dhz tweets fb dhz dhz on pinterest dhz g+ dhz socmed dhz blogs dhz is ... Home Home Image Map

Wednesday 19 March 2008

Saya yang baru

DINI HAITI ZULFANY

Adalah nama lengkap saya. Dini artinya ‘Agamaku’. Haiti saya artikan sebagai ’Hidupku’ karena saya anggap berasal dari kata ’hayati’. Memang banyak teman-teman yang heran saat tau nama tengah saya ’Haiti’. Seperti nama negara miskin di belahan Eropa sana. Lalu, Zulfany berarti ’Kedudukanku’. Kalau dirangkai, maka menjadi ”Agamaku Hidupku Kedudukanku”. Bapak saya lantas memaknainya sebagai ”Agamaku yang Cemerlang”. Subhanallah. Itu adalah sebuah harapan mulia dari kedua orang tua saya agar anaknya bisa mengaplikasikan makna nama tersebut dengan cara menjadi muslimah yang membanggakan bagi keluarga, bangsa, dan tentu saja agama Islam tercinta. Insya Allah.


Saya senang sekali angka 22. Bukan saja karena angka tersebut ban
yak sekali muncul dalam memori indah di kehidupan saya, tapi lebih karena pada tanggal itulah saya terlahir ke dunia. Terlahir pada hari Rabu, 22 Juli 1987 seorang anak perempuan yang langsung diadzankan oleh Bapak. Betapa bahagianya saya sekarang karena lahir dalam keluarga yang menganut agama yang benar, agama yang diridhai Allah SWT. Meskipun hingga usia 20, belum juga saya kaffah menjalani agama ini, namun telah sejak lama saya bertekad untuk terus memahami Islam dengan baik. Orang tua saya pun sangat ingin saya menjadi anak perempuan baik-baik. Baik dari segi akhlak, agama, tingkah laku, semuanya.

Namun, sepertinya harapan itu belum juga terwujud hingga saat ini. Saya masih penuh cela. Yeah, namanya juga usaha. Saat ini saya sedang dalam proses ’perbaikan diri’. Sempurna, tentu saja tidak mungkin bisa. Anyway, usaha orang tua saya luar biasa juga. Sejak SD, saya disekolahkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Teladan (MINT) Bawamai. Meskipun sebelumnya saya tidak dijadikan siswa Taman Kanak-Kanak Islam, tapi tidak membuat orang tua saya lantas ’latah’ memilihkan sekolah tingkat lanjutan yang tidak berlatar belakang Islam. Ya, sebenarnya saya tidak dipilihkan. Saya pilih sendiri untuk melanjutkan SMP ke Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pontianak, untuk kemudian sekolah lagi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Wah, Madrasah semua ya dari SD... Seharusnya saya sudah jadi hafidzah Al Quran nih sekarang. Tapi apa daya. Sampai sekarang belum hafidzah atau ustadzah juga. Masih Dini yang biasa.


Jelang kelulusan, saya sudah tidak sabar untuk menjadi mahasiswi FKIP. Keinginan untuk memilih UNTAN FKIP Inggris sudah muncul sejak saya kelas 3 SMP. Sesuai dengan cita-cita saya sejak kelas 3 SMP hingga sekarang, yaitu menjadi Dosen Bahasa Inggris, maka mendaftarlah saya di UNTAN, memilih jurusan yang saya inginkan. Subhanallah. Betapa rekayasa Allah begitu indah. Semuanya dilancarkanNya. Lewat kampus ini pulalah Allah tunjukkan dan bukakan jalan untuk saya agar mengenal TARBIYAH. Lewat FKIP pula saya diperkenalkan dengan ikhwah yang luar biasa hanif. Mereka semua mencintai Allah. Pakaiannya sopan-sopan. Ibadahnya membuat saya semakin bersemangat untuk meningkatkan kualitas ibadah saya pula. Allah sungguh Maha Besar.


