Fenasaran deh..." *Rizky Wahyuni Idris like it* hehe...

Nieta Wardani at 08:47 on 28 June
Trgantung niatx,sy narsis bgt loh mbk...

Adi Pramono at 08:48 on 28 June

Ferdasarkan fengalamanku, fisa fositif juga, tafi kemfali lagi, sesuatu yang ferlefihan itu tifak faik.

Feh, feh, fanyak kafas di mulutkfu...

Chintya Ranjani at 08:52 on 28 June
buad dince : NEGATIF

kok kayak tes hamil yegh?

Mushab Umair at 08:52 on 28 June
Kalo lbh banyak mangfangatnya dpd mudzaratnya ya positif din...hohoho....

Miranty Ariesya at 08:59 on 28 June

Trgntung frekuensi n intensitasny din,narsis tc sbnrny sjnis pnykt kjiwaan smcm gnguan kpribadian..

Bernard Sembiring at 09:00 on 28 June

Tergantung Dini mengelolanya...kalau sewajarnya ya bisa menjadi potential factor tapi kalau berlebihan tanpa ada pengingkatan kualitas lainnya...bisa berakhir seperti opera sabun actress/actor di Indonesia...heheehehe

Andriy del Borneo at 09:08 on 28 June
tingginya sipat narsis, pasti diiringi dgn tingginya sipat egois dlm diri seseorang..

Asroruddin Zoechni at 09:31 on 28 June

Positif! Untuk menunjukkan eksistensi diri.. Tau kan cerita awalnya orang yang bernama Narcis? Dia berkaca di air danau.

Fika Rizqia at 09:36 on 28 June

Narsis is the way to be exist...ayo din kite makan kerufuk amflang dari ketafang di de-fe-er brsama fak dekan..huehehe


Wokeh, segitu aja. Komenkomen dibawahnya itu udah mulai OOT alias out of topic.


Okeh. Di sini kita bisa liad, bahwasanya terdapat pro dan kontra yang menyikapi narsis itu sebagai sifat positif ato negatif. Masih menurut tante wiki, Sifat narsisisme ada dalam setiap manusia sejak lahir (Freud Sigmund, 1914). bahkan Andrew Morrison berpendapat bahwa dimilikinya sifat narsisisme dalam jumlah yang cukup akan membuat seseorang memiliki persepsi yang seimbang antara kebutuhannya dalam hubungannya dengan orang lain (1997. Shame: The Underside of Narcissism. The Analytic Press. ISBN 0-88163-280-5).


Lalu, bagaimana Islam memandang narsis? Benarkah Allah SWT memiliki sifat narsis? Kalo saya ngeliat dari jawaban Pak Ikhsan, yang menyatakan bahwa narsis adalah bagian dari kesombongan, maka bener yah bahwa Allah SWT itu sombong. Dan berhak untuk sombong. Aiiih, kenapa jadi repotrepot begini ngurusin satu kata aja ._. Diksi, oh diksi...


Yah sudahlah, kawan... Yang penting gini: yang biasabiasa aja ;) Lagipula, kalo tementemen beneran kepengen tau bahwa indikasi narsis itu sebetulnya merepotkan, pasti kita juga ga bakalan betah terlalu lama memelihara kenarsisan. Kayak gimana tho indikasi narsis? Akan lebih seru kalo tementemen baca sendiri di sini. :D


betewe, mosting ginian masuk kategori narsis gak ya?

11 comments:

  1. Dikatakan kepada mereka): "Masuklah kamu ke pintu-pintu neraka Jahanam, dan kamu kekal di dalamnya. Maka itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang sombong". (40:76)

    ReplyDelete
  2. Bismillah...
    harus kita fahami narsis itu seperti apa dan jangan sembarangan menjudge seseorang. Nah, yang saya sepakati adalah bagaimanapun gaya kita yang penting jangan berlebih-lebihan, karena itru tidak baik dan termasuk dosa. yang jadi pertanyaan adalah kita setiap melihat seseorang yang gayanya berbeda dengan kita langsung kita katakan narsis.

