dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Friday, 15 May 2009

thekupu dan pink



Sesuatu yang standar bagi kebanyakan perempuan barangkali ketika ditanyai, apa warna favoritnya, dan hampir semua perempuan *terutama yang ngerasa feminim dan cantik hahah* menjawab: PINK!! Aha, bukannya mau bilank saya ngerasa feminim dan cantik ya. Tapi, jika dianggap begitu, saya ga nolak kok ^_^. Soalnya, warna favorit saya memang p.i.n.k.

Let me make a lil review of this so-called peculiar favorite thing, actually...

Well, at my very first time looking at pink, saya sebenernya sama sekali TIDAK SUKA dengan warna ini. Beragam hinaan, olokolokan, opini sebelah mata, semua kebencian rasanya saya tumpahkan terhadap warna pink. Saya ingat betul, bagaimana saya betulbetul tidak suka sama warna ini. Sungguh, mengingat itu membuat saya semakin yakin bahwa membenci segala sesuatu secara berlebihan bukanlah hal yang baik, dan vise versa untuk mencintai!!



Sudah disebutkan dengan jelas yah di Al Baqarah ayat 216. Nah, rupanya saya yang ketika itu masih SMA kelas 2 tidak menanamkan dengan baik firman Allah tentang benci membenci dan cinta mencintai tersebut. Maka, dengan amat kokoh berlapis baja besi saya tanamkan kebencian teramat sangat sama warna pink. Sampai akhirnya, apakah yang terjadi?

God is great, reversing this so-called easily fluctuated heart so much well. Entah kejadian apa yang membuat saya tibatiba kagum dengan sebuah benda berwarna pink. Cantik sekali, manis. Jam tangan temen kalo ga salah. Hehe. Ga inget juga dah. Yang pasti, segera setelah kejadian itu, ada semacam sebuah kekuatan dalam setiap bendabenda cantik dan unik berwarna pink! Sungguh aneh...

Yeah yeah. Setelah hampir semua isi lemari pakaian saya berwarna pink, dan bapak ibu saya yang saya cintai pun sepertinya senang sekali melihat saya keranjingan warna pink begitu, maka saya pun perlahan tapi pasti mulai menge'pink'an diri. *Konon, wajah saya juga mudah berubah pink in certain occasion. Benarkah?* Baiklah, kawan... Lewat postingan ini, saya juga ingin sedikit berbagi mengenai makna dibalik warna pink, supaya tementemen bisa memaklumi, mengapa wanita yang sedang berjuang keras menuju imago ini senang betul sama warna pink. Tapi ga berlebihan loh ya senengnya ^_^. Sapa tau jadi ga anti lagi sama pink. Okeh...

Well, well. Speaking it by definition, maka Pink adalah warna hasil campuran merah dan putih, dan seringkali disebut sebagai merah muda. Namun lebih tepat jika dijelaskan sebagai warna merah yang memudar. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena pada ahli warna telah menemukan berbagai turunan spektrum warna pink ini.

Pink bukanlah nama warna yang diciptakan oleh William Shakespeare, dalam salah satu karyanya, seperti telah diyakini selama ini.

Jauh sebelum William Shakespeare berkarya, nama warna itu telah ditemukan pada abad ke-17, untuk menamai sejenis bunga berwarna unik dari genus Dianthus, yang bergradasi warna merah pudar, dan diberi nama Pinking shears.

Seiring perubahan zaman, warna pink kemudian "ditempeli" berbagai makna, bahkan menjadi simbol. Dan for your information juga nih kawan, pink dijadikan sebagai lambang gerakan memerangi kanker payudara sejak tahun 2000 (pink ribbon campaign).

Kalau saya sangat mencintai partai dengan kolaborasi warna putih, hitam, kuning dan selama ini menyangka pink sama sekali tidak ambil bagian dalam dunia politik, maka sangkaan itu berganti setelah saya tau bahwa rupanya, pink juga terlibat di perpolitikan, walaupun belum menjadi warna bendera partai manapun. Rupanya, bangsa Inggris, menggunakan garis berwarna pink (yang ditegaskan dengan garis merah) untuk menandai batas-batas teritorial dan wilayah negara persemakmurannya. Sedangkan portugis menggunakan kata pink untuk merepresentasikan partai sosialis di negara itu. Cuman kata loh ya, bukan warna hehe...

Anyway, really out of my expectation, ada hal yang tak terduga sehubungan penggunaan warna pink sebagai simbol. Masyarakat Jepang memilih untuk menggunakan istilah pink film untuk menggantikan istilah blue film yang sudah mendunia. Mengapa ya...? Mengerikan sekali...

Nah, bagaimana menurutmu, kawan? Apa makna pink bagi kalian?

A bit taken from here.

8 comments:

  1. hmm..sebenernya kk gak punya perasaan sama semua warna, kadang pink juga menarik,mungkin tergantung pemakainya kali yah..seperti kata dini..pink is a bit identic with cute, sweet candy girl..haha..just like dini.. *Oops..ini bukan fitnah besar-besaran thd dini kan..?*

    ReplyDelete
  2. fitnah? ya ampun kakakku... sebuah fakta menarik yang berhasil terkuak lewat kekuatan jemari di atas petakan hitam yang tak bernyawa!! a bunch of thanks for you, kakak...

    *pelukpeluk kak lisa*

    ReplyDelete
  3. hag..hag..hag..
    *uhuk..uhuk..mudah2an takde yang bace comment kk, supaya fitnah tak menyebar :P*

    ReplyDelete
  4. *fitnah sambil tertawa, pertanda bukan fitnah* :s

    ReplyDelete
  5. pink emang cantik sih.,,lembut...jadi banyak yang suka.

    ReplyDelete
  6. kuning juga cantik, kak elsa ;)

    ReplyDelete
  7. kekkeke.. aku kalo beli jam tangan selalu warnanya pink. ini jam tanganku ada 2 yg pink.
    trus, kalo beli aksesoris jg milihnya pink. soalnya yg ijo kaga ada >__<

    suka pink, suka ijo jg. dan merah.
    which represents me well, ya?
    *question mark question mark question mark*
    :P

    kalo di dunia politik, aku taunya warna ungu melambangkan feminis (kalo ga salah), trus hijau tuh enviromentalist, hitam tu yg rebel2 gt..
    tapi kalo pink aku baru tau ini..

    Cheers,

    - Puspa

    ReplyDelete
  8. pink aja pus yang represent.. biar bisa kupinjem :P

    ReplyDelete

Because sharing is caring