Oiya, sebelum masuk di kampus ini, setelah tamat SMP saya diminta untuk magang di Radio Volare. Makanya, setiap kali bertemu teman lama, pertanyaannya selalu sama: “Dini, masih siaran di Volare?”.
Jawaban yang sama pula selalu saya berikan: “Alhamdulillah, masih hobi siaran hehe”. Pertama bergabung di Volare ketika saya lulus MTsN 1 Pontianak, tahun 2001. Sampai sekarang, 2008 Alhamdulillah, masih tercatat sebagai salah satu penyiar. Sejak saya hijrah ke tarbiyah dan berusaha menanamkan niat untuk istiqamah di jalan dakwah, saya berjanji pada diri saya sendiri agar sembari siaran, saya bisa juga berdakwah dengan style yang sesuai ‘format Volare’. Toh dakwah tidak harus di Radio Mujahidin saja kan? J

Hingga jari jemari ini mengetik, Alhamdulillah saya masih tercatat sebagai Tentor Bahasa Inggris di SIS (Solusi Interaktif SSC). Amanah lainnya, sejak Agustus 2006, dipercaya pula oleh MAN 2 tercinta untuk mengajar Bahasa Inggris sebagai di bimbingan belajar MAN 2 untuk kelas XI. Di MAN 2 pula, saya sebagai alumni merasa beruntung bisa menjadi salah satu pihak yang terlibat untuk ekstrakurikuler. Lebih dari setahun menjadi English Study Club’s Instructor untuk MAN 2, membuat saya semakin mencintai sekolah itu. Tidak ingin menyia-nyiakan waktu kuliah dengan sekedar kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang, maka saya pun menjadi salah satu pengurus English Student Association, tepatnya di divisi English Learning Center (ELC) yang menangani program-program yang berhubungan dengan akademik. Target saya ke depan, ESA harus menjadi sebuah lembaga ammah yang pengurusnya adalah kader-kader dakwah sehingga tidak susah lagi mencari SDM di ESA yang ikhwah, terutama yang ikhwan. Semoga Allah meridhoi.

Dosen saya di kampus, Bapak Ikhsanuddin menganggap saya layak untuk bergabung dengan UPT Bahasa Universitas Muhammadiyah atau dikenal dengan nama MU-CeLL. Subhanallah, teman-teman di MU-CeLL pun ternyata ikhwah juga. Allah percayakan posisi Manager of Administration and Finance di sana. Mudah-mudahan tidak membuat saya lupa dengan kewajiban-kewajiban saya, dan semoga Allah jauhkan saya dari sifat sombong dan tinggi hati.

Maka, dengan amanah-amanah tersebut, terangkailah aktivitas saya seakan tanpa jeda. Aktivitas utama saya di bidang akademik tetaplah kuliah, menjadi mahasiswa Prodi Bahasa Inggris semester 6. Kuliah, mengajar, siaran, ikut syuro’, dan tak lupa liqo’. Kurang lebih itulah aktivitas harian saya. Dalam masing-masing aktivitas tersebut, saya dititipi amanah dakwah oleh Allah. Sebuah amanah paling penting yang akan dipertanggungjawabkan semua umat di akhirat kelak. Wallahualam.

Friday 14 March 2008

Tag yang membingungkan

Sumpah, agak sedikit bingung pas Iman tau-tau mampir ke blog saya, trus langsung ngasi tau ada 'tag' di blognya dia. Duh, apalagi ini, man?

Tag, saya taunya tag itu ada name tag. Sisanya, apalagi ya?

Akhirnya, mau ga mau saya googling, cari tau apaaaa yak itu 'tag'? Hehe, maklum masih gap teknologi, masih belom familiar sama istilah-istilah gituan. Saya temukanlah bahwa tag itu didefinisikan sebagai: "a (relevant) keyword or term associated with or assigned to a piece of information (a picture, a geographic map, a blog entry, a video clip etc.), thus describing the item and enabling keyword-based classification and search of information."

Tags are usually chosen informally and personally by item author/creator or by its consumer/viewers/community. Tags are typically used for resources such as computer files, web pages, digital images, and internet bookmarks (both in social bookmarking services, and in the current generation of web browsers - see Flock). For this reason, "tagging" has become associated with the Web 2.0 buzz.


Saya punya keterbatasan waktu yang lumayan untuk bisa memahami sungguh-sungguh apa itu tag. Akhirnya, saya hanya ikut-ikutan bikin daftar link, seperti yang dilakukan Iman. Well, maybe anybody know what actually tag means? Explain me in Indonesian, will you?

Oke deh, anggap aja tag dari Iman sudah saya kerjakan yah hehe. Here they are...

