dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Saturday, 13 June 2009

Belajar dari Hasbi


Berdasarkan persetujuan my brother in ukhuwah Islamiyah, Hasbi Al Istiqomah yang lahir pada tanggal 20 Februari 1990, maka saya berani menerbitkan tulisan ini. Ini bukanlah sebuah auto-biografi atau cerita tentang seorang selebritis papan atas yang saya idolakan. Tulisan ini muncul dengan dasar pemikiran sederhana: membangunkan belahan otak yang tertidur yang kadang lupa bahwa nikmat Allah tak bertepi.

Sungguh, sebuah hal yang sebetulnya menyentuh urat nadi malu saya ketika harus membandingkan wall facebook saya dengan wall facebook seorang Hasbi, yang secara usia masih terbilang belia. Sembilan belas tahun. Bahkan belum ada angka 2 di usianya, kawan! Untuk temanteman yang belum add adik dari seorang penulis cerita anak yang dulu sekantor dengan saya ini, saya rekomendasikan deh untuk di add. Nanti, di news feed temanteman, setiap pagi dan malam sebelum tidur biasanya, akan muncul status berisi pesan yang *menurut saya* hanya bisa dengan lapang dada diterima oleh akal dan hati dari jiwajiwa yang selalu berusaha mengurangi maksiat tiap harinya. Hmm, kalo statusnya bagus begini, apakah fatwa haram facebook berlaku ya? :d

Seperti apakah statusnya? Yeah, di tulisan kali inilah akan saya copy-pastekan, kawan.



Saya sama sekali belum pernah berjumpa langsung dengan Hasbi. Berinteraksi dengannya pun, baru sekali via chatbox facebook, dan hanya terjadi percakapan sepanjang 6 atau 7 baris gitu deh waktu itu kalo ga salah inget. Mendengar tentang Hasbi orangnya berkarakter kayak gimana juga belum pernah. Entah sebetulnya barangkali ni anak orangnya heboh, atau emang kalem dan cool seperti kesan yang saya tangkap melalui facebook dan blognya, yea saya juga tak berani menerka nerka.


Well. Seperti apapun karakter Hasbi Al Istiqomah *semoga Allah menaungimu dengan kasih sayang tiada henti, saudaraku* di luar saya mengenalnya dan menanamkan kesan kalem via facebook-nya, saya toh tetap akan bagikan status-status yang muncul dari kolom What’s on your mind-nya Wall facebook Hasbi. Toh, many people believe that it’s much better listening WHAT people say rather than knowing WHO say it, rait? Olrait, just say rait :D


Selalu ada senyuman setiap kali membaca status Hasbi. Hati membenarkan, dan berusaha memaknainya dengan benar. Perkara ejaan, huruf besar kecil, atau letak titik koma yang kurang sesuai di mata, yeah masalah teknislah. Toh pada akhirnya, system otak kita juga akan bekerja sesuai dengan prior knowledge yang sudah Allah anugerahkan pada kita. So, perkara diksi atau homonym yang tak terlalu urgent dalam hal urgent ini, kita taruh di posisi kesekian aja di daftar prioritas, ok ;)


Berikut beberapa status facebook Hasbi yang saya copy, entah dari tanggal berapa. Sekali lagi, ga penting dah kapan dirilisnya tu status. Yang penting, pesan yang disampaikan di sana. Dan menurut saya, ga penting juga apakah Hasbi meng-copy status itu dari sumber mana aja. Yang penting, isi pesan dan bagaimana kita memaknainya sehingga menghasilkan kita yang mawas diri, peduli pada sesama, adil berani bijaksana, serta tak lupa gemar menabung dan bersahaja.


“Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi sampai menjadi pertengkaran yang hebat. Bila Anda memikirkan hal ini, berarti Anda siap memberikan kado "kesediaan mengalah". Kesediaan untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. lagipula mengalah kan tidak berarti kalah.”


“Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Senyuman, terlebih yang diberikan dengan tulus, bisa menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputusasaan, pencerah suasana muram, bahkan obat penenang jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliiling kita. Kapan terakhir kali anda menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi?”