    Saya baca artikelnya ada yang bicara dengan menghubungkannya dengan musyrik dan ada lagi dari a213s langsung main penggal ayat. Ingat..ayat Al-Qur'an harus kita fahami asbabun nuzulnya, tafsirnya, dan lain sebagainya sehingga kita tidak sembarangan main sitir ayat.

    Wallahu'alam

    ReplyDelete
  3. M. 'Ammar FaqihJune 29, 2009

    Oiye...satu lagi...janganlah samekan semue ikhwan tu...dibilang narsis segale...kame'-kame' yang tak mau dipoto dan ade di baresan belakang diam - diam jak. Malahan minta cepat selesai, biar tadak panas kena matahari, mane haos dan lapar agek....

    ReplyDelete
  4. @ aa, a tuh katanya ga boleh tu maen penggal ayat hehe :D

    @ bangkana, ini orang yg rendah hati lagi tidak sombong :)

    @ b'rony, berarti kesimpulannye, biasabiasa saja betul kan bang :D

    @ ammar faqih *kayaknye bang roni juga ni*, bukan ana yang bilank bang, hoho.. eniweh, afwan la.. kan ndak kedengaran yang di belakang :s

    okey, out of all, let me copy a comment in my multiply pages dari mbak ninonk. begini bunyinya:


    ikut komen ya...kebetulan saya calon Psikolog (masih kuliah S2 profesi, mohon do'anya ya..)

    Narsisistik adalah salah satu tipe gangguan kepribadian dimana individu merasa dirinya superior padahal sebetulnya ia tidak sesuperior yang ia rasakan, bahkan mungkin tidak sama sekali. Perasaan superior tersebut manifestasinya dapat kita lihat di kehidupan sehari-hari dalam sifat sombong, tinggi hati, tetapi jika ditelusuri hasilnya tidak terbukti, nol besar alias omong doang. Beda dengan istilah sombong yang arahnya lebih ke pamer (terbukti ada yang disombongkan). Meskipun dua-duanya tidak baik, tetapi yang saya jelaskan pertama itu tergolong gangguan kepribadian, sementara yang kedua bukan; siapapun bisa jadi sombong, namanya juga manusia normal he he..

    Sayangnya skrg istilah narsis makna sesungguhnya telah bergeser, jadi sebuah terminologi umum yang biasa digunakan masyarakat ^__^

    Ok Dini, menanggapi sebait uraianmu, tentu Allah memang pantas sombong karena Allah memang memiliki segalanya... tetapi tidak narsis, karena Allah memang memiliki segala objek yang dapat disombongkan.

    Kalo manusia jelas ga boleh sombong...tetapi ada sedikit pengecualian bagi individu yang mengalami gangguan kepribadian narsisistik karena ini adalah sebuah gangguan yang harus diterapi terlebih dahulu. Perlu dipahami pula bahwa tidak semua orang dapat mengalami gangguan jenis ini, hanya orang2 dengan kriteria2 tertentu yang dapat mengalaminya.

    Bagemana, temanteman?

    ReplyDelete
  5. http://comichsan.deviantart.com/art/kick-narcism-out-of-facebook-123219226

    ReplyDelete
  6. iya iya... udah sering kok ke situ hehe... :o

    makanya saya bilank, yg penting: biasabiasa aja, iya toh :)

    ReplyDelete
  7. kayak komen di atas :
    narsis is the way to be exist, jadi oke-oke aja

    tapi segala yang berlebihan itu nggak baik bukan? makanya narsisnya jangan berlebihan, jadi yang sedang-sedang saja.
    maka seperti ilmu padi:
    MAKIN NARSIS MAKIN MERUNDUK

    ReplyDelete
  8. @ k'lisa, kku yg hijau segar lagi tiada narsis :D

    @ iman, :f jadi bingung...

    ReplyDelete

Yang roaming dilarang masuk :p