Volare
Program Kursus 8 minggu ke Amrik
Iklan Pontianak
Blog baru lembaga baru
Inspirasi buat Wanita

Duh, apalagi ya? Nanti deh kalo lagi mood saya tambahin. Hmmm, kayaknya saya belom pernah ngasi PR kan ya? Ehehee, gantian aaah. Mo ngelemparin tugas membingungkan ini ke Mba Dayank dan Abiyasa. Selamat ngerjain ;)

Wednesday 12 March 2008

Justice in Campus

Justice is defined as fairness: fairness or reasonableness, especially in the way people are treated or decisions are made. Well, some people often say that they are not treated fair. It happens in every part of life, even in Education word. Today edition, we are ready going to talk about justice in campus; the place where maybe we can find so many not fair treatments both from lecturers to student and from student to lecturers.

Let’s start from the daily activity in campus. Based on the schedule, a class should start at 7.30 and end at 09.00, for example. Well, as you know that most of Indonesian people are not accustomed to be discipline. Hmmm, sometimes it is tolerated. That students are not allowed to come late, that is really no wonder, right! But why are lecturers no problem for coming late? Is it fair? Some people say that it’s just normal when lecturers come late for the class. No problem because maybe lecturers have another agenda to do outside and make them come late. Well, what do you think, students? And also lecturers?

Now we go to the middle of semester. In this period, some of lecturers have the students to do some assignments, and collect it in the middle of semester –and some in the end of semester or in the day of final examination--. At the time of submitting the assignments, some ‘wicked’ students couldn’t handle their assignments well so that they have to beg to the lecturer to tolerate them of their lateness. Some firm lecturers will say no about that and they don’t want to know whatever happens, students must be on time submitting the assignment! Then, the problem is where we can find some lecturers give a very sweet pardonable for the ‘wicked’ students about their lateness in submitting the assignment –I don’t say that the lecturers are not FIRM!--. Is it fair for the other students who submit their assignment ON TIME?

Oke, now we go to the last semester, the time when the lecturer ‘judges’ the mark, the score for the students, whether they get A, B, C, D, or E or even NO MARK for what they have learnt for one semester. As students, do you think that you are treated fair about the score? Do you know how they score yours? Or do you think students don’t have to know about this?

What’s in your mind about justice? How justice should be? If you are college students, do you think that you have been treated fair/just? When you were a college student, were you treated fair? If yes, how they treat you? And if not, in what part do you think you’re treated unfair? How do you make yourself to be comfort when you are in unfair situation? What would you do?


Other things that usually are not fair in campus are:

- Sharing scholarship (for smart poor, smart rich, not smart poor, or not smart rich?)

- Lecturers’ present (students pay for being taught and got knowledge, how about the lecturers who often absent? Is it fair?

- else

Tuesday 11 March 2008

The first march in the 11th march

Sebuah hari yang menyenangkan. Kelapangan hati, kesejukan kepala, kelegaan hawa, semuanya menyatu membahana bersama hari yang menyenangkan ini. Entah ini sama seperti perasaan-perasaan di hari lain atau tidak, tapi setidaknya hari ini membuat saya sedikit bernafas lega, menghilangkan prasangka-prasangka yang tidak perlu lagi ada dalam kepala.

Yah… kepala ini sudah sejuk. Sesejuk suasana taman yang baru saja terguyur hujan, sejuk sekali. Oksigennya segar, atmosfirnya menyenangkan. Sebuah suasana yang enak untuk mengalirkan ide-ide dan inspirasi di antara jadwal yang memenatkan raga.

Saya jadi ingat kata-kata penyiar senior di tempat saya siaran: “Jika anda ingin menikmati hari yang menyenangkan hari ini, mulailah dengan melakukan sesuatu yang anda senangi pagi ini. Anda bisa dengarkan lagu favorit Anda, atau sarapan dengan menu makanan yang paling anda sukai.” Nah, pagi ini saya mendengar radio dakwah Anda hehe… Ga papa kan yaaa penyiar sebuah stasiun radio ga memfavoritkan tempatnya siaran…

Jadi, pagi tadi adalah awal saya memulai sesuatu yang mengantarkan saya pada hari yang indah ini. Sebuah hari yang menyenangkan di antarkan dengan taujih dari pak ustadz apa saya ga tau namanya. Yang pasti, pesan yang disampaikan pada saya adalah sebuah reminder, pengingat untuk saya bahwa permasalahan yang sampai dalam kepala ini, permasalahan yang sampai dalam kehidupan ini janganlah dibuat rumit dan bertele-tele. Make everything simple as long as it still stands in line. Keep it short and simple, KISS. Setuju?