“Kehilangan memang menyedihkan tapi kita tidak bisa menghindari itu. Jangan pernah disesali dan ditangisi kehilangan itu, tapi RENUNGILAH, Jangan pernah terlena dengan sebuah kehilangan apalagi yang hilang itu materi atau kebendaan. Jangan pernah menangis atau menjerit bila yang hilang itu adalah sesuatu yang memang akan hilang pada saatnya.”

“Sesuatu yang hilang belum tentu meninggalkan kekosongan, karena jejak-jejak yang ditinggalkannya tak pernah benar-benar hilang.Maka, mari belajar untuk mencintai kehilangan itu, karena ia adalah bagian alamiah dari hidup. Kehilangan membuat banyak pelajaran dan pengalaman baru buat kita agar kita dapat menerima dengan baik proses itu”

“Sungguh, mereka seolah masih hadir hingga saat ini. Melintasi pergantian zaman, menyebrangi benua dan samudera, menembus batasan-batasan geografis. Rezim dan penguasa boleh jadi jatuh bangun silih berganti. Namun tinta para ulama senantiasa mengalir melewati abad demi abad. Pikiran-pikiran mereka tetap hadir menerangi.”

“Semua awan putih dan awan kelabu datang dan pergi silih berganti. Itulah yang diajarkan langit kepada kita agar senantiasa tersenyum ketika hadir awan putih dan awan kelabu semuanya menjadi nampak indah. langit yang luas dan terbuka semua kejadian yang berada di alam dinaunginya. Orang baik dan orang jahat diperlakukan sama yaitu penuh cinta dan kasih sayang oleh langit biru kehidupan itu adalah sebuah nikmat. Karena melalui kehidupan lah kita bisa merasakan berbagai nikmat tak terhitung dari Allah. Dan melalui kehidupan, kita mendapat kesempatan berbuat untuk kehidupan yang lain di akhirat nanti, yang kekal abadi. Karena itu bersemangat lah menjalani nikmat Allah yang satu ini.”

“Ketika kita menatap ke depan, ketika itu pula kesempatan hidup kita pun terus berjalan dan memperpendek jarak hidup kita yang ada batasnya itu. Apa yang sudah kita lakukan saat ini saudaraku?”


“Yakin lah ketika kita mendapatkan guncangan yang hebat dalam hidup, maka itu adalah sebuah jalan menuju ke surga. Balasan bagi orang yang beriman adalah surga, dan iman itu sendiri perlu pembuktian.”


“Perjuangan dimulai oleh orang-orang yang berani dan dimenangkan oleh orang-orang yang ikhlas.”
*yang satu ini malah sudah saya pake di postingan sebelumnya* :D
“Para pemenang mangambil tanggung jawab terhadap hidupnya. Mereka tidak pernah menyalahkan orang lain atau pun lingkungan. Mereka tidak suka mencari-cari alasan terhadap kegagalan mereka.”
“Kita tidak pernah tahu, apakah kita akan gagal atau berhasil. Hanya satu untuk mengetahui jawabannya, yaitu dengan mencoba.”
“10 Alasan Untuk Tersenyum: 1. Senyum itu ibadah 2. Anda terlihat lebih manis 3. Anda bisa mendapatkan senyum lagi. 4. Menunjukan keramahan Anda 5. Bisa mendapatkan teman baru 6. Memberikan kesan yang positif 7. Menjadikan Anda lebih ceria 8. Menjadikan Anda lebih percaya diri 9. Meringankan beban Anda 10.Mengaktifkan senyawa kimia yang membuat Anda lebih sehat.”

“Sekarang waktunya untuk bergerak secepat mungkin. Andalah kunci dari semuanya. Jadilah agresif. Jadilah kuat. Jadilah yang terbaik. Sekarang waktunya untuk mengeksekusi semua rencana. Tanpa menunda-nunda. Allah bersama kita selama kita mengucap basmallah... (sepenuh hati).”


“Anda bisa, jika Anda berpikir bisa, selama akal mengatakan bisa. Batasan apakah sesuatu masuk akal atau tidak, kita lihat saja orang lain, jika orang lain telah melakukannya atau telah mencapai impiannya, maka impian tersebut adalah masuk akal”

"Jika Anda dapat minum air jernih dan segar hari ini, maka kenapa Anda harus bersedih atas air asin yang Anda minum kemarin, atau mengkhawatirkan air hambar dan panas esok hari yang belum tentu terjadi?"

“Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi sampai menjadi pertengkaran yang hebat. Bila Anda memikirkan hal ini, berarti Anda siap memberikan kado "kesediaan mengalah". Kesediaan untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. lagipula mengalah kan tidak berarti kalah.”


"proses jadi baik itu panjang. tp Kputusan untuk mulai jd baik hny perlu wkt bbrp saat.Kt hrs jd baik, ato s`tdkny MEMILIH untuk jd baik.Slmt b`proses dlm kbaikn.." ^_^

“Berbahagialah orang yang tak menggerutu saat hrus menunggu, tak merasa sayang saat hrus mengulang, tak merasa keberatan saat diminta memberi bantuan, dan tak sesak penuh sesal saat harus kehilangan. Smile for today..” ^_^ “Tuliskan mimpimu dengan pensil dan berikan penghapusnya pada ALLAH…izinkan DIA menghapus bagian yang salah dan menggantikannya dengan sesuatu yang lebih indah….”

“Makin besar sesuatu yang di harapkan maka semakin besar rintangan dan pengorbanan yang harus dilakukan! hidup penuh perjuangan dan pengorbanan. berjuang memang pahit karena syurga itu manis. so keep ur spirit okay…..”


“Sesunguhnya orang yg baik bukan orang yg tdk prnah berbuat salah akan tetapi orang yg baik adalah orang yg selalu memperbaiki ke salahannya, hidup adalah kejutan…dan bersiaplah untuk kejutan yang selanjutnya….dan pemenangnya adalah mereka yang mampu bertahan disegala cuaca….”

“Lihatlah pelangi, begitu indah, karna dia dihiasi bukan cuma satu warna. lukislah kehidupanmu dengan warna-warni dan jalanilah hidup ini sesuai skenario yang di buat oleh Allah, agar kita bisa terpilih sebagai aktor/aktris terbaik di ajang kompetisi akhirat award, serta mendapatkan penghargaan berupa syurga yang di penuhi dengan keindahan.”

“Keberanian bukan berasal dari apa yang kita sandang atau kita miliki. Keberanian bukan datang dari apa yang kita pamerkan atau yang kita punyai. Tapi, keberanian adalah datang dari dalam diri, dari dalam hati kita sendiri. Keberanian adalah sesuatu yang melingkupi perasaan kita dan menjadi bekal dalam setiap langkah yang kita ayunkan.”

“Jangan pernah menyangka bahwa seorang pahlawan selalu meraih prestasi-prestasinya dengan mulus, atau bahkan tidak pernah mengenal kegagalan. Kesulitan-kesulitan adalah rintangan yang diciptakan oleh sejarah dalam perjalanan menuju kepahlawanan. Dan karena itu, peluang kegagalan sama besarnya dengan peluang keberhasilan.”


Puanjaaang tenaaan. Sebetulnya, pengen saya kasi penjabaran versi saya untuk tiap status yang muncul. Namun akan tetapi sayangnya unfortunately, hehe, see this, people… bahwasanya karakter saya, bahkan dalam tulisan pun, suka mutermuter begini ihihihi :p Bakalan makin panjang ntar postingannya, dan makin males bacanya. But don’t worry, pada gilirannya saya akan tampilkan sesuatu yang berbeda, yang berharga, dan Insya Allah bermanfaat bagi seluruh penghuni bumi yang rasanya makin hari makin mencintai saya :D Sesuatu yang, straight to the point, please. Semoga Allah ijabah semua doa yang terlantun demi menyegerakan sebuah kebaikan, amiin ya Rabb amiin.



3 comments:

  1. AnonymousJune 14, 2009

    aslmkm...
    hmm, cuma mo bilang, kalo sepanjang yg saya kenal, bg Hasbi itu orangnya kaleeem banget. Berkarisma dan murah senyum...
    Gituu...
    Wassalam...

    ReplyDelete
  2. yup!yup! setuju dg the comment above..!salah satu ciri orang shaleh..melihatnya bisa mengingatkan kita pada sang Rabb..subhanallah..

    Hasbi..!!semoga teteup Istiqomah..!!

    ReplyDelete
  3. hasbi baca tulisan ini gak ya?

    ReplyDelete

Because sharing is caring