Friday 7 March 2008

Semerah Stroberi

Hari ini, kalau mata saya tidak salah melihat, adalah hari raya Nyepi. Artinya, kalau hari raya, di kalender nasional itu tanggalnya ada cat merah. Horeee... libur mengajar.

Tapi lantas saya tersadar, 7 Maret 2008 yang semerah stroberi ini tetap harus saya warnai dengan berbagai agenda: TRK, rapat, mengajar, dan siaran. Pyuwh, bahkan di hari libur...

Rencananya, hari ini dijadwalkan untuk benar-benar menikmati libur, menikmati hari Jumat yang semerah stroberi, dengan cara refreshing, tur ke Pantai Kura-Kura dengan teman-teman panitia yang berjuang keras menyukseskan kegiatan English Pintar 2008. Namun, terpaksa dipending dengan beberapa alasan yang sulit untuk dijabarkan di sini. Jujur saja, saya sebenarnya bingung mau cari waktu lagi buat fixing agenda tur ini. Setiap hari itu penuh sama jadwal kuliah, ngajar, dan siaran. Sedangkan weekend, waktu saya sedikitpun juga sepertinya tidak boleh kosong. Bahkan, di tanggal yang semerah stroberi ini pun....

Duh, kapan ya saya bisa benar-benar menikmati satu hari tanpa mengeluarkan sepeda motor dari kandangnya? Jadi ibu rumah tangga saja ya... haha

Monday 3 March 2008

Homework, the second...

Waaaah, akhirnya jadi juga nih PR dari mba Dayank. Pyuuuuwh, after being along time playing with the rush hour, finally bisa juga mampir kemari buat beneran nyelesain PR ini.
Here they are...

2 things in my bag :

* Binder (buat kuliah), Al Ma'tsurat, Al Qur'an, Surat-Surat, (hehe, ini 2 poin tapi isinya lebih dari 2 yak?)
* Dompet, handphone, dompet flashdisk.


3 things found in my wallet :

* Uang
* Segala jenis kartu (KTP, ATM, KK...)
* Foto saya sama Itsna (sahabat saya yang sekarang lagi di Surabaya)

6 things found in my room :

* Kasur dan bantal
* Lemari dan pakaian
* Perlengkapan sholat
* Laptop dan printer Canon iP1700
* Meja Belajar yang ga pernah dipake
* Tempat Sampah


4 things I’ve always wanted to do :

* Tidak agresif lagi, bisa benar-benar menjadi hamba Allah yang berkontribusi bagi dakwah
* Gak telat lagi dateng kuliah kelasnya Mr. Albert, Mr. Gatot, sama Ms. Yanti (kelas pagi 7.30)
* Dapat 1 hari libur, FULL 1 hari aja...
* Melihat sekretariat ESA (Himpunan Mahasiswa Bahasa Inggris di kampus saya) rapi dalam waktu yang lama (setahun, misalnya)

3 things I’ve currently into :

* TRK (Ta'lim Rutin Kelompok, udah ganti MR, be serious to be much better, DINIE!)
* Serius mau ngajar di MAN 2, ga boleh banyak absen lagi.
* Ikut program dari IIEF, IELSP.

Nah, itu dia PR-nya... Silahkan dikoreksi ya bu guruuu...

Sunday 2 March 2008

Untuk cinta


"kata mama aku, perfume itu wanginya gak
longlasting. ..jadi mendingan
kasi bracelet from platina"
-Cinta Laura

"Aku pengen ke America atau ke England
kalau udah masuk ke university.
Kalau di England pengen ke Oxford, kalau
di America pengen ke Harvard
atau Yale atau Princeton"
-Cinta Laura-

"Banyak orang-orang yang ikut dunia
entertainment langsung drop out of
school, itu menurut aku that's really
really stupid. Soalnya mereka
nggak pikirin long term"
-Cinta Laura-

"aku gak suka dengan istilah
boyfriend..aku lebih suka disebut teman
dekat..teman buat punching, running,lari
lari kecil ..."
--cinta laura---

"Not all beautiful people bisa menjadi
famous"
- Cinta Laura

" Bahasa Indonesia saya buruk sekali,
jadi Cinta will be going to
Australia to improve Bahasa Indonesia
Cinta "
- Cinta Laura

"udah ujan,becyek, gak ada ojyek...."
-Cinta Laura

"aku ada masalah dengan gastrow aku,
jadi gak bisa puasa...."
-Cinta Laura-

"Aku kalow di dalam negeri sukanya
liburan ke Bali karna aku punya
apartmen disana" -Cinta Laura-

"Aku udah keliling keliling dunia, ke
London, German and several
countries karena papaku General Manager
di Hyatt" -Cinta Laura-

"Cinta mengucapkan selamat puasa
semuanya. Rock on ! "-Cinta Laura-

"Makanan favorit Cinta tuh, cuna syusyi
(tuna sushi maksudnye…)" -Cinta Laura-

"kamu nggak cocok pake logat english
karena kamu dari kecil tinggal
di Indonesia " -Cinta Laura pada samuel
artis ABG berwajah Indo tapi
lahir & besar di indonesia-

"Cinta ingin berhenti waktu career Cinta
sedang naik, biar tetap
dikenang so kalau orang-orang mengingat
Cinta itu oh my God, Cinta
Laura…" -Cinta Laura-

"Cinta mengajar di sekolah untuk
anak-anak ini karena pendidikan di
Indonesia masih kurang dibandingkan
dengan di german. Indonesia kan
negara miskin, banyak orang-orangnya
masih bodoh, tidak sekolah" -
Cinta Laura-

"Waktu Cinta study tour ke India dari
sekolah disana negaranya lebih
kotor, banyak orang-orang miskin,
rumah-rumah jelek di pinggir jalan.
Orang-orang tidur di stasiun kereta,
iuuugghhh….." -Cinta Laura-

"dari kecil papa sudah punya banyak
mobil waktu di German kita
punya 5 mobil tapi karena garagenya
tidak cukup jadi papa menjual
mobil-mobil itu tinggal 2. tapi aku
paling suka yang Audi A4…."-Cinta
Laura-

Reporter:" so Cinta, what do you think
about global warming?"
Cinta Laura: "well... i think global
warming is cool !"

Cinta Laura, di RCTI (11.20 am), Cincha
lagi di salon, and this is her
latest quote:
***Wambut aku natural aja, soalnya
wambutku texture-nya udah mulai
ilang. Sebenawnya aku gak cerlalu banyak
rules, modelnya whatever, asal
gak cerlalubanyak blow.***

jam 11.40 di INSERT Trans TV ada Cinta
Laura. Keren banget.

She said: "Mama papa punya apartment di
Bali, kalau libur Cinca ke Bali,
Bali is like a second home. I love Bali
so much, di sana banyak orang
campuw-campuw. "

nampaknya cinta laura sedang asik
fitness sambil dishoot oleh para
kameramen.
wartawan : kenapa harus fitness cinta?
cinta : ya, biar fit ajya. biar aku
merasya super comfortable. karena
aku tiydak peyde dengan penampyilan aku
sekarang. kamu tau, aku ityu
dulu super kyurus. so, aku fitness deyh...

"my first car? mmm... i dont know..
kharena.. akhu mm akhu sudha ghanthi
mobhil ist about 8 kali.. oooww..i
know.. i have my first car pas aku
umur 8 tahun.. kharena ulang taun yg ke
7 itu hadiahnya kholam
renang..."

"Kata papa ku, aku gak boleh beli obat
di warung because gak ada label
dari health department, i meant
departemen kesehatan"

wartawan: kamu makan apa cinta?
cinta laura: iniii.. CHYUNA SYUSHIII..

"saya jarang makan makanan di warung
gitu karena banyak ehmm...toxic" .

"Aku khalo bukha puasya cukhup phake
cuna sushyi and crawberry pudding
cuz itu banyak vaetamin nya"

Atau, untuk teman-teman yang sangat mencintai CINTA LAURA, dan pengen bisa famous walau ga all beautiful, silahkan kunjungi situs ini.

Selamat menikmati.